Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Konsumsi Oatmeal Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Bahaya Konsumsi Oatmeal Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Selama ini kita mengenal oatmeal sebagai makanan yang sehat, namun siapa sangka ada bahaya konsumsi oatmeal berlebihan untuk kesehatan tubuh. Oatmeal merupakan jenis makanan yang mengandung cukup banyak nutrisi seperti lemak tak jenuh, lemak jenuhm kalsium, protein, serat, gula, dan karbohidrat. Jenis oatmeal yang ada saat ini merupakan oatmeal kemasan yang dapat dengan mudah Anda temukan di supermarket dan toko bahan makanan.

Oatmeal instan atau kemasan sudah mengandung gula dan rasa yang berasal dari buah-buahan. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa yang lebiz lezat pada oatmeal ketika dikonsumsi, tidak hanya hambar. Oatmeal memang mengandung banyak nutrisi, namun jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya, maka Anda akan beresiko terkena beberapa dampak penyakit. Makanan yang satu ini bukanlah jenis makanan yang bisa Anda konsumsi lebih banyak.

10 Bahaya Konsumsi Oatmeal Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi oatmeal berlebihan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Alergi

Oatmeal menyebabkan alergi? Jawabannya ya. Kandungan utama dalam makanan yang satu ini yaitu berupa gluten. Tidak semua orang dapat mengonsumsi gluten. Bagi orang yang alergi, gluten dapat memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan.

2. Naiknya gula dalam darah

Kandungan gula yang ada dalam oatmeal instan bukan jenis gula alami. Tentu saja gula yang satu ini kemungkinan besar sudah bercampur dengan pengawet. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi oatmeal, maka kadar gula dalam darah Anda akan naik.

3. Diabetes

Efek lanjutan dari kadar gula dalam darah yang naik yaitu munculnya penyakit diabetes. Jika Anda sudah terkena penyakit ini, Anda tidak bisa mengonsumsi segala jenis makanan dengan bebas karena harus memperhatikan kandungan gulanya.

Loading...

4. Mual dan muntah

Pencernaan Anda bukanlah bagian dari tubuh yang bisa mendapatkan satu jenis makanan tertentu dengan kadar yang banyak. Konsumsi oatmeal yang berlebihan hanya akan membuat pencernaan Anda bereaksi dengan menimbulkan rasa mual dan ingin muntah.

5. Sakit perut

Konsumsi oatmeal yang terlalu banyak juga akan memicu rasa sakit pada perut. Kandungan nutrisi dalam oatmeal jika terlalu banyak diterima oleh lambung dan usus hanya akan memberikan banyak dampak negative.

6. Kegemukan

Kandungan karbohidrat, lemak jenuh, ditambah dengan gula yang terdapat dalam oatmeal instan mampu membuat tubuh Anda mengalami peningkatan berat badan. Tubuh Anda akan menerima tumpukan lemak yang berbahaya bagi kesehatan.

7. Memperlambat penyerapan magnesium

Jenis senyawa dan kombinasi gizi yang ada dalam oatmeal bukanlah jenis gizi yang dapat Anda konsumsi dengan porsi yang banyak. Kombinasi gizi yang berlebihan ini juga dapat memperlambat tubuh untuk menyerap magnesium.

8. Gangguan kesehatan tulang

Penyerapan kalsium di tubuh Anda akan terhambat sehingga tulang pun menjadi rapuh dan mudah diserang penyakit. Hal ini disebabkan oleh terlalu banyaknya konsumsi oatmeal instan yang menyebabkan kelebihan nutrisi di dalam tubuh.

9. Merusak gigi

Tidak hanya tulang saja, namun juga kesehatan gigi Anda akan terganggu. Struktur tulang dan gigi hampir sama, sehingga jika kesehatan tulang Anda buruk karena konsumsi oatmeal terlalu banyak, maka gigi Anda juga akan mengalami kerusakan.

10. Mencret

Bagi orang yang tidak terbiasa mengonsumsi oatmeal biasanya akan mengalami beberapa gejala gangguan pencernaan, salah satunya adalah mencret. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang berlebihan dalam mengonsumsinya.

Baca Juga: 17 Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi oatmeal berlebihan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top