Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Dampak Bahaya Minum Arak Untuk Kesehatan

Uncategorized

14 Dampak Bahaya Minum Arak Untuk Kesehatan

Arak merupakan jenis minuman yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Timur yang kemudian meluas hingga ke berbagai negara di dunia tidak terkecuali benua Afrika. Arak atau Khamar dihasilkan dari proses fermentasi nira mayang kelapa, biji-bijian, dan buah-buahan yang mengalami proses penyulingan berulang kali dan diambil sarinya saja. Bahaya minum arak tentu dapat saja muncul karena kadar alkohol didalamnya terbilang cukup tinggi.
Buah – buahan yang bisasnya digunakan untuk membuat arak yaitu kelapa, anggur, pihang, dan masih banyak lagi. Arak mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi dan dapat memabukkan jika dikonsumsi secara berlebihan. Pada artikel ini akan dibahas tentang beberapa bahaya minum arak bagi kesehatan tubuh.
Bahaya Minum Arak, Efek Samping Minum Arak, Dampak Bahaya Minum Arak, Dampak Buruk Minum Arak, Bahaya Minum Arak untuk Kesehatan
Loading...

1. Gangguan Mental

Bahaya minum arak yang berlebihan dan dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan kelainan syaraf otak yang dapat menyebabkan seseorang menjadi gampang lupa, berpikir lambat, dan mudah tersinggung karena tidak dapat mengendalikan emosi. Kondisi ini merupakan akibat dari alkohol yang masuk kedalam tubuh dapat merusak jaringan sel – sel syaraf pusat secara bertahap. 

2. Kekebalan tubuh berkurang

Mengonsumsi arak secara berlebihan dan sering akan berdampak pada menurunnya kekebalan tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan mudahnya bakteri atau virus penyakit yang berasal dari orang lain ataupun udara dan radikal bebas. Untuk mencegah menurunnya daya tahan tubuh harus di imbangi dengan asupan gizi 4 sehat 5 sempurna dan menghindari minuman – minuman yang mengandung alkohol.

3. Ketagihan

Seringnya mengonsumsi arak dapat menyebabkan kepanikan, kegelisahan, dan mudah cemas hingga menimbulkan pikiran yang tidak realistis. Efek buruk lainnya yang disebabkan oleh minuman ini yaitu tubuh akan merasa gemetar dan merasa menggigil. Jika kamu mengalami gejala – gejala awal tersebut jika berhenti meminumnya, hal ini menandakan bahwa kamu telah ketagihan dengan arak.

4. Gula darah menurun

Bahaya kadar gula darah tidak hanya terjadi saat memiliki kadar yang tinggi. Namun jika kamu kekurangan kadar gulah darah dalam tubuh akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan malas untuk beraktivitas.

5. Gagal jantung

Seseorang yang memiliki kondisi jantung lemah jangan sekali – kali mencoba untuk minum arak dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini akan menyebabkan penyumbatan arteri menuju jantung, penyempitan pembuluh darah sehingga aliran oksigen akan berhenti. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab penyakit gagal jantung.

6. Hipertensi

Alkohol yang berlebihan sebagaimana yang dikandung dalam arak akan menciderai dinding syaraf dan menyumbat aluran darah di seluruh tubuh termasuk pada bagian kepala sehingga tekanan darah menjadi tidak stabil.

7. Kanker.

Kebiasaan buruk mengonsumsi arak secara sering akan beresiko seseorang terserang penyakit kanker yang sangat mengerikan. Sel kanker ini akan menyerang beberapa bagian seperti hati, usus besar, rongga mulut, laring, payudara, dan sebagainya. 

8. Sering mengalami sakit kepala

Kelebihan dalam mengonsumsi arak dapat pula menyebabkan seseorang menjadi sering sakit kepala dan merasa nyeri pada bagian belakang leher. Selain itu arak juga dapat menyebabkan penyakit kepala yang sulit sekali untuk disembuhkan seperti vertigo yang berulang. Kondisi ini tidak dapat dihindarkan jika tidak berhenti mengonsumsi arak dan beralih ke makanan sehat.

9. Radang Pankreas

Dinding pankreas yang sangat sensitif bisa saja mengalami iritasi jika kamu minum alkohol tanpa takaran yang pas atau berlebihan. Apabila pankreas telah luka, maka secara bertahap akan menghambat kinerja pankreas dari waktu ke waktu. Selain itu seseorang juga berpotensi mengalami kerusakan hormon dan sistem endokrin pada bagian pencernaan

10. Kejang kejang

Bahaya minum arak setiap hari dalam keadaan perut yang kosong akan menyebabkan kejang kejang seperti epilepsi. Hal ini disebabkan oleh alkohol yang sangat tinggi dapat menciderai semua syaraf dan pembuluh darah

4 Bahaya Minum Arak Lainnya untuk Kesehatan:

11. Asam Urat Meningkat
12. Keguguran
13. Impotensi
14. Stroke
Itulah 14 informasi tentang bahaya minum arak secara berlebihan. Oleh sebab itu perlu adanya pertimbangan secara matang sebelum mencoba minum arak. Bahaya yang ditimbulkan lebih banyak dari pada manfaat yang di dapat menyebabkan banyak ahli kesehatan menyarankan untuk menghindari minuman ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top