Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Bahaya Malaria Tropika yang Wajib Anda Ketahui

Uncategorized

12 Bahaya Malaria Tropika yang Wajib Anda Ketahui

Malaria Tropika merupakan salah satu jenis malaria yang disebabkan plasmodium falcifarum, dan merupakan salah satu malaria yang paling parah dan membahayakan serta ganas serangannya . Oleh karena itu, anda harus selalu waspada dan mengetahui bahaya malaria tropika ini agar tidak berakibat fatal.

Jenis malaria ini sebaiknya haram hukumnya untuk diabaikan, karena memang sangat banyak komplikasi-komplikasi yang akan terjadi. Berdasarkan sejarah, malaria jenis inilah yang paling banyak memakan korban pada zaman perang dunia. Malaria ini disebabkan oleh nyamuk anopheles betina yang aktif menyerah di waktu senja. Jadi anda perlu hati-hati dan selalu waspada. Simak beberapa bahaya malaria tropika berikut.

Bahaya Malaria Tropika, Bahaya Nyamuk Malaria Tropika, Dampak Bahaya Malaria Tropika

1. Malaria Serebral

Bahaya malaria tropika yang pertama adalah Malaria Serebral. Malaria Serebral adalah sebuah kondisi dimana manifestasi klinis oleh plasmodium falciparum. Hal ini juga dapat berpengaruh pada mental penderitanya. Akibat dari kondisi ini adalah terjadinya koma yang berasal dari kondisi demam tinggi.

2. Demam

Telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, bahwa salah satu gejala malaria secara umum adalah terjadinya demam. Berbeda dengan malaria lain yang terjadinya demam dalam waktu bisa ditebak yaitu selama 48 jam dan 72 jam, malaria ini justru dapat menyebabkan demam yang tidak biasa karena demam yang terjadi juga tidak dapat ditebak.

3. Kapiler Otak Tersumbat

Semua penyakit atau cedera yang berhubungan dengan otak adalah yang paling berbahaya, karena otak adalah organ paling penting dan vital bagi manusia. Saat otak terserang akibat malaria tropika, maka tidak hanya kemampuan anda dalam berpikir yang terganggu, tetapi sistem saraf juga akan terganggu.

4. Beresiko Hepatomegaly

Malaria tropika juga bisa berakibat Hepatomegaly atau pembesaran pada organ hati, biasanya disebabkan oleh penyakit dalam organ hati itu sendiri atau dari luar organ hati. Bila hal ini dibiarkan, maka fungsi hati bisa mengalami kerusakan dan akan menurunkan kinerja hari, lalu urine akan berwarna kecokelatan karena ketidaknormalan kinerja hati.

Loading...

5. Gagal Ginjal

Malaria Tropika juga dapat menyerang organ ginjal dan sangat berbahaya pada organ vital lainnya. Malaria tropika dikategorikan penyakit yang berbahaya karena berbahaya dan berakibat gagal ginjal pada manusia. Pengobatan yang tepat adalah langkah bijak dilakukan sebelum berakibat pada gagal ginjal yang merupakan penyakit yang lebih berbahaya.

6. Beresiko Hemoglobinuria

Hemoglobinuria disebabkan oleh malaria tropika yang tidak dengan cepat ditangani secara tepat. Hemoglobinuria sendiri adalah peristiwa keluarnya hemoglobin bersama urine. Hb bisa juga dibebaskan ke plasma akibat hemolisis dan berakibat Hemoglobinuria dengan warna urine yang tidak biasa.

7. Beresiko Anemia

Anemia disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan eritrosit atau sel darah merah dan kadar hemoglobin dalam darah. Karena, kekurangan darah merupakan efek utama dari penyakit Malaria. Karena gigitan nyamuk anopheles yang mengganas dalam darah manusia, maka segera lakukan pertolongan yang tepat, sehingga tidak berujung Anemia atau risiko lebih fatal.

8. Splenomegali

Splenomegali tidak boleh diabaikan komplikasi nya. Splenomegali adalah keadaan dimana seseorang mengalami perbesaran pada limpa. Gejala dari Splenomegali adalah perut sakit, merasa kenyang walaupun belum makan, tekanan pada perut dan dada hingga mengalami kesulitan bernapas.

9. Beresiko Hiperbilirubinemia

Hiperbilirubinemia adalah keadaan dimana kadar bilirubin dalam darah meningkat sangat tinggi. Hal ini berakibat pada posisi tubuh yang melengkung, sering muntah, mual, cepat lelah dan mengantuk. Pada dasarnya, kelebihan bilirubin ini tidaklah terlalu berbahaya, namun kadar bilirubin yang sangat tinggi dapat ke otak dan beresiko rusaknya otak.

10. Parasitemia

Malaria jenis tropika adalah malaria yang sulit untuk diatasi, karena cenderung resistan terhadap obat. Parasitemia merupakan kondisi dimana ditemukannya parasit dalam aliran darah manusia. Pada dasarnya, manusia tidak mengandung parasit dalam darahnya. Akan tetapi, dengan mengidap malaria tropika, darah manusia dapat mengandung parasit.

Baca Juga 17 Penyebab Penyakit Batu Ginjal Menyerang Pria dan Wanita

2 Bahaya Malaria Tropika Lainnya:

11. Menyebabkan kematian
12. Kekurangan sel darah merah

Itulah 11 bahaya malaria tropika yang harus benar-benar anda waspadai untuk orang sekitar anda. Lakukanlah perawatan pada lingkungan anda supaya terhindar dari nyak. Hal ini, merupakan tindakan untuk mencegah terjadinya malaria bahkan DBD. Segera mungkin periksakan diri anda apabila anda merasakan beberapa gejala dari malaria khususnya malaria tropika yang termasuk dalam malaria penyakit paling berbahaya.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top