Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Bahaya Konsumsi Makanan Bersantan untuk Tubuh

Uncategorized

11 Bahaya Konsumsi Makanan Bersantan untuk Tubuh

Beberapa bahaya konsumsi makanan bersantan untuk kesehatan tubuh Anda disebabkan oleh kebiasaan Anda dalam mengonsumsi makanan ini. Makanan bersantan adalah jenis makanan yang menggunakan santan sebagai bahan dasarnya untuk memberikan rasa gurih. Hal yang perlu Anda ketahui yaitu kandungan lemak jenuh dalam santan merupakan kandungan yang paling tinggi daripada minyak goreng yang Anda gunakan untuk memasak.

Banyak jenis makanan bersantan yang ada di Tanah Air, bahkan menjadi makanan wajib yang selalu dihidangkan di hari-hari tertentu. Konsumsi makanan bersantan memang diperbolehkan namun tidak dalam kadar yang terlalu banyak. Sama halnya jika Anda mengonsumsi makanan yang digoreng, maka tubuh Anda akan mengalami penumpukan lemak jenuh. Hal ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

11 Bahaya Konsumsi Makanan Bersantan untuk Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi makanan bersantan untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Penyakit jantung

Seperti yang sudah dikatakan di awal, makanan bersantan mempunyai kandungan lemak jenuh yang lebih banyak yang bersal dari santannya. Jika konsumsi makanan ini terlalu sering, maka jantung Anda akan terjangkit penyakit jantung.

2. Kolesterol yang tinggi

Makanan bersantan yang juga dicampur dengan sejumlah minyak dan kandungan garam yang tinggi
merupakan kombinasi yang tepat untuk Anda mengidap kolesterol yang tinggi. Kolesterol akan menyebabkan efek samping penyakit lainnya.

3. Obesitas

Penumpukan lemak jenuh yang berasal dari konsumsi santan berlebih dapat membuat tubuh Anda mengalami masalah obesitas. Lemak di dalam tubuh akan sulit untuk dibakar jika Anda tidak rajin berolahraga.

Loading...

4. Tulang keropos

Ternyata konsumsi makanan bersantan terlalu banyak juga dapat menyebabkan tulang Anda mudah keropos. Lemak jenuh dalam santan dapat mengganggu kepadatan tulang sehingga membuatnya mudah retak.

5. Naiknya asam lambung

Santan juga bukan merupakan jenis bahan makanan yang baik untuk kesehatan lambung jika dikonsumsi berlebihan. Anda akan mengalami gejala penyakit asam lambung yang tinggi atau sering juga disebut dengan maag.

6. Alergi

Kandungan senyawa atau zat yang ada dalam santan juga dapat menyebabkan Anda mengidap alergi. Mulai dari tenggorokan gatal, gejala batuk, dan juga munculnya radang tenggorokan yang mengganggu kesehatan.

7. Sakit perut

Konsumsi makanan bersantan yang terlalu banyak tentu saja akan memberikan efek berupa sakit perut. Perut Anda akan terasa mulas dan tidak nyaman sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari Anda.

8. Diare

Makanan bersantan juga dapat memicu penyakit diare. Diare adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri kotor yang ada di dalam pencernaan. Bakteri ini berasal dari jumlah dan jenis makanan yang Anda konsumsi.

9. Stroke

Ternyata mengonsumsi makanan bersantan dengan berlebihan juga dapat memicu penyakit stroke. Kolesterol ditambah dengan lemak yang menumpuk dapat memicu penyakit stroke di tubuh Anda dengan cepat.

10. Hipertensi

Lemak jenuh dalam makanan bersantan akan dengan mudah membuat tekanan darah Anda manjadi tinggi. Hasilnya, tubuh Anda akan mengidap penyakit hipertensi yang pengobatannya tidaklah mudah.

11. Jerawat

Orang dengan kulit yang sensitive dan juga berminyak tidak boleh mengonsumsi makanan bersantan terlalu banyak. Lemak jenuh dalam santannya akan memperbanyak kandungan minyak pada wajah sehingga memicu jerawat.

Baca Juga: 10 Bahaya Buah Mahoni untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi makanan bersantan untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top