Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Konsumsi Roti Tawar untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

15 Bahaya Konsumsi Roti Tawar untuk Kesehatan Tubuh

Adanya bahaya konsumsi roti tawar untuk kesehatan tubuh perlu Anda curigai mulai dari sekarang ketika Anda sering mengonsumsinya. Roti tawar merupakan olahan makanan yang terbuat dari tepung. Jenis roti yang satu ini menjadi makanan yang sering dikonsumsi setiap pagi ketika sarapan bersamaan dengan bahan lainnya sepert selai. Roti tawar termasuk ke dalam makanan dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

Ada dua jenis roti tawar yang sering kita temui, yaitu roti tawar putih dan juga roti tawar yang terbuah dari gandum. Konsumsi roti tawar setiap hari tidaklah baik untuk kesehatan tubuh karena tubuh Anda akan mendapatkan sejumlah efek samping. Apalagi jika Anda menambahkan bahan lainnya yang dapat mempengaruhi kesehatan dengan kandungannya yang tidak bergizi. Bagian pencernaan Anda akan mengalami dampak yang buruk ketika Anda berlebihan mengonsumsi roti yang satu ini.

15 Bahaya Konsumsi Roti Tawar untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya konsumsi roti tawar untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Tidak mudah dicerna

Roti tawar termasuk ke dalam makanan yang cukup padat. Jadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi roti ini, maka pencernaan Anda membutuhkan kerja dengan lebih keras untuk mengolahnya di dalam tubuh.

2. Tidak mengenyangkan

Walaupun mengandung karbohidrat, roti tawar juga bukan merupakan jenis makanan yang dapat membuat Anda kenyang karena bahannya terbuat dari tepung yang berbeda dari nasi yang sering Anda konsumsi.

3. Tidak banyak nutrisi

Banyak orang yang masih mengira jika roti tawar mengandung banyak nutrisi untuk tubuh. Padahal kandungan nutrisi dalam makanan ini tidaklah banyak. Anda akan banyak mengalami kekurangan asupan nutrisi ketika hanya mengonsumsi roti tawar saja.

Loading...

4. Kegemukan

Roti tawar juga dapat memicu kegemukan jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya. Sejatinya makanan ini hanyalah makanan ringan pengganti nasi jika Anda tidak ingin mengonsumsi makanan yang terlalu berat.

5. Karbohidrat tinggi

Konsumsi roti tawar yang penuh dengan karbohidrat juga tidak baik untuk kesehatan karena jumlahnya yang berlebihan hanya akan memberikan efek buruk di tubuh. Batasilah konsumsi roti ini setiap harinya.

6. Gangguan pencernaan

Pencernaan Anda akan mengalami gangguan yang tidak sehat jika Anda banyak mengonsumsi roti tawar. Roti ini bukanlah jenis makanan yang bisa Anda cerna dengan cepat karena teksturnya yang cukup keras.

7. Sembelit

Roti tawar yang dikonsumsi terlalu banyak akan memicu adanya penyakit sembelit. Teksturnya yang tidak bisa dicerna dengan cepat kemungkinan besar hanya akan menumpuk di tubuh Anda dan membuat buang air besar menjadi tidak lancar.

8. Gangguan kesehatan otak

Siapa sangka jika konsumsi roti tawar berlebiha juga mampu membuat kesehatan otak Anda menurun. Karbohidrat dalam makanan yang satu ini jika menumpuk di dalam tubuh akan merusak kesehatan syaraf di otak.

9. Pikun

Karbohidrat yang terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh dari roti tawar akan membuat Anda mengalami gejala pikun. Daya ingat pun akan menurun dan kemungkinan resiko terkena penyakit Alzheimer juga besar.

10. Diabetes

Kandungan karbohidrat dalam rot tawar akan diubah menjadi gula oleh tubuh. Itulah mengapa makanan yang satu ini akan terasa cukup manis. Gula yang Anda konsumsi dengan berlebihan akan memicu penyakit diabetes.

Baca Juga: 23 Jenis Makanan Rendah Purin untuk Asam Urat

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi roti tawar untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 5 bahaya lainnya:

5 Bahaya Konsumsi Roti Tawar untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Penyakit jantung
12. Alergi
13. Obesitas
14. Radang usus
15. Radang lambung

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi roti tawar untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top