Connect with us
close

Virtual.co.id

21 Bahaya Minum Jamu untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

21 Bahaya Minum Jamu untuk Kesehatan Tubuh

Sejak jaman dahulu jamu sangat terkenal sebagai obat yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang susah disembuhkan dengan ilmu kedokteran bisa disembuhkan dengan jamu tradisional. Tenarnya jamu tradisional hingga saat ini membuat banyak oknum yang tidak bertanggung jawab mencampur jamu dengan bahan kimia sehingga menyebabkan banyak bahaya minum jamu.
Bahaya minum jamu ini bisa berdampak bagi siapa saja yang sembarangan memilih jamu untuk meningkatkan kesehatan. Memilih jamu yang salah justru akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja bahaya minum jamu untuk kesehatan, berikut inilah bahayanya.
Loading...

1. Gagal Ginjal Akut

Jamu yang di campurkan bahan kimia seperti Fenibutason dalam dosis yang berlebihan akan memiliki risiko menjadi racun yang dapat merusak ginjal secara perlahan – lahan dan akhirnya menjadi gagal ginjal.

2. Kerusakan Hati

Salah satu zat kimia yang sering ditambahkan pada jamu tradisional adalah Metampiron yang akan melambatkan fungsi hati jika dikonsumsi secara berlebihan. Bahaya minum jamu yang mengandung zat tersebut yaitu zat kimia yang berbahaya ini akan berakumulasi dengan cairan tubuh termasuk jaringan hati dan kemudian akan memicu kerusakan hati.

3. Sembelit

Zat kimia berbahaya yang sering di tambahkan pada resep jamu tradisional juga dapat mengikat dan menyerap cairan tubuh serta air di saluran kandung kemih sehingga feses menjadi padat dan kering. Hal ini akan menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk buang air besar atau sering disebut dengan penyakit sembelit.

4. Pelebaran Pembuluh Darah Wajah

Zat kimia yang dicampurkan dengan bahan alami biasanya akan menimbulkan reaksi penolakan di dalam darah. Akibatnya pembuluh di sekitar wajah akan melebar. Ciri – ciri pembuluh darah melebar yaitu wajah akan mengalami pembengkakan dan tampak besar.

5. Gangguan Janin

Ibu hamil yang sering mengonsumsi jamu tanpa anjuran dokter juga bisa menyebakan efek negatif pada kesehatan janin. Terutama apabila jamu yang di konsumsi mengandung zat kimia seperti sildenafil sitrat, asam metanamat, dan sibutramine. Hal ini dapat menyebabkan kesehatan janin terganggu dan menyebabkan sensasi terbakar pada bayi dan tak jarang pula menyebabkan bayi lahir secara prematur.

6. Gangguan Frekuensi Denyut Jantung

Jantung sangat rentan teriritasi atau meradang jika bahan kimia masuk kedalam pembuluh arteri. Paracetamol yang biasa ditambahkan pada jamu tradisional juga berbahaya yaitu dapat melukai jaringan jantung dan menyebabkan gangguan frekuensi denyut jantung jika di konsumsi dengan dosis yang berlebihan.

7. Osteoporosis

Saat ini banyak juga produsen jamu ilegal yang memasang kode BPOM palsu dan mengatakan bahwa jamu di produksi dari bahan alami. Padahal banyak produsen curang yang mencampurkan bahan kimia seperti prenison yang dapat menyebabkan pengkroposan tulang atau dalam dunia medis disebut osteoporosis.

8. Sakit Kepala

Zat sildenafil sitrat dengan dosis tinggi akan mengiritasi syaraf serta menghambat aliran darah yang menuju kepala sehingga seseorang akan mengalami nyeri pada kepala. Jamu yang mengandung zat kimia ini harus dihindari dan mulai membuat racikan jamu sendiri yang bebas dari zat kimia berbahaya.

9. Infeksi Lambung

Jamu herbal dari bahan alami memang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Namun jamu yang telah di campur dengan bahan kimia berbahaya justru akan menimbulkan masalah di kemudian hari jika dikonsumsi secara terus menerus. Asam metanamat dan fenibutason dapat memicu peningkatan asam lambung secara signifikan sehingga bisa menyebabkan seseorang menderita diare dan infeksi pada dinding lambung.

10. Kerontokan Rambut

Seseorang yang mempunya alergi terhadap zat kimia tertentu seperti sibutramine dan prednison akan menyebabkan gangguan pada minyak alami yang terdapat pada kulit kepala sehingga akan lebih mudah mengalami kerontokan rambut.

11 Bahaya Minum Jamu Lainnya untuk Kesehatan:

11. Kematian
12. Ejakulasi Dini dan Gangguan testis
13. Iritasi pada usus
14. Meningkatkan tekanan Darah
15. Pertumbuhan Bulu menjadi Lebih Aktif
16. Kehilangan Nafsu Makan
17. Gangguan Penglihatan
18. Gangguan Pendengaran
19. Rinitis (Radang Hidung)
20. Pengurangan Daya Ingat
21. Kram Perut, Nyeri dada dan Mual
Diatas itulah bahaya minum jamu bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya mengkonsumsi minuman jamu memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehat, tetapi ada juga dampak dan bahaya yang perlu anda ketahui.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top