Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Bahaya Konsumsi Minuman Isotonik untuk Kesehatan dan Tubuh

Uncategorized

11 Bahaya Konsumsi Minuman Isotonik untuk Kesehatan dan Tubuh

Peredaran minuman kemasaan saat ini sangat bervariasi. Padahal dulu hanya sekedar minuman biasa dengan isian air putih saja. Dewasa ini banyak sekali minuman berenergi atau sejenisnya yang merambah dunia pasar minuman kemasan.

Sama halnya dengan kebutuhan ion tubuh, produsen minuman kemasan membuat minuman isotonik yang bisa menggantikan cairan tubuh secara cepat dan menyegarkan. Bahkan, ada juga penambahan rasa yang bisa di pilih sesuai selera konsumen. Tetapi, banyak yang tidak tahu efek bahaya minuman isotonik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

11 Bahaya Konsumsi Minuman Isotonik untuk Kesehatan dan Tubuh

Berikut ini beberapa bahaya minuman isotonik yang mampu menggangu kesehatan :

1. Resiko diabetes

Kandungan gula pada minuman isotonik sangat berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus. Memang sensasi menyegarkan pada minuman ini mampu melepas dahaga akibat aktivitas atau sejenisnya. Jika seseorang menghiraukan ini, maka akan timbul resiko diabetes. Kadar gula dalam minuman isotonik sulit untuk dipecah dalam tubuh sehingga sistem pencernaan akan menunda ini. Akibatnya penumpukan zat gula dalam darah bisa terjadi.

2. Tekanan Darah Naik

Sama halnya dengan resiko kelebihan zat gula dalam darah. NaCL atau zat garam natrium dalam minuman isotonik sangat tinggi. Minuman ini sangat berbahaya jika dikonsumsi sehari hari. kandungan garam natrium dalam isotonik mampu memicu penyumbatan aliran darah. Kondisi ini akan mengakibatkan tekanan darah menjadi naik. Jika tidak diindahkan, maka resiko stroke bisa terjadi sewaktu waktu.

3. Systemic Lupus Eritematosus

konsumsi minuman berisotonik dalam jangka panjang mempu meningkatkan resiko penyakit ini. Secara umum sistemic lupus eritematosus adalah penyakit lupus. kandungan bahan pengawet seperti BTP atau sejenisnya sangat berbahaya. efek lupus ditAndai dengan gejala awal seperti munculnya kulit kemerah merahan dan ruam diarea leher. selanjutnya gejala ini akan menjalar pada muka dan area wajah lainya.

Loading...

4. Gangguan Ginjal

Kandungan NaCL yang tinggu juga berpengaruh pada organ dalam terutama ginjal. Ginjal tidak mudah menyerap cairan ini untuk diubah menjadi energi atau masuk dalam sistem pembuangan. sehingga, kerja ginjal akan semakin keras dan berat unutk mengolah cairan isotonik tersebut. Jika hal ini berangsur terus menerus maka akan mengakibatkan penurunan fungsi ginjal secara berkala.

5. Pengeroposan Gigi

Sangat menjengkelkan ketika Anda masih muda bermasalah dengan gigi berlubang. maka, batasi konsumsi minuman isotonik ini agar gigi Anda terjaga kesehatanya. erosi enamel pada gigi mampu dipicu dengan konsumsi isotonik ini secara berlebihan. penyebabnya adalah kandungan gula, garam, kalori tinggi dan bahan pengawet di dalam minuman isotonik yang merusak keutuhan gigi Anda.

6. Detak jantung Ubnormal

Jika konsumsi isotonik sudah berlebihan, maka pembuluh darah dapat tersumbat. Sehingga kemungkinan kerja jantung akan semakin keras akibat penyumbatan tersebut. NaCl yang tinggi serta kalori yang sama halnya membuat aliran darah tidak lancar. Inilah yang nanti bisa menyebabkan gagal jantung akibat detak jantung tidak normal.

7. Dehidrasi

Justru meminum isotonik buatan ini akan menyebabkan Anda merasa dehidrasi. Cairan tubuh yang digantikan dengan minuman isotonik tidak semuanya dapat tergantikan. Apalagi, seseorang yang tidak merasa haus malah mengkonsumsi jenis minuman ini justru mengakibatkan dehidrasi dengan cepat. Kadar gula dan garam dalam minuman inilah penyebab Anda merasa haus berkepanjangan.

8. Gangguan Tidur

efek ini akan timbul jika Anda mencampurkan minuman isotonik dengan minuman berenergi. Aliran darah akan meningkat akibat kerja jantung dipicu dengan campuran minuman ini. Sehingga kesadaran Anda akan lebih terjaga sehingga adrenalin terpicu. Akibatnya Anda akan mengalami susah tidur.

9. Kegemukan

kandungan gula dalam minuman ini akan beresiko pada tubuh Anda. Penumpukan zat gula dalam tubuh akan ditimbun dalam lemak jenuh yang bisa menumpuk lama kelamaan. Jika Anda ingin berdiet, usahakan jangan konsumsi minuman ini secara terus menerus. Terbiasakan minum air putih saja atau jika Anda ingin mengkonsumsi ini minumlah secara bijak dan berkala.

10. resiko Kecanduan

Kebiasaan ini memang sangat sulit untuk diatasi. Jika seseorang sudah terbiasa dengan minuman ini maka kecanduan bisa terjadi. Indera pengecap Anda akan bertransformasi untuk ingin dan selalu meminum minuman isotonik. Jika tidak, maka perasaan Anda akan menguat untuk segera mendapatkanya. Padahal jika sudah terjadi kecanduan, resiko konsumsi minum air putih biasa akan tersingkirkan dan sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

11. Gangguan Pencernaan

Jika Anda sudah mengalami kecanduan, maka Anda juga akan mengalami gangguan pencernaan. Kelebihan minum minuman isotonik mampu merusak kesehatan lambung dan usus. efek yang ditimbulkan adalah perut Anda akan terasa kembung dan selera makan menurun.

Baca Juga: 9 Dampak dan Bahaya Minum Air Garam untuk Tubuh dan Kesehatan

Minuman isotonik sewajarnya jika digunakan dan dikonsumsi tepat guna mampu bermanfaat. Gunakan seperlunya saja, jangan sampai mengganggu kesehatan Anda dimasa yang akan datang.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top