Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

16 Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan Tubuh

Anda akan mendapatkan sejumlah bahaya makanan pedas untuk kesehatan tubuh jika mengonsumsi makanan ini dengan berlebihan. Hampir kebanyakan orang Asia, mulai dari Korea, Jepang, sampai dengan Indonesia menyukai jenis makanan maupun olahan dengan rasa yang pedas. Maka tak heran jika terdapat ratusan atau bahkan ribuan jenis makanan pedas yang bisa Anda temukan. Rasa pedas ini tidak hanya berasal dari cabai saja, namun juga bahan lainnya seperti merica.

Penyuka makanan pedas biasanya akan selalu mengonsumsi makanan pedas, tak terkecuali menggunakan sambel. Hal ini tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Tubuh Anda tidak dapat menerima satu jenis rasa makanan secara terus menerus, apalagi makanan yang pedas. Rasa pedas dan panasnya akan membuat pencernaan Anda terinfeksi sampai dengan munculnya beberapa jenis penyakit lainnya.

16 Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya makanan pedas untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Munculnya penyakit maag

Sudah jelas jika konsumsi makanan pedas dengan berlebihan hanya akan membuat asam lambung di tubuh Anda naik. Akibatnya, Anda akan mengalami penyakit maag atau bahkan jenis maag yang sudah parah atau akut.

2. Infeksi lambung

Dinding lambung Anda bukanlah bagian dari tubuh yang dapat menerima makanan dengan rasa pedas yang dikonsumsi terus menerus. Jika Anda sering mengonsumsi makanan pedas, maka lambung Anda akan terkena infeksi.

3. Sulit tidur

Rasa pedas pada makanan dapat membuat otak dan pikiran Anda menjadi sering terjaga. Hal ini akan membuat Anda sulit untuk beristirahat atau tidur. Itulah mengapa bagi Anda yang membutuhkan banyak istirahat sebaiknya tidak mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak.

Loading...

4. Insomnia

Efek jangka panjang dari kesulitan tidur yaitu Anda akan mengalami penyakit insomnia. Penyakit ini akan membuat Anda hampir setiap hari tidak bisa merasakan tidur yang nyaman. Tubuh Anda pun akan merasakan mudah lelah karena tidak bisa beristirahat.

5. Depresi

Kesulitan tidur karena mengonsumsi makanan pedas juga akan memicu gejala depresi. Depresi adalah penyakit yang menyerang psikis Anda. Jika Anda sudah mengalami depresi, maka fisik Anda pun juga akan terganggu kesehatannya.

6. Menambah nafsu makan

Makanan pedas juga dapat meningkatkan nafsu makan Anda karena rasa pedasnya akan membuat Anda ketagihan untuk mengonsumsinya lagi. Nafsu makan yang naik adalah hal bagus namun tidaklah bagus untuk Anda yang ingin berdiet.

7. Sakit perut

Bagi Anda yang mempunyai pencernaan yang cukup sensitive, mengonsumsi jenis makanan pedas dapat membuat perut Anda terasa sakit. Makanan ini akan membuat perut Anda terasa mulas atau bahkan ingin buang air besar.

8. Diare

Efek lanjutan dari perut yang mulas dan ingin buang air besar yaitu diare. Tidak kecil kemungkinan jika makanan pedas yang Anda konsumsi sudah tercemar dengan bakteri sehingga dapat memicu penyakit diare.

9. Perut yang panas

Pedas adalah rasa pada makanan yang cenderung akan memberikan rasa panas. Rasa panas ini tidak hanya akan menempel di mulut dan kerongkongan Anda, namun juga perut. Perut Anda akan terasa panas dan juga tidak nyaman.

10. Gangguan kesehatan usus

Tidak hanya bagian lambung saja yang akan mengalami gangguan kesehatan, namun juga usus Anda. Makanan pedas yang Anda konsumsi dapat membuat usus Anda iritasi karena rasa panas dari makanan pedas akan menempel pada usus.

Baca Juga: 12 Jenis Makanan Mengandung Gas Tinggi bagi Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya makanan pedas untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 6 bahaya lainnya:

6 Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Sakit kepala
12. Lidah terasa terbakar
13. Kerongkongan panas
14. Perih pada mata
15. Membahayakan janin pada ibu hamil
16. Mengganggu kesehatan ibu menyusui

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya makanan pedas untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top