Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan bagi Tubuh

Uncategorized

14 Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan bagi Tubuh

Garam merupakan bahan dapur yang utama harus ada di setiap makanan olahan apapun. Garam selain untuk menambah kenikmatan makanan, garam juga merupakan sumber utama Natrium (Na) yang menjadi unsur sangat penting bagi tubuh.

Fungsi Natrium(Na) adalah untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, membantu mengirim implus saraf dan relaksasi otot. Namun tanpa disadari konsumsi garam berlebih juga menimbulkan penyakit kronis bahkan kematian. Berikut ini beberapa penyakit yang ditimbulkan apabila konsumsi garam seacara berlebihan.

14 Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan bagi Tubuh

1. Hipertensi

banyaknya garam yang dikonsumsi dari makanan yang asin-asin atau terlalu tinggi mengandung garam membuat tekanan darah naik sehingga hal ini memicu penyakit lain seperti stroke dan penyakit jantung.

2. Osteporosis

Konsumsi garam berlebih dapat membuat penyerapan kalsium terhambat dan melambat. Hal ini telah dibuktikan melalui wanita-wanita menopause setelah asupan garamnya terlalu tinggi, mereka banyak kehilangan mineral tulang daripada wanita yang asupan garamnya normal.

3. Kerontokan rambut

Garam yang terlalu banyak dikonsumsi bakal memicu masalah pada rambut yaitu rambut beruban lebih awal dan juga mengakibatkan kerontokan rambut. Ini disebabkan asupan garam yang tidak terkontrol.

4. Kematian

Asupan garam yang terlalu tinggi bisa berakibat fatal bagi manusia. Hanya karena konsumsi garam berlebih bisa mengakibatkan kematian. Hal ini dikarenakan kurang mengkontrol kebutuhan nutrisi garam pada tubuh diri sendiri. Untuk itu, diperlukan kepedulian untuk menghitung kebutuhan garam pada tubuh sehingga tidak berlebih ketika megkonsumsi garam. Jika mengidap penyakit tertentu, maka diperlukan konsultasi kepada dokter tentang nutrisi garam yang diperlukan tubuh kita.

Loading...

5. Gangguan pencernaan

Untuk yang gemar garam bahkan menjadikan garam sebagai cemilan harap waspada sejak dini. Asupan garam yang terlalu banyak dapat menyebabkan penurunan pepsin, terjadinya kanker, bahkan mengakibatkan luka dibagian lambung serta duodenum.

6. Edema

Edema atau istilah lain retensi cairan ini biasa dialami seseorang yang sedang menjalani program diet tidak sehat. Asupan garam yang terlalu tinggi memicu tubuh mengalami penahanan cairan sehingga mengharuskan anda konsumsi air putih dengan kadar yang cukup banyak. Efek ini biasa ditandai dengan membengkaknya dibagian siku dan juga pembesaran di bagian tangan serta kaki. Maka perlu diperhatikan untuk yang sedang menjalani program diet sebaiknya asupan makanan bernutrisi dengan seimbang.

7. Stroke

Telah disebutkan bahwa terlalu banyak konsumsi garam bisa berakibat stroke. Hal ini berawal dipicu karena mengidap hipertensi. Selain itu, stroke bisa terjadi apabila kita tidak memiliki kesadaran untuk kontrol asupan garam pada tubuh kita.

8. Gangguan radiokadiovaskuler

Penyakit jantug merupakan pengembangan akibat adanya gangguan kardiovaskuler. Hal ini berawal dari penyakit hipertensi yang mengakibatkan tersumbatnya pembuluh darah dan menyebabkan penyakit kronis jantung.

9. Jantung bengkak dan hipertrofi Ventrikel Kiri

Terkadang ada beberapa yang tidak mengalami beberapa gangguang seperti hipertensi apabila mengkonsumsi garam secara berlebih dan pada frekuensi yang terlalu sering. Namun hal ini tidak lantas membuat kondisi pecinta garam tidak bermasalah pada tubuhnya. Justru mereka akan menderita hipertrofi, yaitu mengalami pembesaran jaringan otot pada dinding ruang pompa jantung.

10. Gangguan pada saraf

Kepekaan saraf manusia dipicu adanya stimulan yang didapatkan oleh garam yang bekerjasama dengan kalium. Hal ini dapat berfungsi dengan baik apabila proses mengirimkan rangsangan ke serabut saraf dipastikan berjalan sebagaimana mestinya. Namun saat garam yang ada pada tubuh terlalu banyak dan kadarnya terlalu tinggi, hal ini memicu terjadinya pembengkakan jaringan saraf. Sehingga saraf tidak bisa berfungsi secara baik, apabila penangaan tidak segera dilakukan hal ini bisa menyebabkan penderita dalam kondisi koma.

Baca Juga: 13 Efek Samping Asam Mefenamat untuk Kesehatan

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi garam berlebih bagi tubuh lainnya. Berikut ini 4 bahaya lainnya.

 

4 Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan bagi Tubuh Lainnya

11. Gangguan ginjal
12. Hypernatremia
13. Dehidrasi
14. Kanker perut

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi garam berlebih bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam megenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang disekitar Anda. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top