Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Bahaya Konsumsi Tuak yang Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

Uncategorized

11 Bahaya Konsumsi Tuak yang Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

Tauk adalah salah satu jenis minuman yang mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi. Tuak merupakan jenis minuman tradisonal dari berbagai daerah, misalnya Maluku, Sumatera, Nusat Tenggara dan Sulawesi. Dikesempatan pesta-pesta pada masyarakat daerah, minum tuak menjadi tradisi yang sering dilakukan.

Tuak sendiri dibuat dari proses fermentasi getah nira kelapa atau getah mayang enau yang akhirnya mengandung alkohol sebanayak 4 persen. Pada dasarnya tuak diminum untuk menghilangkan capek atau pegal-pegal, menghangatkan badan, karena kondisi daerah pegunungan yang dingin.

Namun tuak apabila di konsumsi secara berlebihan, akan mengakibatkan ketidak saran pada peminumnya. Sehingga tuak bisa memabukan bila di konsumsi secara berlebihan. Namun selain memabukan, minum tuak secara berlebihan dapat mengakibatkan bahaya bagi kondisi kesehatan tubuh.

11 Bahaya Konsumsi Tuak yang Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

Bahaya minum tuak bagi kondisi kesehatan tubuh yaitu :

1.   Gangguan hati

Meminum tuah secara berlebihan tidak baik baik kesehatan tubuh. sifat tuak yang panas dan tajam, dapat merusak sel hati dalam menghancurkan lemak di sekitar hati. Endapan yang terdapat disekitar hati mempengaruhi kinerja dari liver, sehingga liver banyak lemak yang berada disekitar hati. Kondisi ini jika berlarut-larut dapat menyebabkan gangguan hati.

2.  Memicu munculnya penyakit maag

Meminum tuak tidak boleh dalam kadaan perut yang kosong. Karena efek dari minum tuak sendiri akan mengenyangkan. Apabila tuak sudah masuk dalam tubuh, nafsu makan akan menurun dan dapat memicu munculnya penyakit maag.

Loading...

3. Gangguan fungsi otak

Meminum tuak secara berlebihan akan menyebabkan mabuk dan kehilangan kesadaran. Kondisi ini dikarenakan peradangan dan pembengkakan pada jaringan otak. Kondisi seperti ini bila terjadi bertahun-tahun akan mengganggu kordinasi syarak dalam otak dan berakibat pada menurunya fungsi otak.

4. Perubahan perilaku

Minuman tuak menyebabkan efek ketergantungan karena senyawa didalamnya yang membuat tubuh menjadi rileks. Meminum tuak secara rutin dan berlebihan dapat memabukan hingga hilangnya kesadaran bagi peminumnya. Kondisi demikian dapat menimbulkan  perubahan perilaku pada peminumnya karena ketergantungan pada tuak.

5. Lambung luka

Meminum tuak sebaiknya jangan dilakukan pada kondisi perut sedang kosong. Kondisi lambung dallam kondisi kosong memiliki pH keasaman yang tinggi, dan bila bercampu dengan alkohol membuat pendarahan. Minuman tuak yang bersifat panas dan keras dapat membuat lambung terluka.

6. Bobot tubuh menurun

Meminum tuak dapat menyebabkan berat badan menjadi turun. Seseorang yang telah kecanduan dengan tuak, mempunyai nafsu makan yang menurun. Peminum tuak biasa lebih tertarik pada snack kecil daripada makanan yang mengandung karbohidrat.

7. Jantung bermasalah

Air tuak yang masuk dalam tubuh mempengaruhi pembuluh darah. Air tuak dapat mengembangkan dan mengempiskan pembuluh darah, sehingga jantung bekerja lebih keras dengan memompa darah dua lipat lebi cepat. Kondisi demikian pasokan darah yang masuk ke otak menjadi banyak dan menyebabkan pusing.

8. Keguguran

Ibu-ibu yang sedang hamil tidak dianjurkan untuk meminum tuak karena dapat membuat keguguran. Air tuak bersifat panas dan tajam yang dapat mempengaruhi proses pembentukan janin. Apabila ibu dalam kondisi hamil tetap meminum tuak dapat mengakibatkan kecacatan pada janin, bahkan bisa menyebabkan keguguran.

9. Keracunan

Tuak di buat dari fermentasi buah-buah dan glukosa. Dalam proses pembuatan tuak belum tentu dilakukan dengan bersih dan higienis. Sehingga rawan masuk bakteri dan virus yang dapat menyebabkan keracunan.

10. Bobot tubuh menurun

Air tuak meyebabkan ketrgantungan pada peminumnya. Oarang yang sudah ketergantungan pada tuak biasanya nafsu makanya menurun dan menghindari makanan yang mengandung karbohidrat. Sehingga kebiasaan ini bila dilakukan terus menerus menyebabkan bobot tubuh menurun.

11. Menyebabkan kebutaan

Meminum air tuak secara tidak wajar atau berlebihan tidak baik untuk tubuh. selain hati dan jantung. Ternyata indera pengeliahatan dapat terpengaruh akibat minum tuak secara berlebihan. Air tuak yang menggagu peyempitan dan penyumbatan darah pada tubuh dapat menyebabkan kebutaan.

Baca Juga: 10 Bahaya Konsumsi Arak yang Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

Minuman tuak di buat karena kondisi didaerah pegunungan yang sangat dingin.Tuak dibuat untuk menghangatkan badan dan mengatasi kondisi badan yang  letih setelah seharian bekerja. Tuak apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan mabuk dan mengganggu kesehatan tubuh.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top