Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Bahaya Konsumsi Minuman Keras untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

8 Bahaya Konsumsi Minuman Keras untuk Kesehatan Tubuh

Gaya hidup sebagain orang bisa saja terjerumus kedalam hal yang dapat merugikan kesehatan. Sama halnya dengan seseorang yang senang mengkonsumsi minuman keras. Peredaranya walaupun dibatasi tetapi penggemar minuman ini tetap ada dan bertambah.

Kurang tahu kenapa mereka melakukan hal ini, padahal efek bahaya mengacam orang yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol. Parahnya adalah kaum urban yang menelan wanita terjerumus dalam dunia malam ikut menyukai minuman beralkohol ini.

8 Bahaya Konsumsi Minuman Keras untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini efek dan bahaya dari minuman keras untuk kesehatan :

1. Gangguan Liver

Gangguan ini bisa terjadi dalam tempo singkat saja. Liver yang membengkak akibat terlalu sering mengkonsumsi minuman keras berdampak buruk terhadap fungsi organ. Seseorang yang sering meminum minuman keras dengan kadar alkohol rendah sekalipun mampu membuat liver membengkak hingga 10-15 % dari keadaan normal.

Cairan berkadar alkoholah yang menyebabkan hal ini. Liver akan bekerja keras menyeterilisasi cairan ini agar tubuh mampu menyerap. Lebih baik jangan konsumsi minuman beralkohol karena merusak organ hati Anda.

2. Kerusakan Otak

Hilangnya kesadaran akibat minum minuman keras sering dialami penikmat minuman haram ini. syaraf yang putus akibat terlalu sering mengkonsumsi minuman keras mampu mengurangi fungsi otak secara permanen. Bahkan resiko depresi dan frustas lebih tinggi dibanding orang normal tanpa alkohol. Jika hal ini sudah menerjang Anda, maka kerusakan mental dan psikologis bisa terjadi sebagai efek awal gejala kerusakan sistem syaraf dan kinerja otak.

Loading...

3. Penurunan fungsi Panca Indera

Panca indera seperti pengelihatan dan perasa akan terganggu akibat minuman keras. Penurunan yang paling cepat adalah fungsi indera pengelihatan. Mata yang sangat sensitif dan terganggu akibat konsumsi alkohol dari minuman keras yang secara terus menerus dilakukan. kerusakan pada mata ini bisa fatal sampai pada kebuataan permanen.

4. Mempercepat menopaus

Inilah yang menjadi efek bagi wanita yang suka terhadap minuman keras. Kinerja hormon akan berangsur menurun. Ketika hal ini dilanjutkan dengan skala lebih besar maka akibat pada kesuburan yang terganggu.  Konsumsi alkohol berlebih dalam tubuh wanita mampu mempercepat terjadinya menopuse sebelum waktu normalnya. Olehkarena itu sangat tidak dianjurkan seorang wanita mengkonsumsi minuman keras walapaun hanya setetes saja.

5. Memperparah rasa sakit saat haid

Efek awal ketika seorang wanita mengalami kerusakan hormon reproduksi akibat terlalu sering mengkonsumsi minuman keras adalah efek ini. Rasa nyeri pada perut akibat datang bulan akan terasa lebih sakit. Jika hal ini sudah di rasakan, lebih baik hentikan konsumsi minuman keras. Jika Anda biarkan saja, kemungkinan besar bagian reproduksi Anda akan terganggu dan proses kehamilan akan tertunda bahkan menyebabkan kemandulan.

6. Kecacatan pada Janin

Parahnya adalah efek ini ketika seorang wanita mengalami ganggunan pada saat kehamilan ketika masih sering mengkonsumsi minuman keras. Kecacatan pada janin bisa terjadi jika dilakukan saat usia kehamilan 3 bulan pertama. Sejatinya, wanita hamil memang dilarang mengkonsumsi minuman keras ini selagi masa kehamilan sampai melahirkan. Agar kesehatan janin dan bayi tetap terjaga di masa pertumbuhan dalam rahim wanita.

7. Oesteoporosis

Pengeroposan tulang merupakan efek berbahaya yang bisa terjadi pada seorang yang suka mengkonsumsi minuman keras. Jika hal ini dibiarkan dan dilakukan terus menerus akan berakibat pada patah tulang dan kerapuhan secara permanen.

Mengkonsumsi minuman keras lebih mempercepat proses penuaan pada tulang dan menggerogoti kandungan kalsium dan minyak persendian setiap tulang. Sehingga berbahaya jika dilanjutkan akan berujung pada kececatan permanen sampai pada lumpuh total.

8. Kerusakan sistem Pencernaan

Peminum minuman keras secara terus menerus dan berkala mampu merusak organ dalam terutama sistem pencernaan. Terjadinya peradangan kronis dan gangguan pada lambung, ginjal dan hati adalah organ yang paling sering terserang. Jika sudah terjadi, maka Anda akan terganggu sistem pencernaan Anda termasuk usus yang bisa terobek akibat alkohol didalam minuman keras tersebut.

Baca Juga: 8 Bahaya Minum Air Daun Ketum Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Keperluan mengikuti gaya hidup apalagi kebudayaan didaerah memang sangat diperlukan. tetapi harus lebih waspada terkait apa yang akan masuk kedalam tubuh. Jika itu membahayakan, lebih baik tinggalkan dan rubah pola gaya hidup agar tetap hidup sehat dan memilki masa hidup lebih lama yang membahagiakan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top