Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Bahaya Ikan Pari untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

11 Bahaya Ikan Pari untuk Kesehatan Tubuh

Waspada terhadap adanya bahaya ikan pari untuk kesehatan tubuh akan lebih baik daripada Anda harus menerima efeknya. Ikan pari merupakan jenis ikan besar yang mempunyai sayap lebar. Anda akan sering menemui ikan ini di lautan karena termasuk jenis ikan laut. Ikan pari sering menyamar di antara pasir laut agar tidak mudah dilihat oleh musuhnya. Jenis ikan yang satu ini juga menjadi konsumsi ikan laut yang harganya tidaklah murah.

Hidangan makanan ikan pari akan Anda temukan di beberapa restoran besar. Ikan ini bisa ditumis, digoreng, dan juga dibakar. Pecinta seafood pun tak jarang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk menikmati ikan ini. Walaupun ikan ini cukup lezat, namun konsumsi yang berlebihan juga dapat memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan. Tak jarang banyak dari penggemar ikan pari yang mengeluh adanya rasa sakit di tubuh mereka setelah mengonsumsi ikan ini.

11 Bahaya Ikan Pari untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya ikan pari untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Karbondioksida

Salah satu cara mengolah ikan pari yang paling banyak disajikan yaitu ikan pari yang telah diasapi. Pengasapan merupakan salah satu proses pengolahan makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu banyak karena mengandung banyak karbondioksida.

2. Kanker

Habitat ikan pari yang lebih banyak hidup di dasar laut menyebabkan ikan ini lebih banyak mengandung sejumlah senyawa berbahaya. Akibatnya, jika Anda mengonsumsi ikan ini, Anda akan terkena resiko kanker.

3. Pendarahan

Ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi ikan pari. Ada beberapa kandungan senyawa dalam ikan ini yang dapat memicu terjadinya pendarahan untuk ibu hamil ketika akan melahirkan. Pendarahan ini dapat membahayakan nyawa ibu dan janinnya.

Loading...

4. Bayi lahir cacat

Selain pendarahan, konsumsi ikan pari juga dapat menimbulkan resiko tingginya kelahiran bayi yang tidak sempurna atau cacat. Kelahiran cacat pada bayi membuat beberapa bagian tubuh bayi menjadi tidak berfungsi sama sekali.

5. Keracunan

Ikan pari juga mengandung beberapa mikro organisme yang tidak bisa dikonsumsi oleh tubuh Anda. Jika mikro organisme ini masuk ke dalam tubuh, maka Anda akan lebih banyak terkena gejala keracunan yang mengganggu kesehatan.

6. Rusaknya otak

Jenis ikan pari yang bersih sangat baik untuk otak Anda. Namun ikan pari yang sudah terkena merkuri maka akan menimbulkan gangguan syaraf pada otak Anda sehingga kemampuan otak pun menurun.

7. Penyakit jantung

Kandungan merkuri yang ada pada ikan pari juga dapat memicu adanya penyakit jantung di tubuh Anda. Jantung Anda akan mengalami penurunan fungsi dan dapat dengan mudah diserang beberapa penyakit jantung.

8. Penyakit kulit

Ikan pari memiliki enzim sendiri yang tidak bisa diterima oleh tubuh Anda. Akibatnya, konsumsi ikan pari yang berlebihan justru akan membuat Anda merasakan beberapa penyakit kulit yang menyerang bagian pigmen di kulit.

9. Demensia

Demensia merupakan gejala penyakit pada otak yang diawali dengan gangguan dalam berpikir dan hilangnya ingatan. Hal ini masih sangat mungkin menjangkiti tubuh Anda jika Anda mengonsumsi ikan pari yang sudah terpapar merkuri.

10. Hormon tidak seimbang

Pengaruh konsumsi ikan pari berlebihan yang tidak sehat akan membuat hormone di tubuh Anda cenderung tidak stabil. Keseimbangan hormone dalam tubuh sangatlah penting karena dapat mencegah tubuh Anda dari serangan penyakit hormone.

11. Rusaknya ginjal dan hati

Ikan pari yang terlah tercemar merkuri juga dapat merusak organ hati dan ginjal Anda. Zat merkuri akan
masuk ke organ hati dan merusaknya. Sama halnya dengan ginjal. Ginjal Anda akan rusak dan mengalami penurunan fungsi.

Baca Juga: 6 Bahaya Konsumsi Daging Tikus untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya ikan pari untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top