Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Mabuk Miras untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Bahaya Mabuk Miras untuk Kesehatan

Bahaya mabuk miras untuk kesehatan ada banyak sekali. Jangan sesekali meremehkan bahaya ini. Di Indonesia, peredaran miras memang mendapatkan pengawasan dari pemerintah. Dan sebagai sebuah negara yang kental dengan tradisi agama, miras juga mendapatkan stigma negatif. Sehingga warga Indonesia yang minum miras, biasanya akan dianggap sudah menyalahi moral. Maka dari itu, mabuk miras pun jadinya tabu.

Tentu kamu sudah tahu, miras adalah sebuah singkatan dari minuman keras. Ini adalah jenis minuman mengandung alkohol yang memiliki sifat memabukkan. Kadar alkoholnya bermacam-macam mulai hanya 1-50%. Semakin tinggi kadar alkoholnya, maka sifatnya lebih memabukkan. Hanya dengan minum beberapa teguk saja, sudah mabuk.

Mabuk alkohol itu amat bahaya loh untuk kesehatan.  Karena jika dilakukan dalam jangka waktu lama, efeknya bisa bikin kita sakit. Organ tubuh bakalan rusak. Sistem pencernaan terganggu hingga mengalami pendarahan saluran cerna.  Efek paling fatal adalah dapat menyebabkan kematian karena overdosis alkohol. Sudah banyak kok orang mati karena doyan mabuk-mabukkan.

Kiranya seperti itulah sekilas bahaya mabuk untuk kesehatan. Agar lebih jelas kita memahami, kami sudah menguraikan tentang berbagai bahaya mabuk miras di bawah ini:

1. Mengalami Hematemesis

Hematemesis adalah muntah darah karena ada pendarahan di dalam saluran pencernaan akibat sesuatu yang melukai organ dalam. Biasanya Hematemesis juga disertai dengan Melena, yaitu keluarnya feses warna hitam atau bercampur darah.  Salah satu bahaya mabuk miras adalah bisa memicu hematemesis loh, karena terjadi luka di organ dalam tubuh kita.

2. Gangguan Lambung

Bahaya mabuk miras selanjutnya adalah bisa menyebabkan gangguan lambung. Kerusakan lambung ini terjadi karena lambung terkikis oleh alkohol. Dan juga produksi asam lambung jadi lebih meningkat. Tentunya yang begini amat bahaya sekali untuk kesehatan. Untuk itu, kita mesti

Loading...

3. Memicu Hipertensi

Mabuk miras juga bisa memicu hipertensi. Inilah yang perlu diwaspadai pula bahwa hipertensi ini bisa merenggut nyawa kita kapan saja. Orang yang banyak minum miras tekanan darahnya pastilah tinggi. Tidak mengenal usia, mau muda ataupun tua bisa kena hipertensi  gara-gara minuman keras.

4. Dapat Mengalami Kerusakan Otak

Ya, pada penggunaan jangka menengah hingga panjang, miras ternyata bisa merusak otak. Efek paling fatal adalah kematian. Dan sebelum mati, biasanya seseorang bakal kena stroke dulu. Pastilah ini bahaya sekali buat kesehatan.

5. Melemahnya Otot

Kebanyakan minum miras juga bisa buat otot kita jadi melemah. Kamu tak mau kan masih muda tapi punya otot-otot renta. Seperti orang tua saja. Kalau kita masih muda kan harusnya yang enerjik, tidak lemah.

6. Terkena Serangan Jantung

Minum miras memang jadi aktivitas gaya hidup yang banyak dilakoni remaja. Padahal miras kan bahaya karena dapat menyebabkan serangan jatung. Tapi peringatan ini seringkali diabaikan begitu saja. Hanya demi kesenangan sesaat, ketika “nge-fly”.

7. Pingsan Hingga Mengalami Koma dan Kematian

Bahaya minum miras juga dapat menyebabkan seseorang terkena koma hingga meninggal. Inilah yang sangat mengerikan bila minuman keras terus dikonsumsi padahal tubuh sudah tidak kuat lagi.

8. Memicu Sroke dan Kelumpuhan

Stroke dan kelumpuhan juga bisa menjadi dampak fatal dari minum miras. Maka cegahlah segera dari sekarang. Hindari saja minum miras, supaya kamu jadi sehat.

9. Mengalami Dehidrasi
 

Dehidrasi adalah kekurangan cairan. Biasanya disebabkan karena tubuh mengalami heatstroke, diare, gangguan kencing, gangguan metabolism, maupun karena kehausan dalam jangka waktu lama. Walau namanya minuman keras, tapi ternyata bisa menyebabkan kita dehidrasi loh!

10. Mengidap Skizofrenia

Ya, ini juga amat bahaya. Ternyata minum miras lama-lama kita bisa idap skrizofrenia alias kegilaan. Gangguan skizofrenia ini sangat susah disembuhkan loh! Mengapa bisa sampai mengidap gangguan jiwa ini jelaslah karena pengaruh zat kimiawi dalam miras yang menyebabkan otak rusak.

Baca Juga: 25 Cara Mengatasi Kecanduan Rokok yang Paling Ampuh

5 Bahaya Mabuk Miras yang Lainnya:

11. Penglihatan Kabur
12. Mual dan Muntah-Muntah
13. Halusinasi
14. Meracu Seperti Orang Gila
15. Kecanduan Alkohol

Demikianlah yang terjadi bilamana kita mengonsumsi alkohol terus-menerus. Bahaya mabuk miras ini memang sangat mengerikan. Maka dari itu, janganlah dianggap remeh dan tidak perlu risau memikirkan caranya sembuh. Tinggal praktekkan saja cara-cara di atas, maka kita pun secara perlahan bakalan sembuh dari kecanduan alkohol ini. Silahkan buktikan sendiri bahwa minum miras memang bahaya. Jika kamu sudah sadar bahayanya, maka segera saja akhiri candunya!

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top