Connect with us
close

Virtual.co.id

Bahaya Makan Sate Usus Terlalu Sering

Uncategorized

Bahaya Makan Sate Usus Terlalu Sering

Bahaya makan sate usus terlalu sering. sate usus merupakan salah satu jenis makanan yang rasanya sangat enak dan juga mempunyai banyak penggemar. Sate usus adalah makanan yang terbuat dari usus ayam atau adapula yan mencapurkannya dengan ampela. Sate usus dimasak dengan berbagai macam bumbu kemudian ditusuk-tusuk untuk dijadkan sate. Agar lebih nikmat tusukan sate tadi dibakar di atas arang dengan tambahan kecap.

Tapi siapa sangka dibalik nikmatnya sate usus, ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan kita. Usus ayam banyak mengandung kolestrol, apabila kita terlalu sering mengkonsumsi sate usus dimungkinkan kadar kolestrol anda angka naik, sedangkan usus merupakan saluran pencernaan yang didalamnya terdapat sisa-sisa pencernaan yang berupa pakan yang telah mengalami pembusukan dan bahkan ada tai nya (ekskreta).

Usus ayam merupakan organ pencernaan yang banyak mengandung kolestrol dan protein. Bahan pangan yang memiliki kandungan protein tinggi akan cepat mengalami pembusukan oleh bakteri. Banyak tempat pemotongan ayam yang ada diindonesia untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat. Akibat adanya permintaan usus asam yang tinggi untuk dijadikan sate usus. Ada beberapa tempat pemotongan ayam yang menyimpan usus ayam tadi di dalan cairan formalin agar tidak cepat busuk dan awet. 

Bahaya Makan Sate Usus Terlalu Sering
Loading...
Bahaya Makan Sate Usus Terlalu Sering
Dapat dibayangkan apa yang akan terjadi dengan kesehatan tubuh kita kalau banyak mengkonsumsi sate usus. Berikut ini merupakan bahaya yang ditimbulkan kalau kita terlalu sering makan sate usus ayam:
  1. Kolesterol
    Usus merupakan bagian dari jeroan ayam yang banyak mengandung kolestrol jahat. Orang yang terlalu sering mengkonsumsi sate usus menyebabkan kada kolestrol dalam darah akan naik, terlebih lagi orang yang sudah menderita kolestrol. Kolestrol yang terdapat didalam darah akan menumpuk didinding pembuluh darah dan kemudian akan mengalami penyempitan. Penyempitan pembuluh darah ini akan membuat transpotasi oksigen didalam tubuh kita menjadi terhambat akan akan memicu terjadinya jantung koroner.
  2. Asam urat
    Salah satu kandungan yang terdapat di dalam usus adalah purin. Konsumsi zat purin dari sate usus secara berlebihan akan menyebabkan penyakit asam urat.
  3. Diare
    Tadi sudah dibahas bahwa usus merupakan salauran pencernaan yang didalamnya terdapat kotoran-kotoran ayam. Apabila saat pengolahan sate usus yang kurang hiegenis, masih terdapat kotoran ayamnya maka dapat menyebabkan kita diare. Karena di dalam kotoran ayam banyak bakteri-bakteri e-coli yang merupakan bakteri penyebab diare.
  4. Kanker
    Penggunaan formalin saat penyimpanan usus sangat berbahaya bagi kesehatan. Pemerintah sejak dulu sudah melarang penggunaan formalin dalam bahan makanan. Kaena formalin dapat menimbulkan penyakit kanker bagi seseorang yang mengkonsumsinya.

Semoga artikel tentang bahaya makan sate usus terllu sering ini dapat bermanfaat bagi kita semua, sayangilah kesehatan anda, sehat itu mahal harganya. Terapkan pola hidup sehat.

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. Candra Okmida

    March 16, 2016 at 6:57 am

    Nah… ini makanan yang kadang orang tidak sadar akan bahaya yang mengancamnya ketika mengkonsumsi secara berlebihan…

    • virtual

      May 28, 2016 at 3:25 pm

      iya mas, kita hidup di negara berkembang. jadi ya seperti ini.
      kalau di negara maju, usus termasuk kedalam limbah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top