Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Bahaya Cuka untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Uncategorized

25 Bahaya Cuka untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Anda perlu mengetahui adanya bahaya cuka untuk kesehatan dan ibu hamil jika terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh. Saat ini sudah banyak jenis makanan yang mengandung cuka dan kadar cukanya pun tidaklah sedikit. Cuka merupakan salah satu fermentasi dari suatu bahan masakan yang berguna memberikan rasa asam yang khas pada makanan. Faktor yang mempengaruhi efek samping dari cuka adalah bahan campurannya yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Beberapa oknum penjual makanan sering mencampur cuka dengan bahan berbahaya lainnya yang sama sekali tidak layak untuk dikonsumsi. Hal ini bertujuan agar cuka yang dijual bertambah awet dan dapat dijual lebih lama ketika belum laku. Tentunya campuran cuka dengan bahan tekstil pakaian akan memberikan gangguan kesehatan ke tubuh Anda. Mulai dari penyakit sampai dengan tidak berfungsinya organ tubuh. Gangguan kesehatan ini juga berbahaya bagi ibu hamil serta janin.

25 Bahaya Cuka untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya cuka untuk kesehatan dan ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

1. Gangguan kesehatan lambung

Konsumsi cuka yang terlalu banyak dengan kadar asam yang cukup tinggi hanya akan membuat lambung Anda menjadi terganggu. Kemungkinan besar asam lambung Anda akan naik dan membuat lambung menjadi infeksi.

2. Merusak kesehatan usus

Selain lambung, organ pencernaan seperti usus juga akan mempunyai dampak buruk yang diakibatkan oleh konsumsi cuka secara berlebihan. Anda bisa terjangkit radang usus atau bahkan fungsi usus yang tidak bisa berjalan normal kembali.

3. Menghambat saluran pencernaan

Dengan adanya gangguan kesehatan pada lambung dan usus, pencernaan Anda pun otomatis tidak akan menjadi lancar. Anda akan mengalami pencernaan yang tidak lancar dengan resiko gangguan penyakit pencernaan lainnya.

Loading...

4. Rasa pusing

Rasa asam yang ada pada cuka akan mempengaruhi aliran darah di tubuh Anda. Akibatnya, peredaran darah menjadi tidak lancar dan membuat kepala Anda menjadi terasa pusing serta terasa sangat berat.

5. Kaku pada otot leher

Otot merupakan bagian tubuh yang bisa terasa kaku jika ada gangguan kesehatan pada tubuh Anda. Bagian tubuh ini bisa menjadi kaku ketika Anda mengonsumsi cuka terlalu banyak karena pengaruhnya akan langsung terasa pada otot dan syaraf sekitar leher.

6. Merusak enamel gigi

Tingkat makanan dengan kandungan cuka yang banyak akan membuat makanan tersebut terasa asam. Keasaman yang tinggi ini akan membuat gigi Anda erosi dan mengakibatkan pengeroposan di beberapa bagian.

7. Peningkatan asam darah di tubuh

Tubuh kita mempunyai tingkat keasaman tersendiri, terutama dalam darah. Jika Anda mengonsumsi cuka terlalu banyak, maka level keasaman dalam tubuh pun akan meningkat. Hal in akan membuat tubuh Anda memiliki kelainan atau penyakit.

8. Penyakit maag

Baik itu rasa asam, manis, asin, maupun pahit yang berlebihan akan membuat Anda terjangkit maag. Sama halnya jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan cuka yang banyak. Rasa asamnya akan meningkatkan asam lambung.

9. Mual dan muntah

Bagi orang dengan lambung atau kondisi perut yang sensitive, konsumsi cuka terlalu banyak akan mengakibatkan rasa muntah serta mual. Perut Anda pun akan terasa tidak nyaman dan juga terasa seperti kembung.

10. Memicu penyakit jantung

Anda juga perlu berhati-hati ketika mengonsumsi makanan dengan campuran cuka yang banyak. Kandungan senyawa yang terdapat dalam cuka, apalagi jika dicampur dengan senyawa tekstil, akan memicu penyakit jantung di tubuh.

Baca Juga: 30 Bahaya Coklat untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya cuka untuk kesehatan dan ibu hamil lainnya. Berikut ini 15 bahaya lainnya:

15 Bahaya Cuka untuk Kesehatan dan Ibu Hamil Lainnya

11. Memicu diare
12. Sembelit
13. Susah buang air besar
14. Dehidrasi
15. Penumpukan gas dalam perut
16. Rahim kering
17. Kerutan pada rahim
18. Mengganggu pertumbuhan janin
19. Tenggorokan iritasi
20. Menurunnya kesehatan tulang
21. Pengikisan zat kalsium dalam tubuh
22. Menurunnya insulin dalam tubuh
23. Memicu penyakit diabetes
24. Janin lahir cacat
25. Gangguan proses kelahiran

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya cuka untuk kesehatan dan ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top