Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Mengecat Rambut untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Bahaya Mengecat Rambut untuk Kesehatan

Mengecat rambut atau yang dikenal dengan menyemir rambut memang sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban kontemporer. Di era sekarang, ada berbagai macam produk cat rambut dari yang harganya mahal hujaan, sampai yang hanya ribuan rupiah saja. Tinggal dipilih sesuai kekuatan dompet kita. Tentu saja ada harga ada kualitas. Semir rambut yang harganya mahal sudah tentu hasil pewarnaannya jauh lebih menjamin bagus.

Bahaya Mengecat Rambut

Namun yang namanya mengecat rambut, semua juga kembali pada tekniknya. Kalau teknik pewarnaannya tepat. Dilakukan oleh ahlinya, maka hasilnya pun maksimal. Selain itu, pemilihan warna cat juga amat mempengaruhi hasil akhir. Jangan sampai kita salah memilih warna semir. Karena ini dampaknya fatal. Bisa membuat kita bolak-balik harus di-bleaching supaya warnanya bisa berubah.

Memang untuk mendapatkan warna rambut bagus mencolok merata, rambut kita mesti di bleaching dulu. Ini adalah teknik mengikis pigmen alami rambut dan menimpanya dengan pigmen baru dari cat yang warnanya jauh lebih muda dan terang. Hasil dari bleaching menimbulkan rambut kita berwarna coklat keemasan. Semakin banyak dibleaching, warna kehitaman rambut benar-benar akan hilang. Ketika saat inilah, kita bisa mengecat dengan warna apapun sesuai selera.

Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata mengecat rambut itu ada dampak buruknya. Apa sajakah bahaya mengecat rambut untuk kesehatan? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

1. Hilangnya Pigmen Asli Rambut

Bahaya mengecat rambut yang pertama adalah hilangnya pigmen asli rambut. Tahukah kamu ketika rambut kita kehilangan pigmen aslinya, maka rambut kita benar-benar akan tumbuh jelek untuk selanjutnya. Ini mengerikan sekali, bagaimana pigmen asli kok bisa hilang karena terlalu sering tertimpa cat rambut.

2. Rambut Menjadi Kusut

Kerusakan tahap awal akibat mengecat rambut adalah akan menjadi kusut rambut kita ini. Dulunya halus jadinya kaku. Susah ditata. Buat apa punya rambut warna-warni kalau ternyata kusut? Apa nanti tidak bakal dikira sapu ijuk? Ya pastilah akan sangat mirip sapu ijuk yang warna-warni itu.

Loading...

3. Membuat Rambut Jadi Kering

Efek mengecat rambut adalah bisa membuat rambut jadi kering. Maksudnya kering di sini adalah getas. Seperti tak bernyawa. Seperti rambut yang habis dijemur di gurun pasir. Gampang patah dan tak ada vitaminnya sama sekali. Warnanya banyak yang putih pula seperti uban. Kalau sudah begini, pantas saja orang yang menyemir rambut jadi ketagihan. Karena rambutnya kadung ubanan sejak dini.

4. Munculnya Rambut Bercabang

Kemunculan rambut bercabang kerap sangat menyebalkan bagi orang. Tapi ini sungguh bisa terjadi. Karena cat rambut itu keras. Sanggup memecah kepadatan rambut pada bagian ujung. Pantaslah  rambut orang yang disemir pada akhirnya jadi bercabang. Mengerikan sekali.

5. Rambut Mudah Ubanan

Rambut juga jadi mudah ubanan loh. Mentang-mentang disemir uban itu akan tersembunyi. Tapi kalau sudah habis catnya, luntur. Kelihatan lah itu uban banyak sekali hampir memenuhi semua rambut. Kalau orang tua yang ubanan tidak masalah, tapi kalau anak muda. Wah, nanti dikira orang gila banyak pikiran yang stress terus.

6. Kerontokan Rambut

Bahaya menyemir rambut juga akan menyebabkan kerontokan rambut. Ini tentu saja cukup mengerikan sekali. Bagaimana bisa rambut kita yang masih muda ini rontok sampai botak parah. Apa tidak malu? Tentu saja malu, nanti lama-lama bisa pakai wig alias rambut palsu. Parah sekali.

7. Kebotakan Rambut

Botak itu jelek banget. Apalagi kalau cewek. Malunya minta ampun. Bagaimana bisa orang kok jadi botak? Ya bisa karena bahaya mengecat rambut itu. Kandungan amoniak dalam cat rambut itu sifatnya merusak, mengikis dan membakar akar rambut serta seluruh bagian rambut. Jadilah akhirnya botak.

8. Rambut Mudah Patah-Patah

Bagaimana tidak patah-patah. Kalau habis disemir itu memang cantik. Nanti selang 2 bulan kemudian mulai patah-patah karena bahaya menyemir rambut memang membuat rambut jadi rapuh.

9. Lama-Lama Rambut Susah Diatur, Berantakan Terus

Susah loh mengatur rambut yang sudah kadung break-out, rusak parah karena semir alias cat.

10. Terserang Kanker

Nah, ini yang paling bahaya. Kanker otak dan kulit, serta kanker lainnya bisa menyerang akibat bahaya mengecat rambut.

Baca Juga: 15 Bahaya Operasi Plastik untuk Kesehatan

5 Bahaya Mengecat Rambut yang Lainnya:

11. Sakit Kepala
12. Pusing atau Pening
13. Bola Mata Berkunang-Kunang
14. Mudah Berketombe
15. Hilangnya Kepercayaan Diri

Seperti itulah berbagai bahayanya kalau kita memaksakan diri buat selalu mengecat rambut. Sudahlah, diterima saja apa adanya. Orang rambutnya memang warna hitam, mau bagaimana lagi! Sekali pernah disemir bakal ketagihan! Ini bahaya. Anda bisa membaca artikel gaya hidup sehat lainnya

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top