Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Menelan Pasta Gigi untuk Anak-Anak Maupun Dewasa

Uncategorized

15 Bahaya Menelan Pasta Gigi untuk Anak-Anak Maupun Dewasa

Tahukah kamu bahwa menelan pasta gigi untuk anak-anak maupun dewasa dampaknya buruk sekali untuk kesehatan. Seumur hidup pastilah kita pernah mengalami kejadian tertelannya pasta gigi, baik sengaja maupun tidak. Ternyata efeknya memang begitu mengerikan buat kesehatan.

Salah satu dampak yang bakal terjadi adalah rusaknya organ dalam. Ini terjadi karena infeksi dan gangguan pencernaan akibat alergi bahan kimia yang terkandung di dalam pasta gigi. Untuk itu, kita mesti hati-hati dalam penggunaan pasta gigi, jangan sampai malah jadi merusak tubuh karena keteledoran saat menggunakan. Di bawah ini adalah berbagai efek yang bakal terjadi kalau kita menelan pasta gigi:

 

1. Gangguan Sistem Pencernaan

Menelan pasta gigi sungguh bahaya sekali buat kesehatan. Karena akan menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Gangguan ini meliputi banyak keluhan, mulai dari sakit perut, kembung, mual, muntah, hingga diare. Untuk orang dewasa pastilah tidak bakalan sengaja menelan pasti gigi, kecuali kalau yang iseng saja. Namun untuk anak-anak kerap mereka menelan pasta gigi. Kita sebagai orang tua mesti selalu mengawasi, tiap kali anak sedang gosok gigi. Jangan sampai mereka menelan pasta gigi.

2. Mengalami Mual yang Hebat

Mual yang hebat juga akan dirasakan bila kita menelan pasta gigi. Mual ini sebagai aksi alergi terhadap bahan kimia yang terkandung di dalam pasta gigi. Untuk itu, kita mestinya waspada, jangan sampai menelan pasta gigi atau sekadar busa dari pasta gigi. Jika secara tidak sengaja tertelan, maka sebaiknya kita segera kumur-kumur. Lalu minum air putih yang banyak. Bila mual tidak sembuh-sembuh dalam tempo waktu 2 jam, pergi ke dokter untuk periksa nampaknya jadi solusi yang bijaksana.

3. Merasakan Sakit Perut

Sakit perut akan dialami jika kita menelan pasta gigi. Rasa sakit perut ini semakin parah jika saja kita tidak segera minum air putih yang banyak. Beberapa orang bahkan sampai mengalami diare karena reaksi alerginya yang sangat parah. Perhatikan pula reaksi pada anak-anak. Bila sakit perut mereka sudah sangat parah, hingga menangis terus, maka langsung saja bawa ke Unit Gawat Darurat di Rumah Sakit.

4. Muntah-Muntah

Menelan pasta gigi akan membuat kita muntah-muntah. Rasa muntahannya sungguh tidak enak karena bercampur dengan busa pasta gigi. Bilamana kita kebetulan sedang tidak makan, maka yang keluar justru adalah cairan asam lambung yang sangat pahit atau asam rasanya. Muntah-muntah ini tidak akan berhenti tanpa keinginan yang kuat dalam dirimu untuk menerima saja rasa tidak enak dari pasta gigi yang tertelan. Kamu sebaiknya segera minum yang banyak dan makan cemilan sesuatu, biar rasa pasta gigi yang tidak enak itu segera hilang dari rongga pencernaanmu.

Loading...

5. Mengalami Diare

Menelan pasta gigi juga bisa menyebabkan kita mengalami diare. Ketika ini terjadi, maka akan sangat merepotkan. Sebab, diare begitu menyiksa. Apalagi kalau diarenya sangat parah, sudah tentu kita akan merasakan sakit perut dan melilit, serta seringkali pergi ke WC untuk BAB. Ini tentu tidak baik untuk kita yang pekerja sibuk.

6. Rusaknya Usus

Ini yang mengerikan, usus kita mungkin saja bisa rusak permanen.

7. Keracunan Fluoride

Kandungan fluoride yang terdapat pada pasta gigi juga akan membuat kita jadi keracunan. Kebanyakan pasta gigi kan memang mengandung fluoride yang sebenarnya mulai dikecam penggunaannya dalam dunia medis, sebab bahaya buat kesehatan. Bayangkan jika sampai zat fluoride ini tertelan? Tentu akan sangat menyiksa kita.

8. Rawan Terkena Kanker

Gara-gara menelan pasta gigi bisa jadi kita malah kena kanker. Untuk itu, kita mesti waspada terhadap penggunaan pasta gigi. Terutama pasta gigi anak-anak, yang seringkali malah sengaja ditelan oleh anak karena rasanya yang konon enak, berasa buah-buahan.

9. Merusak Organ Dalam

Lama-lama, jika kita sering menelan pasta gigi, maka dampaknya adalah akan merusak organ dalam. Rusaknya organ dalam makin parah seiring berjalannya waktu.

10. Mengalami Infeksi

Infeksi juga akan terjadi. Yang berakibat fatal bagi nyawa. Kebanyakan infeksi usus misalnya berujung pada kematian.

Baca Juga: 15 Bahaya Menjilat Bibir untuk Kecantikan dan Kesehatan

5 Bahaya Menelan Pasta Gigi yang Lainnya:

11. Mengalami Peradangan
12. Sembelit
13. Air Seni Berdarah
14. Melena
15. Hematemesis

Demikianlah berbagai bahaya yang akan terjadi bila sampai menelan pasta gigi anak-anak maupun dewasa. Sungguh banyak sekali efek negatifnya memang. Untuk itu, kita mesti lebih hati-hati dalam penggunaan pasta gigi.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top