Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Bahaya Konsumsi Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

25 Bahaya Konsumsi Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

Penggemar makanan berupa telur perlu memperhatikan adanya bahaya konsumsi telur puyuh untuk kesehatan tubuh. Telur puyuh merupakan jenis telur yang berasal dari burung puyuh. Ukuran telur ini terbilang kecil dengan corak hitam putih pada bagian kulitnya. Jenis telur yang satu ini sering dijadikan bahan makanan dalam pembuatan berbagai jenis masakan. Rasanya juga tidak kalah nikmat dari telur ayam biasa yang juga sering Anda konsumsi.

Telur puyuh juga mengandung cukup banyak protein dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Namun jika Anda terlalu banyak mengonsumsi telur ini, ada kemungkinan besar Anda akan terjangkit beberapa jenis penyakit. Hampir semua jenis makanan yang bergizi sekalipun sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Tubuh Anda tidak bisa menerima terlalu banyak asupan makanan karena kapasitas pencernaan pun juga terbatas.

25 Bahaya Konsumsi Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya konsumsi telur puyuh untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kolesterol tinggi

Kandungan kolesterol dalam telur puyuh ternyata cukup tinggi. Itulah mengapa jika Anda terlalu banyak mengonsumsi telur ini, maka tubuh Anda akan dengan mudah terjangkit penyakit kolesterol tinggi dan penyakit lainnya.

2. Bahaya keguguran

Bagi para ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi telur puyuh terlalu banyak. Pasalnya, zat kolin dalam telur ini dapar menimbulkan keguguran. Terutama bagi Anda yang baru saja hamil dengan usai kehamilan 2 minggu.

3. Diabetes

Siapa sangka jika konsumsi telur puyuh yang terlalu banyak akan membuat Anda mempunyai resiko penyakit diabetes yang cukup besar. Hal ini akan sering terjadi pada wanita yang hobi mengonsumsi telur puyuh.

Loading...

4. Radang pada tenggorokan

Telur puyuh juga mengandung zat albumin yang cukup tinggi. Zat ini merupakan jenis zat yang dapat menimbulkan bengkak pada beberapa bagian di tubuh Anda, termasuk tenggorokan. Tenggorokan Anda pun akan mengalami peradangan yang cukup parah.

5. Menurunnya tekanan darah

Konsumsi telur puyuh yang berlebihan akan membuat tekanan darah Anda cenderung menurun. Gejalanya akan berlanjut dengan efek pusing serta mual. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi telur ini jika mempunyai riwayat penyakit darah rendah.

6. Kandungan protein yang tinggi

Hampir semua jenis telur merupakan sumber makanan yang mengandung cukup banyak protein, termasuk telur puyuh. Namun kelebihan protein di dalam tubuh juga tidaklah baik karena tubuh Anda akan mendapatkan asupan protein yang terlalu tinggi.

7. Fungsi otak menurun

Bahaya telur puyuh juga akan mempengaruhi kinerja otak di tubuh Anda. Otak Anda akan mengalami penurunan fungsi, terutama pada kapasitas memori. Akibatnya, Anda akan dengan mudah melupakan banyak hal.

8. Gangguan mata

Efek buruk dari telur puyuh yang dikonsumsi terlalu banyak akan membuat kesehatan mata Anda terganggu. Hal ini membuat penglihatan Anda tidak akan mempunyai mata yang dapat bertahan dari radiasi cahaya.

9. Alergi

Tidak sedikit orang yang mempunyai alergi dengan telur, termasuk dengan telur puyuh. Jadi jika Anda termasuk orang yang mempunyai alergi terhadap telur, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi telur puyuh jika tidak ingin terkena gejala alergi.

10. Gangguan pembuluh darah

Pembuluh darah Anda akan dengan mudah mengalami ganggaun kesehatan jika Anda terlalu banyak mengonsumsi telur puyuh. Hal ini akan berakibat pada aliran darah yang tidak lancar serta organ tubuh yang tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: 20 Jenis Makanan Penyembuh Luka Operasi

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi telur puyuh untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 15 bahaya lainnya:

15 Bahaya Konsumsi Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Penyakit jantung
12. Keracunan
13. Penyakit batu ginjal
14. Gagal ginjal
15. Terhambatnya penyerapan vitamin
16. Gejala alergi pada anak
17. Gangguan otak janin
18. Metabolisme tidak seimbang
19. Nyeri otot
20. Berat badan menurun
21. Pemicu darah tinggi
22. Sakit perut
23. Mulas dan mual
24. Gula dalam darah meningkat
25. Stroke

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi telur puyuh untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top