Connect with us
close

Virtual.co.id

3 Bahaya Kekurangan Kalori dan 5 Cara Mengatasinya

Uncategorized

3 Bahaya Kekurangan Kalori dan 5 Cara Mengatasinya

Kalori bisa menjadi salah satu alat ukur mengukur banyak energy dalam tubuh. Kalori juga merupakan bentuk senyawa yang didalamnya terkandung banyak karbohidrat, protein dan juga lemak. Ketiganya ini adalah sumber energy yang sangat penting untuk tubuh. Dalam satu gram lemak bisa terkandung sampai dengan 9 kalori didalamnya. Dalam 1 gram karbohidrat atau protein masing-masing bisa mengandung hingga 4 kalori.

Bahaya Kekurangan Kalori

Pada tubuh manusia, kalori bisa disimpan menjadi dua bentuk yaitu gilikogen yang disimpan pada hati atau otot. Fungsinya ini secara umum membantu dalam meningkatkan kinerja organ dalam tubuh. Seluruh organ dalam tubuh pasti memerlukan energy, untuk itu, kalori sangat lah penting untuk tubuh karena berfungsi dalam membakar lemak pada tubuh dan menjadi energy. Berikut ini adalah akibat kekurangan kalori yang bisa membahayakan tubuh Anda.

Dampak Pada Tubuh

Beberapa akibat yang bisa terjadi karena kekurangan kalori banyak sekali, berikut ini adalah beberapa penyakit berbahaya karena kekurangan kalori dalam tubuh:

1. Marasmus

Penyakit ini bisa terjadi karena kurangnya karbohidrat dalam tubuh. Karbohidrat juga berada dalam kalori dan sangat diperlukan tubuh. Beberapa tanda yang bisa terjadi akibat penyakit ini adalah lelah berlebihan, cepat lelah, kepala pusing dalam jangka sesering mungkin, diare kronis dan gangguan lainnya. Beberapa kondisi yang bisa terjadi oleh anak-anak sebagai gejala terjadinya penyakit ini adalah merasa lapar, nangis, kurus, dan juga masalah dalam pernapasan.

Dalam melakukan pencegahan, penyakit ini perlu di cegah dengan mencukupi asupan gizi dan nutrisi dalam tubuh. Tidak hanya itu, olahraga dan gaya hidup teratur juga bisa menjadi cara andalan Anda dalam mengatasi penyakit ini. Menurut saran dokter bagi sang anak yang terkena penyakit ini adalah dengan memberikan dia makanan yang memiliki karbohidrat tinggi namun tetap terjaga takarannya.

2. Kwasiorkor

Penyakit ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan kalori. Kondisi ini karena si penderita kurang dalam asupan kalori padahal sangat memerlukan. Beberapa Negara maju dengan ekonomi tinggi penyakit in bisa saja menyerang sang korban bahkan di Negara dengan ekonomi tinggi. Karena itu lah kalori sangat berperan penting bagi tubuh dan lainnya.

Loading...

Jumlah kematian yang terjadi akibat penyakit ini pun tak main-main, bahkan sudah mencapai angka yang sangat banyak. Beberapa cara yang bisa Anda gunakan dalam mengatasi penyakit ini adalah melakukan olahraga yang teratur dengan diikuti makan makanan yang sehat serta gaya hidup lainnya.

3. Marasmus-Kwarsiorkor

Ini adalah penyakit yang sangat berbahaya karena menyangkut kedua penyakit yang telah kami bahas diatas. Beberapa penyebabnya mungkin bisa disebabkan karena adanya gangguan dalam atau gangguan dari luar seperti masuknya bakteri dalam tubuh. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu dalam terus memerhatikan gaya hidup Anda tetap terjaga. Penyakit ini berarti dua kali lebih berbahaya dari sebelumnya karena merupakan gabungan dari kedua penyakit tersebut, tentu penanganannya juga perlu lebih maksimal.

Kekurangan kalori bisa menyebabkan penyakit ini. Hal ini karena kalori yang memiliki kandungan serat dan lainnya sangat diperlukan oleh tubuh. Selain itu, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminum susu yang memiliki kalori yang tinggi sehingga membantu Anda dalam memenuhi asupan gizi dan nutrisi.

Tips Dalam Mengetahui Kebutuhan Kalori

Berikut ini beberapa cara kecil yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui kebutuhan kalori Anda setiap harinya:

1 Berat Badan yang Ideal
2. Hitung Kebutuhan Basal (KB)
3. Sesuaikan dengan Fisik Anda
4. Pandang Usia
5. Lihat Kalori pada Makanan

Baca juga:  9 Antibiotik untuk Mengatasi Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Tidak hanya berbahaya jika kekurangan, berlebihan kalori juga bisa mengakibatkan berbagai penyakit bahkan lebih parah dari yang terjadi jika tubuh kekurangan kalori. Tips sehat pertama yang bisa Anda terapkan adalah gaya makan yang sehat, dimana harus teratur, gizi dan nutrisi cukup, minum mineral yang cukup, dan di bantu dengan olahraga rutin pagi dan sore hari.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top