Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Dampak Bahaya Hepatitis yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

12 Dampak Bahaya Hepatitis yang Perlu Diwaspadai

Hepatitis adalah peradangan atau pembengkakan hati yang disebabkan oleh infeksi, virus, bahan kimia, alcohol, penggunaan obat-obatan dan factor lainnya. Hati atau liver adalah organ yang sangat penting untuk berbagai fungsi dalam tubuh. Seperti mengatur metabolisme, membuat protein, mengeluarkan racun, memproduksi empedu dll. Jika anda terkena hepatitis segera tangani sebelum terjadi bahaya hepatitis.

Hepatitis dapat menjadi kronis karena peradangan hati yang ada dalam tubuh sudah berlangsung sangat lama. Sedangkan hepatitis akut merupakan penyakit hepatitis yang baru saja menyerang seseorang dan masih bisa di obati menjadi sembuh total. Walaupun anda masih menegalami hepatitis akut jangan di remehkan karena jika anda tidak segera mendaapat penanganan yang tepat akan menyebabkan bahaya hepatitis.

Bahaya Hepatitis, Bahaya Penyakit Hepatitis, Dampak Bahaya Hepatitis

1. Terserang Infeksi

Bahaya yang pertama bagi orang yang terkena hepatitis akan mudah terserang infeksi. Maka untuk masa yang akan datang potensi mengalami hepatitis A akan mudah menyerang kembali dan lebih sering kambuh seiring berjalannya waktu. Jadi bila anda sudah menderita hepatitis A sebaiknya mulai waspadai dan segerahlah unntuk mencek kesehatan organ hati ke dokter serta menjaga kebersihan lingkungan dan mengatur pola makan yang tepat.

2. Sirisos

Apa itu sirosis ? sirosis adalah pembentukan jaringan parut pada hati. Jaringan parut ini ialah jaringan yang terbentuk setelah sel-sel hati yang awalnya dapat berfungsi normal kemudian mengalami luka atau radang yang berkelnjutan.

Jika hati sudah terkena sirosis sel-sel hati akan mengalamai perubahan sehingga tdak dapat lagi berjalan dengan baik. Perubahan yang terjadi tidak memakan wakt yang cuckup lama ( dalam waktu tahunan ).

3. Gagal Hati

Liver failure adalah istilah lain dari gagal hati yang mana kondisi ini organ hati tidak dapat berfungsi kembali akibat mengalamai kerusakan yang cukup luas. Kondisi gagal hati dapat mengancam nyawa sehingga memrlukan perawatan medis secepatya.

Loading...

Gagal hati akut, walaupun gagl hati ini masih tergolong ringan tetapi hati tidak berfungsi dalam waktu 8 jam setelah penyebab mulai menimbulkan kerusakan pada organ hati. Apabila fungsi hati terjadi dalam waktu dan jangka waktu 8-26 minggu maka dapat di sebut gagal hati sub-akut.

4. Kolestatis

Orang yang berusia lanjut biasanya akan mudah rentan terkena penyakit hepatitis A karena risiko terkena kolestasi sudah lebih besar. Kolestasi ini memang bukan salah satu komplisi yang sangat di khawatirkan walaupun tanpa adanya pengobatan khusus kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya.

Namun, tidak ada salahnya jika anda tetap berwaspada karena dapat menjadikan cairan hati menumpuk pada organ hati. Gejala awalnya ialah berat badan berkurang, diare, demam dan sakit kuning yang tak kunjung sembuh.

5. Penyakit Ginjal

Bila anda sudah tersefrang penyakit hepatitis B janganterlalu diabaikan, karena infeksinya dapat membahayakan organ-organ vital lain pada tubuh. Jika penyakit hepatitis B tidak segera ditangani dapat memicu gangguan pada ginjal. Penyakit ginjal merupakan salah satu resiko tinggi bagi orang yang sudah terserang hepatitis B.

6. Rusaknya Fungsi Hati

Jika sudah terkena penyakit hepatits fungsi hati tidak akan berjalan sempurna atau dengan kata lain fungsi hati rusak sehingga tidak dapat menyaring racun-racun yang ada dalam darah. Akibat lainnya adalah hati menolak darah yang mengalir sehingga tekanan darah menjadi naik yang berakibatkan pembulu darah pecah. Dapat dikatan bahwa penyakit hepatitis ini dapat mengahancurkan kesehatan orang tersebut. Secara keseluruhan karena racun yang mengendap pada darah sehingga merusak kerja organ lain.

7. Penularan Virus Semasa Hamil

Virus hepatitis sangat mengancam para ibu hamil Karena virus ini dapat mengakibatkan pendarahan, oartus prematums dan abortums. Bagi janin yang di kandungnya memiliki resiko dan bahaya yang tinggi karena dapat mengakibatkan kelahiran premature, penularan virus hepatitis dan juga dapat mengancam jiwa janin.

8. Hepatitis B Fulminan

Komplikasi ini dapat menyerang seseorang ketika terkena penyakit hepatitis B terutama ketika sistem daya tahan tubuh keliru. Saat kekbalan tubuh keliru dan mulai menyerang hati sehingga dapat menyebabkan kerusakan yang parah.

Gejala awalnya sang penderita akan menjadi ling lung atau bingung, perut membengkak dan sakit kuning.

9. Kanker Hati

Jangan anggap remeh B dan C karena bahayanya sama dengan hepattis A, ada beberapa masalah kesehatan yang diketahui berpotensi menjadi komplikasi dari hepatitis B dan C apabila penyakit ini tidak segera di tangani secara cepat dan tepat. Hepatitis yang sudah mencapai tahap kronis dapat menjadi kanker hati. Perkiraan perkembangan menjadi kanker bisa sampai 10% sehingga dapat memunculkan gejala-geala yang sangat terlihat bagi orang yang menderita.

10. Hepatic

Hepatic disebabkan karena hepatits akut, hepatotoksik dan penyakit hati yang disebabakan karena lakohol. Dimana sel yang nekrosis menurunkan kebolehan metabolism dan eksresi bilirubin dan mendorong kearah penimbunan bilirubin dalam darah. Pada hepatic joundis total bilirubin meningkat, bilirubin direk normal sedangkan bilirubin indirek bisa meningkat atau normal.

Baca Juga 20 Jenis Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

2 Bahaya Hepatitis Lainnya:

11. Past-Hepatik
12. Konjugasi

Itulah beberapa bahaya hepatitis yang perlu anda ketahui, jadi jika aanda sudah mengaami gejala-gejala hepatitis segera tangani dengan baik dan benar sebelum terjadi hepatitis. Karena hepatitis jika tidak segera disembuhkan anda akan mengalami bahaya penyakit hepatitis yang dapat mengancam nyawa. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top