Connect with us

Virtual.co.id

9 Bahaya Minum Air Garam bagi Kesehatan Tubuh

Uncategorized

9 Bahaya Minum Air Garam bagi Kesehatan Tubuh

Tidak banyak yang tahu bahwa bahaya minum air garam ternyata juga bisa berakibat fatal untuk kesehatan manusia. Meskipun garam memiliki kandungan yang sangat berguna untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, namun jika dikonsumsi dengan takaran yang tidak pas justru akan mengakibatkan pada potensi penyakit – penyakit berbahaya. 
Garam sejak dahulu dipercaya memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk mencegah terjadinya penyakit gondok dan produk kecantikan. Namun jika Anda mencoba untuk meracik air garam dengan takaran yang salah akan menyebabkan malapetaka bagi kesehatan Anda seperti darah tinggi, stroke, gagal ginjal dan masih banyak lagi. Untuk anda yang ingin mengetahui bahaya minum air garam, berikut ini merupakan bahaya yang di timbulkan oleh air garam.
Bahaya Minum Air Garam, Dampak Bahaya Minum Air Garam, Dampak Buruk Minum Air Garam, Bahaya Minum Air Garam untuk Kesehatan
Loading...

1. Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Bahaya minum air garam yang pertama yaitu seseorang dapat terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya volume pembuluh darah yang dibarengi dengan meningkatnya kinerja jantung untuk memompa darah. Maka terjadilah dorongan keras dimulai dari jantung hingga sepanjang pembuluh darah dan hipertensi tidak bisa terhindarkan lagi.

2. Sakit Jantung

Minum air garam yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan tubuh terutama yang berkaitan dengan kardiovaskular atau kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan jantung dipaksa bekerja lebih keras untuk memompa darah keseluruh tubuh. kandungan garam berelebih yang masuk kedalam tubuh akan memicu cairan dalam darah untuk mengangkut senyawa garam tanpa hambatan.
Cairan yang ditambahkan untuk mengangkut senyawa garam ini akan membuat jantung bekerja lebih keras. Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk menimbulkan permasalahan kesehatan. Tidak terkecuali berkurangnya kinerja jantung. 

3. Serangan Stroke

Penyakit stroke sangat erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi. Ketika tekanan darah sangat tinggi bisa berpotensi pembuluh darah pecah pada bagian kepala maka akan terjadi stroke. Risiko lebih besar yang mungkin di alami oleh seseorang yang minum air garam secara berlebihan akan menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian. 

4. Gangguan ginjal

Tidak hanya membuat jantung bekerja lebih keras, akibat aliran darah semakin keras akan menyebabkan organ lain seperti ginjal pun dipaksa untuk bekerja lebih keras dalam menyaring darah. Bahkan jika kristal garam yang di peroleh dari air garam ini akan mengendap di dalam ginjal dan berubah menjadi batu ginjal yang akan merusak kinerja organ ginjal sehingga tidak dapat bekerja secara optimal.

5. Osteoporosis

Kepadatan tulang sangat bergantung dengan kandungan mineral seperti kalsium di dalam tubuh. Namun jika kita mengonsumsi garam dimana kaya akan sodium secara berlebihan akan memicu ginjal untuk mengeluarkan urin lebih sering. Hal ini berakibat negatif pada pengurangan jumlah kalsium yang ikut terbuang bersama urin. Osteoporosis pun tidak dapat dihindarkan karena kadar kalsium dalam tubuh berkurang.

6. Kanker pencernaan

Kanker pencernaan juga bisa disebabkan oleh makanan atau minuman yang mengandung kandungan garam sangat tinggi. Menurut penelitian yang dilakukan banyak dokter di dunia, garam yang berlebihan justru akan meningkatkan potensi tumbuhnya bibit kanker terutama pada organ pencernaan.

7. Bengkak atau Odema

Gejala lain yang biasanya ditimbulkan akibat mengonsumsi air garam terlalu berlebihan adalah mulai munculnya bengkak di sekujur tubuh. bengkak yang tidak normal ini disebabkan oleh menumpuknya cairan yang tak seimbang pada tubuh. anggota tubuh yang rawan mengalami pembengkakan akibat berlebihnya garam ini biasanya terjadi pada daerah kaki. 
.
Cairan tubuh yang menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh ini merupakan reaksi sistem imun tubuh untuk mengimbangi cairan yang hilang akibat air garam yang dikonsumsi.

8. Dehidrasi

Kandungan garam yang dapat mengikat air dalam tubuh juga dapat menyebabkan cairan tubuh tidak seimbang. Jika berada dalam kondisi ini, tubuh memerlukan air putih untuk menetralisir tidak seimbangnya cairan. Jika air yang dikonsumsi lebih sedikit dari garam maka akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

9. Kerontokan rambut

Kandungan garam yang tinggi ternyata tidak hanya menyerang organ vital, namun juga dapat menimbulkan masalah pada rambut. Asupan garam yang tidak terkontrol dapat menyebabkan rambut beruban lebih awal dan mengalami kerontokan.
Itulah kesembilan informasi tentang bahaya minum air garam dalam jumlah yang berlebihan. Meskipun garam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan agar tidak menimbulkan kerugian bagi kesehatan. Jadi janganlah lupa untuk mengkonsumsi minuman sehat juga agar tubuh anda tetap sehat dan kuat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: