Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Bahaya Konsumsi Bakso Berlebihan untuk Kesehatan

Uncategorized

12 Bahaya Konsumsi Bakso Berlebihan untuk Kesehatan

Banyaknya penggemar bakso di tanah air tampaknya tidak sebanding dengan pengetahuan mereka tentang adanya bahaya konsumsi bakso berlebihan untuk kesehatan. Bakso merupakan makanan khas yang dibuat dari bahan daging dengan olahan tepung yang dibentuk bulat seperti bola. Makanan yang satu ini disajikan khas menggunakan kuah dan campuran lainnya seperti daun bawang, tahu, dan juga mie.

Bahan yang digunakan untuk membuat bakso memang banyak mengandung nutrisi tertentu namun mengonsumsinya dengan berlebihan juga tidak disarankan untuk kesehatan. Penggunaan MSG, garam, minyak, dan juga bahan lainnya membuat makanan yang satu ini juga dinilai berbahaya bagi kesehatan tubuh. Konsumsi yang berlebihan akan membuat Anda terjangkit banyak penyakit sehingga kesehatan Anda akan mengalami banyak gangguan.

12 Bahaya Konsumsi Bakso Berlebihan untuk Kesehatan

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi bakso berlebihan untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Memicu hipertensi

Penyakit hipertensi bisa Anda dapatkan jika Anda banyak mengonsumsi bakso. Bakso mengandung kandungan MSG yang cukup banyak sehingga dapat memicu penyakit tekanan darah yang tinggi atau hipertensi.

2. Gangguan otak

Otak Anda juga tidak akan berfungsi dengan baik jika terlalu banyak mengonsumsi bakso. Kandungan formalin yang sering digunakan oknum penjual akan mempengaruhi kesehatan syaraf di otak Anda.

3. Keguguran

Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi bakso dengan berlebihan. Resikonya yaitu dapat menyerang kesehatan janin atau bahkan mengalami keguguran. Hal ini didapatkan dari adanya penyedap rasa serta bumbu tambahan lainnya.

Loading...

4. Maag

Konsumsi bakso yang terlalu banyak juga akan membuat tubuh Anda terjangkit penyakit maag. Asam lambung Anda akan naik dan membuat perut terasa perih serta rasa mual dan ingin muntah berkepanjangan dalam tubuh.

5. Mencret

Bakso bukan jenis makanan yang dapat Anda konsumsi setiap hari karena pencernaan Anda pasti akan mengalami gangguan kesehatan seperi mencret. Untuk Anda yang sibuk, gangguan mencret pasti sangatlah menyusahkan.

6. Gangguan kesehatan usus

Usus Anda akan mengalami gangguan kesehatan karena terus menerus menerima jenis makanan dengan kandungan yang sama. Kemungkinan besar Anda akan mengalami banyak radang pada usus dan infeksi lainnya.

7. Alergi

Konsumsi bakso yang terlalu lama dan rutin akan berdampak pada munculnya gejala alergi. Hal ini akan membuat kulit Anda menjadi merah dan gatal. Gejala alergi juga dapat memicu mual dan juga rasa muntah.

8. Radang mulut

Kesehatan mulut Anda akan terganggu dengan banyaknya kandungan MSG dan bahan lainnya. Mulai dari sariawan sampai dengan infeksi yang juga dapat merusak kesehatan gigi serta rongga mulut Anda. Proses pengunyahan makanan pun juga akan terganggu.

9. Penyakit jantung

Bakso juga mengandung cukup banyak kolesterol dan lemak yang bisa membuat jantung Anda terjangkit penyakit. Kesehatan jantung yang tidak stabil akan berdampak pada aliran darah di tubuh Anda yang tidak lancar.

10. Kanker

Kandungan formalin yang sering dimasukkan ke dalam bakso dengan campuran MSG yang banyak akan membuat sel tubuh Anda menjadi rusak. Akibatnya, kanker pun dapat meraja lela dan merusak tubuh Anda.

Baca Juga: 10 Bahaya Konsumsi Cokelat Setelah Mie Instan

Selain 10 jenis bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi bakso berlebihan untuk kesehatan lainnya. Berikut ini 2 bahaya lainnya:

2 Bahaya Konsumsi Bakso Berlebihan untuk Kesehatan Lainnya

11. Sakit perut
12. Diare

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi bakso berlebihan untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top