Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Emping Melinjo untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Uncategorized

15 Bahaya Emping Melinjo untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Anda perlu mengetahui adanya bahaya emping melinjo untuk kesehatan dan ibu hamil jika mengonsumsi makanan ini dengan jumlah yang terlalu banyak. Emping melinjo merupakan jenis makanan yang diolah dari biji melinjo. Rasanya sedikit pahit namun cukup gurih. Emping yang satu ini sering dijadikan pelengkap makanan ketika disantap karena fungsinya hampir sama dengan kerupuk yang kita konsumsi.

Namun tahukan Anda jika emping melinjo dapat memberikan efek yang buruk untuk kesehatan? Emping melinjo diolah menggunakan minyak yang cukup banyak, maka tak heran jika makanan yang satu ini mengandung cukup banyak minyak. Kandungan zat purin di dalam emping ini juga tidak baik untuk Anda konsumsi terus-menerus. Itulah mengapa bagi para ibu hamil pun tidak diperkenankan untuk mengonsumsi emping melinjo terlalu banyak.

15 Bahaya Emping Melinjo untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya emping melinjo untuk kesehatan dan ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

1. Memicu penyakit asam urat

Kandungan zat purin dalam emping melinjo sebenarnya masih bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Namun jumlahnya masih perlu Anda atur agar zat ini tidak berlebihan masuk ke dalam tubuh Anda.

2. Memicu penyakit hipertensi

Ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi emping melinjo, maka besar kemungkinan Anda akan terserang penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini berkaitan dengan timbulnya penyakit asam urat yang juga akan memberikan resiko hipertensi.

3. Naiknya kinerja jantung

Saat Anda terjangkit hipetensi karena mengonsumsi emping melinko berlebihan, jantung Anda perlu bekerja ekstra keras. Mengapa? Karena tekanan darah yang tinggi membuat darah Anda tidak stabil sehingga jantung perlu memompa darah lebih banyak.

Loading...

4. Diabetes

Penyakit diabetes atau nama lainnya adalah penyakit kencing manis bisa Anda dapatkan dengan mudah jika Anda tidak mengatur pola makan Anda dengan baik. Hal ini juga berkaitan dengan mengatur pola konsumsi emping melinjo yang berlebihan.

5. Gangguan metabolisme pada tubuh

Efek dari penyakit diabetes karena konsumsi emping melinjo terlalu banyak yaitu metabolisme tubuh Anda menjadi tidak seimbang. Padahal tubuh yang sehat perlu ditunjang dengan kondisi metabolisme yang seimbang pula.

6. Proses buang air kecil yang terganggu

Penyakit diabetes yang muncul karena konsumsi emping melinjo akan mempengaruhi proses buang air kecil Anda. Anda akan mengalami proses buang air kecil yang sulit atau bahkan terlalu sering dengan intensitas yang banyak.

7. Batu ginjal

Mengonsumsi emping melinjo dengan jumlah yang banyak akan memicu penyakit asam urat yang kemudian membuat ginjal Anda terserang penyakit batu ginjal. Penyakit ini adalah jenis penyakit yang banyak dijumpai pada organ ginjal ini.

8. Gagal ginjal

Selain penyakit batu ginjal, ada kemungkinan besar Anda akan terjangkit penyakit gagal ginjal. Penyakit ini akan membuat fungsi ginjal Anda menjadi tidak optimal sehingga asam urat pun menjadi bertambah parah.

9. Keracunan air seni

Penyakit gagal ginjal akan memberikan efek buruk berupa keracunan air seni. Urin atau air seni yang keluar dari tubuh Anda justru akan mengandung racun dan dapat membahayakan kesehatan tubuh serta organ lainnya.

10. Radang sendi

Zat purin dalam emping melinjo dengan konsumsi yang banyak juga akan membuat sendi Anda mudah mengalami peradangan. Efek ini tidak lain dan tidak bukan dipengaruhi oleh gejala asam urat yang akan Anda dapatkan.

Baca Juga: 10 Efek Buruk Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya emping melinjo untuk kesehatan dan ibu hamil lainnya. Berikut ini 5 bahaya lainnya:

5 Bahaya Emping Melinjo untuk Kesehatan dan Ibu Hamil Lainnya

11. Gangguan kehamilan
12. Kolesterol yang tinggi
13. Memicu kanker
14. Gangguan pencernaan
15. Mengganggu kesehatan janin

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya emping melinjo untuk kesehatan dan ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top