Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Bahaya Terkena Gigitan Kaki Seribu Yang Perlu Dihindari

Uncategorized

8 Bahaya Terkena Gigitan Kaki Seribu Yang Perlu Dihindari

Bahaya Kaki Seribu – Kaki seribu merupakan salah satu dari jenis hewan yang cukup membahayakan kesehatan jika terkena gigitannya. Serangan kaki seribu bisa menyebabkan orang kejang-kejang dan pingsan. Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan bahaya kaki seribu agar dapat mengatasi dengan cepat ketika mengalami serangan dari hewan ini.

Bahaya kaki seribu tidak hanya membuat penderitanya kejang-kejang dan pingsan, bahkan pada usia anak-anak yang mengalami gigitan hewan ini juga bisa menyebabkan step dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk mengatahui bahaya kaki seribu, berikut ini penjelasannya.

Gigitan Kaki Seribu

1. Pingsan mendadak

Bahaya pertama dari kaki seribu bisa menyebabkan pingsan mendadak. Apabila terjadi gigitan atau sengatan dari kaki seribu jangan dibiarkan terlalu lama karena sengatan yang berupa racun dapat menyebar ke pembuluh darah serta jaringan tubuh lainnya sehingga mengakibatkan seseorang pingsan mendadak. Pada dasarnya hewan ini cukup ramah pada manusia, namun jika merasa terancam hewan ini dapat menggigit dan menyengat kapan saja dengan mengeluarkan racun.

2. Demam

Bahaya lainnya dari kaki seribu juga akan menyebabkan terserang demam. Jika orang dewasa yang terserang demam akibat gigitan kaki seribu biasanya demam hanya berlangsung lebih dari satu jam, setelah itu akan hilang dengan sendirinya, Namun jika anak anak yang mengalaminya, maka kondisi demam akan berlangsung cukup lama sehingga harus segera diatasi dengan penanganan tim kesehatan yang terkait.

3. Muntah muntah dan pusing

Selain terserang demam, bahaya yang dialami penderita gigitan kaki seribu akan merasakan muntah muntah dan pusing. Hal ini dikarenakan racun hasil sengatannya telah masuk pada aliran darah. Muntah muntah dan pusing adalah gejala awal dari bahaya kaki seribu yang biasa terjadi sesaat setelah seseorang tersengat racunya. Jika kondisi ini terjadi maka segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

4. Pembengkakan

Kaki seribu juga dapat menyebabkan pembengkakan pada penderitanya. Pembengkakan
dialami akibat gigitan dan sengatannya yang dapat meninggalkan jejak pada permukaan kulit berupa peradangan atau pembengkakan. Luka bengkak yang disetai dengan rasa nyeri dapat dihilangkan dengan cara mengkompresnya dengan air es. Cara ini setidaknya bisa dilakukan sampai pembengkakan dan nyeri meredah.

Loading...

5. Kejang kejang

Efek selanjutnya yang ditimbulkan dari serangan kaki seribu adalah kejang kejang. Gigitannya menyebarkan sebuah cairan yang cukup beracun walaupun tidak seganas racun yang dihasilkan oleh kalajengking atau kelabang, namun cukup mampu menyebabkan kejang kejang yang hampir serupa dengan serangan step pada anak anak.

6. Mengganggu pendengaran

Penderita akan merasa terganggu pada pendengarannya setelah mengalami gigitan dari kaki seribu. Pergerakkannya didalam rongga telinga sangat berbahaya bagi gendang telinga jika hewan tersebut melancarkan aksi penggigitan atau penyengatan. Hewan kaki seribu harus segera dikeluarkan karena dapat menyebabkan berkurangnya pendengaran ketika racunnya sudah tercampur dengan kotoran telinga dan jaringan telinga lainnya.

7. Gangguan pernapasan atau asma

Gangguan pernapasan atau asma menjadi bahaya selanjutnya dari serangan kaki seribu. Kondisi ini bisa terjadi bagi anda yang memiliki alergi pada zat tertentu. Racun kaki seribu akan mengganggu kontraksi otot bagian paru paru, diafragma dan tenggorokan sehingga menyebabkan sedikit gangguan pernapasan atau sesak nafas. Perlu diperhatikan dalam kasus alergi ekstrim, penanganan khusus dibutuhkan jika anda terkena gigitan hewan ini.

8. Menimbulkan rasa sakit

Anda juga akan mengalami rasa sakit yang hebat ketika terkena gigitan kaki seribu. Gigitan kaki seribu memang tidak akan membahayakan nyawa anda, namun akan berdampak pada trauma psikologis karena rasa sakit yang menyiksa berlangsung dalam waktu yang lama. Kaki seribu memiliki gigitan yang menyebabkan rasa sakit lebih tinggi dari pada hewan lainnya yang termasuk dalam jenisnya.

Jika anda terkena gigitan atau sengatan kaki seribu maka segera periksakan ke dokter untuk mencegah racun yang menyebar ke seluruh tubuh. Jika sengatan kaki seribu terus dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, maka bisa menyebabkan anda jatuh pingsan mendadak ketika racun telah menyebar ke pembuluh darah serta jaringan tubuh lainnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top