Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Bahaya Konsumsi Teh Basi untuk Kesehatan dan Tubuh

Uncategorized

11 Bahaya Konsumsi Teh Basi untuk Kesehatan dan Tubuh

Teh sudah menjadi minuman yang memasyarakat di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya. Hampir di setiap rumah pasti tersedia minuman teh, karena minuman ini memang sangat cocok menemani waktu bersama keluarga. Menyedu teh dalam teko atau poci terkadang meninggalkan sisa. Teh yang didiamkan dalam waktu lama atau lebih dari 24 jam akan basi. Terkadang karena merasa sayang untuk dibuang beberapa orang masih meminumnya. Padahal meminum teh basi berbahaya bagi tubuh.

11 Bahaya Konsumsi Teh Basi untuk Kesehatan dan Tubuh

Berikut bahaya yang dapat timbul karenanya :

1. Meningkatnya Asam Lambung

Teh yang telah basi kadar keasamannya akan meningkat. Sehingga ketika di minum akan menimbulkan bahaya pada lambung. Lambung dengan kondisi asamnya yang telah stabil akan meningkat dengan bercampurnya cairan teh basi. Keadaan ini akan membuat perut akan terasa kembung dan begah bahkan kadang sampai perih.

2. Maag Kronis

Maag kronis adalah sakit maag yang terasa sangat menyiksa dan susah diobati. Minum teh basi bisa menjadi salah penyebab maag kronis. Naiknya asam lambung berlebih atau terjadinya iritasi pada dinding lambung akibat zat kafein pada teh basi. Segera periksakan kedokter agar maag kronis tidak semakin parah.

3. Diare

Terjadinya proses fermentasi pada teh basi menghasilkan zat toksin atau racun. Ketika tubuh menyerap kandungan teh basi ini akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare. Selain itu efek diuretik dari teh basi akan membuat penyerapan cairan lebih tinggi. Sehingga feses yang dikeluarkan akan bercampur dengan banyak air.

4. Memicu Kanker

Teh yang didiamkan lama akan rentan terpapar radikal bebas seperti debu dan kotoran. Material ini jika terserap tubuh akan bersifat karsinogen yang memicu tumbuhnya sel-sel kanker. Bahkan pada teh celup resiko kanker akan semakin tinggi karena senyawa klorin pada kertas penyaring ikut larus saat proses penyeduan.

Loading...

5. Anemia

Bahaya meminum teh basi selanjudnya adalah menyebabkan anemia atau kekurangan sel darah merah.  Hal ini terjadi akibat kafein dalam teh basi saat dalam proses pencernaan akan menyerap zat besi dalam nutrisi makanan. Hasilnya produksi sel darah merah akan berkurang secara drastis. Oleh karena itu bagi Anda yang mempunyai riwayat anemia jangan sekali-sekali meminum teh yang telah basi.

6. Insomnia

Meski tidak sebanyak pada kopi, namun kafein juga terdapat dalam teh. Zat kafein dapat menstimulus kerja jantung sehingga tubuh terjaga lebih lama. Teh basi telah mengalami proses fermentasi dimana pada saat itu kadar kafein akan meningkat. Gangguan tidur pada malam hari dapat terjadi pada mereka yang meminum teh basi.

7. Penyait Tiroid

Penyakit tiroid merupakan penyakit yang terjadi akibat gangguan pada kelenjar tiroid. Kelenjar yang terdapat pada leher ini akan terganggu karena banyaknya material radikal bebas dalam teh basi masuk dalam tubuh. Leher yang membengkak dan terasa nyeri adalah ciri penyakit tiroid. 

8. Sembelit

Teh basi yang telah dicerna tubuh dan telah sampai usus besar ternyata efek buruknya belom hilang. Zat tersebut ternyata masih dapat menyerap cairan dan menyebabkan feses mengeras. Feses yang mengeas akan sulit dikeluarkan sehingga terjadi sembelit atau konstipasi.

9. Mengganggu Penyerapan Nutrisi

Kebiasaan mengkonsumsi teh apalagi teh basi setelah makan ternyata adalah kebiasaan yang kurang baik. Makanan yang Anda makan akan sia-sia karena nutrisinya akan hilang karena adanya teh. Cairan teh basi akan mengikat nutrisi pada saat proses pencernaan di usus halus. Tubuh yang kekurangan nutrisi akan terasa lemas dan mudah lelah.

10. Kemandulan bagi Pria

Mungkin tak banyak yang tahu, minum teh basi ternyata juga dapat menyebabkan kemandulan pada pria. Kandungan zat klorin pada teh basi yang telah melalui reaksi kimia berubah menjadi racun bisa menganggu fungsi organ reproduksi pria. Akibatnya pria akan mengalami infertilitas atau kemandulan.

11. Radang Usus 

Dinding usus yang sensitif sangat rentan mengalami iritasi. Tingginya kadar asam dan zat toksin dalam teh basi bisa memicu iritasi bahkan peradangan pada usus. Pencernaan terganggu dan rasa nyeri yang amat sangat pada perut adalah efek dari radang usus.

Baca Juga: 11 Efek Buruk Ampas Kopi untuk Tubuh dan Kesehatan

Dengan alasan apapun meminum teh yang telah basi tidaklah dibenarkan bagi kesehatan. Seperti yang telah dijelaskan diatas, ada banyak bahaya teh basi bagi tubuh.  Oleh karena itu jangan pernah konsumsi teh sisa yang telah basi, karena kesehatan Anda jauh lebih berharga.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top