Connect with us

Virtual.co.id

17 Bahaya Formalin pada Makanan bagi Kesehatan

Uncategorized

17 Bahaya Formalin pada Makanan bagi Kesehatan

Waspada akan bahaya formalin pada makanan yang Anda konsumsi itu sangat penting, agar tubuh Anda tidak mengalami gangguan kesehatan yang berbahaya. Formalin merupakan zat pengawet kimia yang sering digunakan untuk mengawetkan jasad tubuh orang yang sudah meninggal. Penggunaan bahan ini untuk makanan jelas tidak dianjurkan karena dapat membahayakan kesehatan dan bahkan menyebabkan kematian.

Saat ini sudah banyak makanan yang mengandung formalin dijual di pasaran. Tujuan oknum penjual tentu saja agar makanan yang dijual tidak membusuk dan masih bisa dijual dalam jangka waktu yang lebih lama. Beberapa makanan yang sering dicampur dengan formalin yaitu bakso, mie, daging ayam, daging sapi, dan masih banyak lagi. Anda sebaiknya perlu lebih teliti lagi dalam mengonsumsi jenis makanan tersebut.

17 Bahaya Formalin pada Makanan bagi Kesehatan

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya formalin pada makanan bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Iritasi mata

Kandungan senyawa yang terdapat pada makanan yang mengandung formalin dapat membuat mata Anda menjadi iritasi. Hal ini ditandai dengan adanya gejala perih dan panas hingga berair pada kedua mata Anda.

2. Iritasi saluran pernapasan

Makanan yang mengandung formalin juga dapat membuat saluran pernapasan menjadi iritasi. Beberapa gejala iritasi akan menyerang bagian tenggorokan, saluran ke paru-paru, dan bahkan paru-paru itu sendiri.

3. Mual

Efek keracunan dari makanan yang mengandung formalin dimulai dari adanya rasa mual dan dilanjutkan dengan rasa ingin muntah. Hentikanlah konsumsi makanan tersebut jika Anda mulai merasakan gejala ini.

Loading...

4. Kulit merah

Efek makanan dengan kandungan formalin juga dapat menjangkiti kulit Anda. Hal ini kemungkinan besar merupakan gejala alergi karena tubuh menolak untuk menerima senyawa asing yang masuk. Kulit Anda akan menjadi merah serta gatal.

5. Rusaknya organ pencernaan

Pengaruh negative yang paling besar akan dirasakan oleh pencernaan. Konsumsi makanan dengan kandungan formalin yang tinggi akan merusak sistem pencernaan Anda dan menurunkan fungsi usus serta lambung di dalam tubuh.

6. Gangguan menstruasi

Perempuan juga sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang mengandung formalin terlalu banyak. Pasalnya kandungan formalinnya dapat membuat siklus menstruasi terganggu sehingga berakibat pada reproduksi wanita.

7. Kanker

Formalin juga dapat mengakibatkan munculnya kanker di dalam tubuh. Sel kanker ini akan mudah masuk ke dalam sel tubuh kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Mencegah kanker tentunya lebih baik daripada mengobati.

8. Diare

Konsumsi makanan dengan kandungan formalin yang tidak sedikit dapat memicu terjadinya diare dalam pencernaan Anda. Diare yang parah dan tak kunjung sembuh hanya akan memicu bahaya kematian pada tubuh.

9. Susah tidur

Senyawa formalin dalam makanan yang Anda konsumsi akan mempengaruhi kesehatan syaraf. Syaraf yang dapat terjangkit bahaya zat yang satu ini yaitu syaraf pada otak yang berkaitan dengan kondisi tidur Anda. Anda akan mengalami gejala susah tidur yang berkepanjangan.

10. Gangguan pertumbuhan

Banyak anak-anak sekarang yang tidak menyadari adanya kandungan pada makanan yang mereka beli di luar. Formalin ini akan mengganggu pertumbuhan mereka, mulai dari tulang sampai dengan pertumbuhan kecerdasan otak.

Baca Juga: 17 Jenis Makanan Organik untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya formalin pada makanan bagi kesehatan lainnya. Berikut ini 7 bahaya lainnya:

7 Bahaya Formalin Pada Makanan bagi Kesehatan Lainnya

11. Kanker otak
12. Kanker paru-paru
13. Sakit kepala
14. Koma
15. Keracunan
16. Infeksi lambung
17. Kematian

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya formalin pada makanan bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: