Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Bahaya Konsumsi Telur Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

12 Bahaya Konsumsi Telur Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Anda seharusnya tidak mengonsumsi telur terlalu banyak karena adanya bahaya konsumsi telur berlebihan untuk kesehatan tubuh. Telur merupakan salah satu bagian dari makanan pokok sehari-hari. Ada banyak jenis telur, mulai dari telur ayam, telur puyuh, telur asin, dan masih banyak lagi. Pengolahan telur pun bisa bermacam-macam, mulai dari direbur, digoreng, dan pengolahan lainnya. Kandungan protein yang besar dalam telur merupakan sumber utama tujuan konsumsi telur.

Protein yang terdapat dalam telur memang bagus untuk tubuh Anda namun bukan berarti Anda harus mengonsumsinya terus menerus. Telur juga mempunyai beberapa efek samping yang akan membahayakan kesehatan tubuh Anda. Apalagi jika Anda mempunyai alergi terhadap telur maka Anda perlu membatasi makanan yang satu ini. Anda memang membutuhkan protein namun tidak dalam jumlah yang terlalu banyak.

12 Bahaya Konsumsi Telur Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya konsumsi telur berlebihan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kolesterol

Selain protein, telur juga mengandung banyak lemak yang berasal dari hewan. Lemak inilah yang dapat meningkatkan kandungan kolesterol di dalam tubuh Anda jika konsumsinya tidak Anda batasi setiap hari.

2. Kegemukan

Telur juga dapat memberikan efek berupa kegemukan. Apalagi jika Anda mengonsumsinya setiap hari dengan cara digoreng karena kandungan minyaknya mengandung lemak. Itulah mengapa sebaiknya telur dikonsumsi dengan cara direbus.

3. Tidak seimbangnya hormone

Kandungan nutrisi yang ada dalam telur lebih banyak mempengaruhi hormone di tubuh Anda. Jumlah konsumsi yang normal akan menyehatkan hormone dan sebaliknya, konsumsi berlebihan akan membuat hormone Anda menjadi tidak seimbang.

Loading...

4. Gejala alergi

Anda juga dapat mendapatkan beberapa gejala alergi yang cukup mengganggu kesehatan tubuh. Mulai dari bengkak pada kulit, kemerah-merahan, sampai dengan bisul. Konsumsi telur bagi yang memang alergi sebaiknya dibatasi.

5. Obesitas

Efek kegemukan dari konsumsi telur yaitu munculnya penyakit kegemukan berupa obesitas. Obesitas inilah yang dapat memicu banyak penyakit lainnya yang membahayakan kesehatan tubuh Anda.

6. Diabetes

Siapa sangka jika telur juga dapat membuat tubuh Anda mudah diserang diabetes. Sebaiknya Anda mengonsumsi telur dengan porsi yang normal dan ditambah dengan makanan lainnya, seperti sayuran hijau yang kaya akan serat dan mineral.

7. Jerawat

Telur mengandung sejumlah lemak yang akan meningkatkan hormone pada kulit, termasuk penambahan minyak. Minyak pada kulit yang bercampur dengan kotoran akan memicu timbulnya jerawat.

8. Penyakit jantung

Konsumsi telur ternyata dapat memicu penyakit jantung. Hal ini merupakan efek dari timbulnya obesitas yang akan mengganggu kesehatan jantung. Jantung Anda akan melemah dan beresiko terkena penyakit jantung.

9. Kanker

Ada sejumlah bakteri dalam telur yang dapat memicu kanker jika Anda tidak mengolahnya dengan matang. Kanker ini akan masuk ke dalam sel tubuh dan merusak jaringan sel di dalamnya serta menyebar dengan cepat.

10. Sakit perut

Telur yang dikonsumsi dengan bahan tambahan seperti garam maupun MSG bukanlah olahan makanan yang dapat Anda konsumsi berlebihan setiap harinya. Anda juga perlu mengurangi porsinya.

Baca Juga: 8 Bahaya Konsumsi Kangkung Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi telur berlebihan untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 2 efek samping lainnya:

2 Bahaya Konsumsi Telur Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Darah tnggi
12. Mual dan muntah

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi telur berlebihan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top