Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Dampak Bahaya Lompat Tali bagi Kesehatan Tubuh

Uncategorized

8 Dampak Bahaya Lompat Tali bagi Kesehatan Tubuh

Olahraga lompat tali memang memiliki banyak manfaat namun apa yang terjadi ketika anda melakukannya secara berlebihan? Maka hal ini akan berdampak buruk dan membahayakan kesehatan anda. Untuk itu, penting bagi anda untuk mengetahui bahaya lompat tali sebelum memaksakan diri untuk melakukan lompat tali secara berlebihan.

Ada beberapa bahaya lompat tali yang perlu anda ketahui agar anda lebih berhati-hati untuk melakukan segala jenis olahraga dengan batas waktu yang tidak berlebihan. Berikut ini adalah bahaya lompat tali yang perlu anda ketahui.

Bahaya Lompat Tali, Bahaya Lompat Tali bagi Kesehatan, Dampak Bahaya Lompat Tali bagi Tubuh

1. Sesak nafas

Bahaya pertama lompat tali dapat menyebabkan sesak nafas. Jika anda melakukan olahraga ini secara berlebihan, akan menjadi penyebab sesak nafas. Hal ini dikarenakan melakukan olahraga lompat tali secara berlebihan akan membuat oksigen dalam tubuh menjadi sedikit sehingga tubuh kekurangan oksigen dan menyebabkan anda sesak nafas. Jika anda penderita asma sebaiknya tidak memaksakan diri untuk melakukan olahraga ini.

2. Pendarahan 

Bahaya lainnya lompat tali yang dilakukan secara berlebihan juga dapat menyebabkan pendarahan. Pada saat wanita mengalami haid maka tidak disarankan untuk melakukan olahraga ini. Oleh sebab itu, tidak disarankan bagi wanita yang sedang haid untuk melakukan lompat tali karena wanita yang sedang haid akan sangat rentan terhadap goncangan maupun benturan.

3. Kram otot

Kram otot juga menjadi pemicu bahaya lompat tali. Jika anda memulai olahraga lompat tali sebagai pemula atau pertama kali maka jangan melakukan olahraga ini dengan memaksakan 100 loncatan setiap harinya. Tentu, hal ini akan menyebabkan kram otot karena otot-otot yang ada dalam tubuh akan mengencang dengan terpaksa sehingga setelah melakukan lompat tali anda akan merasakan kram otot yang berkepanjangan.

4. Keseleo 

Bahaya lompat tali juga dapat menyebabkan anda menjadi keseleo. Hal ini dikarenakan kesalahan saat menumpukan kaki ketika melakukan lompatan yang berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak memaksakan diri untuk melakukan lompat tali secara berlebihan. Keselo akan menjadi penyakit yang serius jika tidak cepat-cepat di obati dan di periksakan, karena anda tidak mengetahui dimana letak persendian ataupun urat yang mengalami cidera.

Loading...

5. Badan pegal

Setelah melakukan lompat tali secara paksa dengan memperoleh lebih dari 100 kali lompatan maka badan akan terasa pegal. Hal ini terjadi karena kondisi tubuh yang dipaksakan untuk melakukan lompatan secara terus-menurus sehingga stamina atau energi yang ada di dalam tubuh akan menurun setelah itu tubuh akan terasa pegal. Oleh karena itu, jika anda melakukan lompat tali tentunya tidak dengan cara memaksakan diri dan tidak berlebihan.

6. Migren atau pusing sebelah

Bahaya lompat tali juga dapat mengakibatkan anda menderita migren atau pusing sebelah. Ketika anda melakukan lompat tali secara berlebihan maka akan terjadi ketegangan otot leher sehingga anda merasakan nyeri berdenyut pada satu sisi kepala, dan rasa nyeri akan sering terasa di belakang mata. Bahkan rasa nyeri akan berpindah pada sisi sebelahnya jika anda tetap memaksakan diri untuk melakukan lompat tali.

7. Merasa muntah 

Bahaya yang anda dapatkan selanjutnya akan merasa mual. Hal ini disebabkan karena lompatan yang berlebihan akan merangsang pusat muntah sehingga rangsangan pada pusat muntah tersebut akan pindah ke diafragma, atau sekat yang terletak di antara dada dan perut serta otot lambung. Kemudian ini akan menyebabkan perut merasa tertekan sehingga anda merasa muntah.

8. Suhu tubuh tidak stabil

Selain anda akan merasa mual, bahaya lompat tali juga akan menyebabkan suhu tubuh menjadi tidak stabil. Kelelahan akibat melakukan lompat tali secara berlebihan akan membuat tubuh menjadi panas sehingga tubuh akan banyak mengakibatkan kehilangan cairan dan elektrolit secara berlebihan. Dengan begitu kesehatan anda akan terganggu serta suhu tubuh akan menjadi tidak stabil.

Baca Juga 25 Cara Ampuh Mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah dan Cepat

Itulah bahaya lompat tali. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui bahaya ketika melakukan lompat tali secara berlebihan. Dengan begitu anda akan berhati-hati untuk melakukan olahraga dan fitness agar sesuai dengan batas kemampuan pada diri anda. Terapkan pola hidup sehat dengan menghindari olahraga yang berlebihan.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top