Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Bahaya Konsumsi Tutut untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

7 Bahaya Konsumsi Tutut untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa bahaya konsumsi tutut untuk kesehatan tubuh jika Anda mengolah daging siput kecil ini dengan tidak tepat. Tutut merupakan sejenis siput kecil yang habitatnya berada di air tawar yang cenderung berlumpur. Anda akan dengan mudah menemui hewan ini di sekitar sawah, danau, ataupun sungai yang lembab. Walaupun ukurannya kecil, tutut mengandung sejumlah nutrisi sehat seperti vitamin, lemak, asam omega, mineral, protein, dan juga karbohidrat.

Daging tutut juga dapat memberikan banyak manfaat ke tubuh Anda. Mulai dari mencerdaskan otak, menjaga imunitas tubuh, menurunkan kolesterol jahat, melancarkan peredaran darah, mencegah kerusakan jaringan kulit, dan masih banyak lagi. Lalu mengapa ada bahaya yang akan muncul ke tubuh Anda jika mengonsumsi daging hewan ini? Faktor utama penyebabnya bisa dari proses pengolahan sampai dengan reaksi tubuh Anda yang tidak bisa menerima kandungan hewan ini.

7 Bahaya Konsumsi Tutut untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi tutut untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Cacingan

Habitat tutut yang berada di area lembab dan berlumpur menjadikan hewan ini mudah terjangkit banyak bakteri dan kotoran. Selain itu, konsumsi hewan ini yang tidak bersih juga akan memicu penyakit cacingan di tubuh.

2. Memicu penyakit Schistosmiasis

Penyakit yang masih berhubungan dengan cacing yaitu penyakit Schistosmiasis. Penyakit ini disebabkan oleh cacing Schistosmiasis yang akan membuat usus Anda mengalami iritasi dan gangguan kesehatan lainnya. Cacing ini sering ditemukan pada hewan tutut.

3. Keracunan

Area danau dan sungai masih besar kemungkinannya mengalami pencemaran lingkungan. Jika lingkungan tempat tinggal hewan tutut sudah terkontaminasi, maka tubuh Anda akan mengalami efek keracunan jika mengonsumsinya.

Loading...

4. Sakit perut

Konsumsi hewan tutut juga dapat menimbulkan rasa sakit pada perut. Penyebabnya yaitu beberapa jenis bakteri yang menempel pada hewan ini dan masuk ke tubuh Anda saat dikonsumsi. Itulah mengapa Anda perlu memperhatikan kebersihan daging yang akan dikonsumsi.

5. Diare

Bakteri yang ada pada hewan tutut jika tidak dibersihkan dengan benar maka akan menimbuklkan gejala penyakit diare. Diare yang tidak segera ditangai akan membuat tubuh Anda kekurangan cairan dan memicu kematian.

6. Penyakit meningitis

Penyakit meningitis sering menyerang seseorang yang banyak mengonsumsi daging tutut. Daging tutut yang hidup di kawasan berlumpur sangat mudah dijangkiti cacing jenis cantonesis. Cacing inilah yang menjadi penyebab munculnya penyakit tersebut.

7. Mencret

Konsumsi tutut yang terlalu banyak juga akan memicu gejala mencret. Gejala ini biasanya muncul karena ketidakcocokan kandungan senyawa dalam daging hewan ini dengan kondisi pencernaan di tubuh Anda.

Baca Juga: 8 Bahaya Konsumsi Belalang untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi tutut untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top