Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Uncategorized

15 Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Ibu hamil merupakan kondisi seorang ibu yang sedang mengandung bayi dalam kandungannya. Kondisi ini membuat seorang ibu hamil sangat memerlukan perhatian lebih. Terutama dalam menjaga kesehatannya dan janin. Jika Anda termasuk ke dalam salah satu ibu hamil saat ini, tentunya Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan yang terlalu berat. Sama halnya dengan makanan yang akan dikonsumsi.

Ada cukup banyak jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil yaitu makanan pedas. Karena ada beberapa bahaya makanan pedas untuk kesehatan ibu hamil yang dapat berdampak sangat buruk. Kesehatan ibu hamil tidak hanya terganggu, namun juga mempengaruhi kesehatan janin. Memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi akan membuat janin tumbuh menjadi lebih sehat.

15 Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Agar Anda tidak mengalami gangguan kesehatan ketika hamil, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya makanan pedas untuk kesehatan ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

1. Rasa mulas

Banyak orang yang tidak biasa dengan makanan pedas akan mengalami mulas yang berlebihan. Sama halnya jika Anda ibu hamil yang tidak terlalu menyukai makanan pedas. Rasa mulas yang timbul akan mengganggu kesehatan janin.

2. Diare

Bahaya makanan pedas untuk kesehatan ibu hamil yang cukup parah akan menimbulkan diare. Kondisi ini membuat Anda cepat dehidrasi. Padahal janin di tubuh Anda memerlukan cukup banyak air untuk tumbuh kembangnya.

3. Merangsang kontraksi

Rasa kontraksi yang sering timbul akibat mengonsumsi makanan pedas akan membuat ibu hamil kebingungan dengan kondisi tubuhnya. Ia bisa mengira jika kontraksi terjadi, maka saat itulah waktu melahirkan yang tepat.

Loading...

4. Rasa sakit pada lambung

Asam lambung yang meningkat akan membuat Anda merasakan rasa sakit yang cukup mengganggu. Kenaikan asam lambung ini dapat disebabkan oleh konsumsi makanan pedas yang memperngaruhi kesehatan dinding lambung.

5. Memicu penyakit maag

Tidak dipungkiri lagi jika mengonsumsi makanan pedas akan membuat Anda terkena penyakit maag. Penyakit ini merupakan penyakit yang muncul akibat asam lambung yang naik karena mengonsumsi makanan pedas.

6. Perih pada perut

Selain rasa mual, rasa sakit lainnya yang akan Anda rasakan jika mengonsumsi makanan pedas yaitu rasa perih. Rasa perih ini dapat sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas Anda yang sibuk di setiap harinya.

7. Rasa terbakar

Panas yang didapatkan dari makanan pedas juga akan menimbulkan rasa terbakar yang tidak tertahankan. Tidak hanya di lambung Anda saja, namun juga pada kulit di sekitar mulut dan tenggorokan Anda.

8. Mata perih

Perih yang Anda rasakan setelah mengonsumsi makanan pedas tidak hanya terjadi pada perut, namun juga pada bagian mata. Gejala ini tentunya akan mengganggu penglihatan dan juga kesehatan pada mata Anda.

9. Mati rasa pada lidah

Bagian mulut Anda terutama lidah bisa terasa mati saat mengonsumsi makanan pedas. Bagi sebagian orang, kondisi ini bisa diperparah dengan lidah yang juga terasa terbakar dan tidak nyaman lagi ketika mengunyah makanan lainnya.

10. Perut mulas

Rasa mulas di perut Anda setelah mengonsumsi makanan pedas akan membuat sistem pencernaan terganggu. Hal ini bisa mengakibatkan buang air besar Anda juga terganggu dan memicu beberapa jenis penyakit pencernaan lainnya.

Baca Juga: 23 Jenis Makanan untuk Membentuk Otot Tubuh pada Pria

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya makanan pedas untuk kesehatan ibu hamil lainnya. Berikut ini 5 bahaya lainnya:

5 Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan Ibu Hamil Lainnya

11. Sakit pada bagian kerongkongan
12. Kesulitan tidur
13. Memicu penyakit pencernaan
14. Mengganggu kesehatan usus
15. Menimbulkan diare

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya makanan pedas untuk kesehatan ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top