Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Dampak Bahaya Minum Air Panas untuk Kesehatan

Uncategorized

8 Dampak Bahaya Minum Air Panas untuk Kesehatan

Biasanya seseorang yang kehilangan cairan tubuh akan dapat dipulihkan dengan cara minum air putih. Namun suhu air yang boleh dikonsumsi yaitu dengan suhu kamar, jika tidak akan menimbulkan bahaya minum air panas apabila air yang dikonsumsi terlalu panas.

Manusia merupakan makhluk hidup yang terdiri dari sebagian besar air. Oleh sebab itu, kebutuhan air harus selalu di penuhi setiap saatnya, untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dalam jumlah besar saat melakukan aktivitas sehari – hari. apabila kehilangan cairan yang tidak diimbangi dengan masuknya cairan yang cukup akan menyebabkan tubuh menjadi kekeringan. Berikut ini merupakan beberapa bahaya minum air panas bagi kesehatan.

Bahaya Minum Air Panas, Dampak Negatif Minum Air Panas, Bahaya Minum Air Panas untuk Kesehatan

1. Menyebabkan rasa perih dan panas pada bibir dan mulut

Bahaya minum air panas yang pertama yaitu dapat menyebabkan bagian mulut dan bibir akan merasa panas dan perih. Bagian bibir dan mulut memang memiliki kulit yang sangat sensitif terhadap suhu ekstrem seperti terlalu panas atau terlalu dingin. Apabila suhu air yang dikonsumsi terlalu panas, akan menyebabkan mulut dan bibir panas dan pecah pecah sehingga akan merasa nyeri.

2. Membuat lidah melepuh

Bahaya selain menyebabkan bibir dan mulut perih, juga akan berakibat pada melepuhnya lidah. Lidah yang melepuh ini juga akan menimbulkan perih yang sangat menyakitkan. Apabila keadaan ini terjadi secara berulang, maka akan menyebabkan kehilangan kepekaan terhadap fungsi pengecapnya secara permanen.

3. Mati rasa

Air panas yang dikonsumsi dalam beberapa saat juga akan menyebabkan kita tidak dapat merasakan apapun karena lidah yang terkena air panas akan melepuh. Namun setelah beberapa saat fungsi indra pengecap pada lidah akan menjadi normal kembali. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apabila hal ini sering terjadi, maka lidah akan kehilangan fungsi pengecapnya secara permanen.

4. Merusak lapisan email gigi

Bahaya minum air panas lainnya yaitu dapat menyebabkan kerusakan pada email gigi. Padahal email gigi dapat berfungsi sebagai pelindung gigi dari kuman, gigi berlubang, dan bakteri sehingga akan menyebabkan abrasi pada gigi. Selanjutnya akibat yang ditimbulkan oleh terkikisnya lapisan email gigi akan menyebabkan gigi sensitif. Gigi sensitif merupakan kondisi dimana gigi akan merasa ngilu saat mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin ataupun terlalu panas.

Loading...

5. Membuat tenggorokan perih dan panas

Tidak hanya merugikan pada bagian gigi dan mulut, minum air panas juga dapat berdampak pada tenggorokan yang akan merasa perih dan panas. Hal tersebut dapat menjadi pemicu timbulnya radang pada tenggorokan. Namun kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya dalam sesaat.

6. Membuat perut kembung

Kembung dan begah dapat dirasakan saat kamu minum air panas. Hal ini disebabkan oleh suhu yang terlalu tinggi dari air yang masuk ke dalam lambung akan menyebabkan gangguan pada bagian lambung. Efek yang ditimbulkan yaitu akan menaikkan asam lambung dan gas dalam perut sehingga perut akan mengalami kembung dan begah. Kondisi ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari – hari.

7. Lambung terasa panas

Lambung tidak hanya akan menimbulkan efek kembung dan begah saat minum air panas. Lambung juga akan merasakan panas yang berlebihan dan membuat perasaan yang tidak nyaman. Hal ini yang menyebabkan seseorang menjadi sakit perut sehingga menyebabkan nafsu makan seseorang.

8. Memicu luka bakar pada saluran pencernaan

Gangguan lain yang dapat disebabkan karena minum air panas akan menyebabkan luka bakar ringan pada bagian saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan saluran pencernaan memiliki bagian yang sangat sensitif sehingga rentan untuk mengalami iritasi atau luka bakar. Beberapa penelitian juga dapat memperbesar risiko terkena kanker esofagus.

Baca Juga 12 Dampak Bahaya Es Teh Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Itulah informasi tentang 8 bahaya minum air panas untuk kesehatan. Sebaiknya hindari minum air panas yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Mulai beralihlah mengonsumsi air putih dengan suhu kamar yang lebih menyehatkan agar dapat mencegah akibat minum air panas yang dapat ditimbulkan. Apabila kamu merasa kedinginan cukuplah dengan minuman air hangat yang dapat menghangatkan tubuh yang dingin.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top