Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Konsumsi Makanan yang Digoreng untuk Kesehatan

Uncategorized

10 Bahaya Konsumsi Makanan yang Digoreng untuk Kesehatan

Anda perlu mewaspadai adanya bahaya konsumsi makanan yang digoreng untuk kesehatan tubuh, terutama makanan yang memerlukan banyak minyak saat diolah. Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang menyukai makanan berupa gorengan. Maka tak heran jika banyak berbagai jenis makanan yang Anda konsumsi setiap hari adalah makanan yang digoreng. Mulai dari ikan goreng, udang goreng, bakwan, tempe goreng, dan masih banyak lagi.

Bahaya utama dari makanan yang digoreng yaitu kandungan minyaknya. Makanan dengan kandungan minyak yang cukup banyak tidaklah baik untuk dikonsumsi tubuh setiap hari. Apalagi jika penggunaan minyaknya pun dipakai terus menerus. Kebanyakan makanan yang digoreng juga tidak mengandung nutrisi sehat yang dapat memenuhi asupan nutrisi tubuh. Pengolahan dengan cara digoreng juga akan membuat nutrisi dalam bahan makanan menjadi berkurang.

10 Bahaya Konsumsi Makanan yang Digoreng untuk Kesehatan

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi makanan yang digoreng untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Resiko kanker usus

Bagian organ tubuh yang paling berpengaruh terhadap banyaknya konsumsi makanan yang digoreng yaitu usus. Organ pencernaan yang satu ini bisa terjangkit penyakit kanker yang diperoleh dari jenis makanan gorengan.

2. Penyakit jantung

Tubuh Anda juga akan mengalami resiko penyakit jantung yang berbahaya jika sering mengonsumsi  makanan yang digoreng. Minyak yang digunakan mengandung cukup banyak kolesterol yang dapat menjadikan jantung Anda terkena penyakit.

3. Stroke

Konsumsi makanan yang digoreng juga akan membuat tubuh Anda terjangkit stroke. Penyakit ini erat kaitannya dengan kolesterol tinggi yang akan Anda dapatkan dari makanan dengan kandungan minyak cukup banyak.

Loading...

4. Obesitas

Selain lemak dari minyak, makanan yang digoreng lebih banyak menggunakan bahan-bahan yang dapat memicu kegemukan atau obesitas. Jika Anda terkena obesitasi, tubuh Anda dapat diserang komplikasi penyakit.

5. Pencernaan terganggu

Tidak hanya usus saja yang akan terjangkit kanker, namun juga hampir semua bagian pencernaan Anda akan terganggu kesehatannya. Pencernaan Anda akan menjadi tidak lancar dan terjangkit beberapa penyakit.

6. Infeksi lambung

Besar kemungkinan minyak yang digunakan berkali-kali dalam proses menggoreng telah terjangkit banyak bakteri. Bakteri inilah yang akan membuat lambung Anda menjadi infeksi jika masuk ke dalam tubuh.

7. Gejala nyeri di dada

Jika lambung Anda sakit atau terkena infeksi akibat konsumsi makanan yang digoreng, maka dada Anda pun juga akan terasa nyeri. Hal ini terjadi karena adanya tekanan pada saluran lambung oleh kenaikan asam lambung.

8. Sulit buang air besar

Sebagian besar makanan yang digoreng akan menyebabkan kesulitan saat buang air besar. Selain karena minyak yang tidak bisa dicerna dengan cepat, makanan berupa gorengan juga dibuat dengan banyak bahan berkarbohidrat yang dapat menyumbat saluran pencernaan.

9. Kolesterol tinggi

Jangan lupakan gejala yang satu ini, kolesterol yang tinggi. Sudah menjadi pengetahuan umum jika mengonsumsi makanan yang digoreng hanya akan membuat kolesterol di tubuh Anda semakin naik. Akibatnya, Anda akan dengan mudah terserang penyakit.

10. Kulit berminyak

Anda yang mempunyai jenis kulit sensitive sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang digoreng terlalu banyak. Kandungan minyaknya juga akan membuat kulit Anda memiliki kandungan minyak berlebih dan mengganggu kesehatan kulit.

Baca Juga: 20 Jenis Makanan Mengandung Lemak Jenuh yang Tinggi

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi makanan yang digoreng untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top