Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Bahaya dan Dampak Buruk Minuman Kemasan untuk Kesehatan

Uncategorized

16 Bahaya dan Dampak Buruk Minuman Kemasan untuk Kesehatan

Peredaran minuman kemasan saat ini tidak bisa dihitung lagi aneka macam nya. Hal yang bisa di pilah hanya tipe minuman kemasan. Sperti termasuk minuman isotonik, berenergi, teh, susu, kopi dan suplemen. Kepraktisan dan selera seseorang dimudahkan dengan adanya minuman kemasan ini.

Terlebih lagi berbagai macam warung dan franchaise toserba sudah menyediakan kemudahan mendapatkanya. Ditambah dengan harga yang murah menyebabkan minuman kemasan ini memiliki banyak penggemar. Jika dipelajari lebih dalam, keberadaan minuman kemasan ini akan memiliki dampak pada gaya hidup yang bisa mengganggu kesehatan.

16 Bahaya dan Dampak Buruk Minuman Kemasan untuk Kesehatan

Berikut ini ada bahaya minuman kemasan untuk kesehatan :

1. Resiko Obesitas

Rasa yang cenderung memiliki rasa manis dakam minuman kemasan akan berdampak pada resiko obesitas. Terlebih lagi keberagaman dari minuman kemasan ini ada yang  mengandung pemanis buatan. Jika hal ini dibiarkan dan dikonsumsi secara terus menerus akan berakibat pada kesehatan tumbuh termasuk obesitas ini. Kadar gula dalam minuman kemasan akan disimpan dalam tubuh dan menumpuk menjadi lemak. Jika tidak diimbangin dengan aktivitas padat maka, kemungkinan bersa resiko kesehatan lain akan menerpa penikmatnya.

2. Diabetes

Kadar gula dalam darah bisa dipicu dengan adanya pemanis buatan atau kadar gula yang berada di minuman kemasan bagi penikmatnya. Mewaspadai jangka panjang terhadap kesehatan tubuh akan jauh lebih baik daripada mengutamakan rasa dan kenikmatan sesaat saja. Gula dalam darah yang tinggi bisa menyebabkan Anda mengalami penurunan kinerja insulin sehingga resiko diabetes akan lebih tinggi.

3. Resiko dehidrasi

Penikmat minuman kemasan yang mengandung kafein perlu mewaspadai hal ini. saat diminum memang rasa dahaga akan hilang, tetapi intensitasnya hanya sebentar. Justru setelah itu Anda akan merasa haus. Rangsangan yang berada di kandung kemih akan memicu rasa ingin buang air kecil berlebih. Jika dilakukan dan dikonsumsi berkepanjangan maka cairan tubuh akan menurun secara drastis dan menyebabkan Anda dehidrasi.

Loading...

4. Tekanan darah tinggi

Sama hal nya dengan penikmat minuman kemasan berkafein, resiko tekanan darah tinggi bisa terjadi kapan saja. Peningkatan ini akibat pemicu adrenalin dari zat kafein dalam minuman. Sehingga darah akan cepat naik dan suhu tubuh naik. Jika dibiarkan saja maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan jangka panjang.

5. Kanker

Pengawet dan pewarna dalam minuman kemasan ini yang memicu terjadinya kanker. Pengawet dan pewarna merupakan racun bagi tubuh yang akan didetoksifikasi. Jika dikonsumsi secara berlebih dan berkepanjangan, resiko kanker bisa kapan saja menimpa Anda.

6. Gangguan Liver

Inilah yang menjadi sangat berbahaya untuk kesehan jika mengkonsumsi minuman kemasan secara berlebihan. Jangka panjang dampak minuman kemasan ini terjadi pada organ hati. Organ ini menyaring segala racun dari minuman kemasan seperti pengawet, pewarna dan sejenisnya. Kinerja hati akan lebih  besar jika konsumsi secara terus menerus. Pada masa nya hati akan tidak mampu lagi menyaring racun dalam tubuh sehingga Anda akan mengalami sel abnormal pada hati bahkan kanker.

7. Gangguan Saluran Pernafasan

Peradangan biasanya terjadi pada seseorang yang suka meminum minuman kemasan. Zat pewarna dan pemanis buatan mampu menggores diarea saluran pernapasan. Peradangan biasanya muncul di area nafas. Jika demikian maka akan terasa gatal pada area tenggorokan dan bisa menyebabkan keluhan pada nafas Anda.

8. Gagal Ginjal

Sama halnya pada organ hati, ginjal juga berperan besar untuk mendetoksifikasi tubuh. Lonjakan akibat berbagai zat dan senyawa dalam minuman kemasan mengakibatkan kinerja ginjal semakin besar. Ada kalanya urin Anda akan dicemari dengan berbagai zat ini akibat sudah terlalu banyak konsumsi minuman kemasan. Jika dibiarkan saja, kemungkinan besar organ ini akan mengalami penurunan fungsi seperti gagal ginjal.

9. Kerusakan gigi

Jelas, pengawet, pemanis dan pewarna bisa merusak kesehatan gigi. Kerusakan gigi diawali dengan perubahan warna yang menguning bahkan plak yang semakin banyak. Jika dibirakan, pengeroposan dan lubang gigi akan terjadi.

10. Pengeroposan tulang

Kadar potasium dan kalsium dapat dipengaruhi dengan seringnya mengkonsumsi minuman kemasan. Jika Anda tidak ingin mengalami osteporosis dikala muda dan tua nantinya jangan sampai Anda ketergantungan dengan minuman kemasan. Karena efek ini sangat mengganggu di masa Anda mendatang.

Baca Juga: 16 Bahaya Konsumsi Teh Daun Jati untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa efek lainya adalah :

11. Menggaggu Program Diet
12. Sakit Jantung
13. Gangguan Pencernaan
14. Sakit Kepala
15. Alergi
16. Gangguan Reproduksi

Kemudahan menemukan dan mengkonsumsi minuman kemasan harus dipelajari dengan baik. Kenikmatan semata tidak harus Anda kedepankan, tetapi bagaimana efek selanjutnya di masa depan.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top