Connect with us
close

Virtual.co.id

26 Bahaya Konsumsi Alkohol untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

26 Bahaya Konsumsi Alkohol untuk Kesehatan Tubuh

Banyaknya larangan mengonsumsi alkohol memang disebabkan karena bahaya konsumsi alkohol yang sangat berdampak buruk untuk tubuh. Alkohol merupakan zat yang dapat membuat Anda mabuk dan kecanduan. Jenis alkohol ada beberapa macam yang dibedakan berdasarkan kadar alkoholnya. Warna alkohol sendiri bening, baunya unik dan memberikan rasa panas ke bagian tubuh jika tersentuh. Kadar alkohol yang biasanya dicampur dengan minuman sekitar 1 sampai dengan 50%.

Kadar alkohol yang berbeda juga akan memberikan efek buruk yang berbeda. Kadar alkohol yang masih sedikit akan mmemberikan efek tenang. Namun kadar alkohol yang tinggi dapat memicu banyak gangguan kesehatan, seperti kesadaran yang menurun sampai dengan kondisi koma dan kematian. Ada baiknya konsumsi alkohol dilakukan dengan sewajarnya saja, contohnya menjadi minuman hangat ketika udara dingin.

26 Bahaya Konsumsi Alkohol untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi alkohol untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Radang pankreas

Bahaya konsumsi alkohol yang pertama yaitu dapat mempengaruhi kesehatan pankreas Anda. Efek panas dari alkohol akan membuat pankreas mengalami radang yang cukup parah sehingga membuat perut And terasa sakit.

2. Kanker

Anda juga dapat terjangkit penyakit kanker jika mengonsumsi alkohol dengan berlebihan. Kanker
biasanya muncul pada mereka yang tidak melakukan program hidup sehat seperti mengonsumsi alkohol dan makanan serba instan.

3. Gagal jantung

Konsumsi alkohol yang terlalu banyak juga dapat membuat jantung Anda mengalami penyakit seperi gagal jantung dan serangan jantug. Imbasnya, aliran darah Anda tidak akan menjadi lancar dan terhambat.

Loading...

4. Hipertensi

Jenis minuman dengan kandungan alkohol yang tinggi bisa memicu penyakit hipertensi di tubuh Anda. Penyakit ini biasanya akan membuat tekanan darah Anda menjadi naik dan membuat mood menjadi tidak stabil.

5. Stroke

Hentikanlah konsumsi alkohol ketika Anda mengalami gejala penyakit stroke. Senyawa panas yang satu ini mampu memicu penyakit stroke karena mempengaruhi kesehatan sendi serta tulang di tubuh Anda.

6. Kemampuan mengingat menurun

Otak Anda akan mengalami penurunan dalam kemampuan mengingat banyak hal. Anda akan mengalami kepikunan dan mudah lupa dengan suatu hal. Konsentrasi Anda pun akan banyak mengalami menurunan.

7. Kerusakan syaraf

Syaraf di tubuh berfungsi sebagai pemberi dan penerima respon antara otak dan bagian tubuh lainnya. Jika bagian tubuh yang satu ini tentunya Anda tidak bisa melakukan kegiatan dengan baik karena respon tubuh yang lambat.

8. Anemia

Konsumsi alkohol berlebih juga dapat membuat Anda terjangkit penyakit anemia. Penyakit ini akan membuat Anda lemas dan mudah lelah. Efek parahnya, Anda akan sering pingsan karena tidak adanya tenaga atau energi.

9. Penyakit pembuluh darah

Pembuluh darah Anda akan mengalami penyumbatan atau penyempitan ketika Anda terlalu banyak dan sering mengonsumsi alkohol. Senyawa ini akan membuat peredaran darah di tubuh Anda tidak lancar karena terjadi penyempitan pembuluh darah.

10. Gangguan organ hati

Organ tubuh lainnya yang juga akan mengalami gangguan yaitu hati. Hati Anda akan mudah terjangkit penyakit dan tidak akan berfungsi dengan baik dalam melawan berbagai macam racun yang masuk kedalam tubuh.

Baca Juga: 23 Bahaya Zat Aditif Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi alkohol untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 16 bahaya lainnya:

16 Bahaya Konsumsi Alkohol untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Depresi
12. Asam urat
13. Kejang
14. Infeksi
15. Kanker usus besar
16. Tidak lancarnya aliran darah
17. Kanker faring
18. Pusing
19. Sakit kepala
20. Hilang kesadaran
21. Gangguan kesehatan otak
22. Kanker esofagus
23. Kanker payudara
24. Kanker laring
25. Migrain
26. Gangguan pencernaan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi alkohol untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top