Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Konsumsi Jeroan untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Bahaya Konsumsi Jeroan untuk Kesehatan Tubuh

Penggemar makanan berupa jeroan cukup banyak, namun masih banyak yang belum mengetahui adanya bahaya konsumsi jeroan untuk kesehatan tubuh. Jeroan merupakan bagian dari hewan yang diolah menjadi makanan untuk dikonsumsi. Contoh jeroan yaitu usus, hati, dan juga organ dalam hewan lainnya. Jeroan sendiri banyak diolah dengan cara digoreng dan ditumis kemudian ditambahkan dengan beberapa bahan sayuran lainnya.

Jeroan sebenarnya bukanlah bagian dari hewan yang pantas Anda konsumsi setiap hari. Kemungkinan besar masih banyak sisa kotoran yang ada pada jeroan ditambah dengan cara pengolahan yang tidak bersih dapat memicu gangguan kesehatan. Apalagi kebanyakan jeroan diolah dengan cara digoreng. Kandungan minyak berlebihanya tentu saja hanya akan menambah resiko penyakit ke tubuh Anda.

10 Bahaya Konsumsi Jeroan untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi jeroan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Racun

Organ dalam hewan hampir sama dengan organ dalam manusia, salah satunya hati yang berfungsi sebagai penawar racun. Konsumsi jeroan hewan yang tidak bersih dapat meracuni tubuh Anda jika masih adanya senyawa racun pada organ dalam tersebut.

2. Infeksi

Kandungan jeroan yang tidak bersih juga dapat membuat pencernaan Anda menjadi infeksi. Hal ini disebabkan oleh masuknya kotoran yang ada dalam jeroan dan membuat sejumlah infeksi ke bagian usus dan lambung Anda.

3. Sakit pinggang

Kandungan purin dalam jeroan yang cukup tinggi biasanya akan sangat mempengaruhi kesehatan persendian Anda, termasuk pinggang. Jadi jika Anda mengonsumsi jeroan terlalu banyak, Anda akan beresiko mengalami sakit pinggang.

Loading...

4. Rematik

Tidak hanya sakit pinggang, konsumsi jeroan yang terlalu banyak juga akan membuat Anda beresiko terkena rematik. Kandungan zat purin yang terdapat dalam jeroan bisa memicu penyakit rematik di dalam tubuh Anda.

5. Asam urat

Jika Anda sudah mengalami gejala asam urat, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi jeroan terlebih dahulu. Jeroan dapat membuat gejala asam urat Anda bertambah karena zat purin di dalamnya sangatlah tinggi.

6. Kolesterol tinggi

Jeroan juga mengandung sejumlah lemak. Ditambah lagi dengan pengolahan yang menggunakan minyak akan membuat tubuh Anda mudah dijangkiti kolesterol yang tinggi. Kolesterol menjadi banyak penyebab kematian seseorang.

7. Gangguan pencernaan

Pencernaan Anda juga akan mengalami banyak gangguan kesehatan jika Anda banyak mengonsumsi jeroan. Beberapa senyawa yang terdapat dalam jeroan ditambah lagi dengan kemungkinan adanya bakteri penyakit dapat membuat pencernaan Anda terjangkit penyakit.

8. Mengganggu kesehatan janin

Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi jeroan. Makanan yang satu ini mempunyai banyak resiko kesehatan yang dapat membuat kesehatan janin Anda terganggu. Pertumbuhan janin juga akan mengalami penurunan.

9. Jerawat

Kandungan minyak dan lemak yang ada dalam jeroan tidak cocok bagi Anda yang mempunyai kulit sensitive disertai dengan jerawat. Hal tersebut hanya akan memperparah kulit Anda dengan munculnya lebih banyak jerawat.

10. Sakit kepala bagian belakang

Banyak orang yang mengeluh rasa sakit kepala ketika mengonsumsi jeroan dengan jumlah yang terlalu banyak. Namun hal ini belum bisa dipastikan kebenarannya oleh ahli kesehatan. Tak ada salahnya jika Anda mencegahnya terlebih dahulu.

Baca Juga: 20 Jenis Makanan Penyebab Kematian Mendadak

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi jeroan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top