Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Dampak Bahaya Minum Kopi Pada Saat Haid

Uncategorized

9 Dampak Bahaya Minum Kopi Pada Saat Haid

Kopi merupakan minuman favorit bagi semua kalangan, baik tua maupun muda. Kopi yang sangat cocok sebagai teman nongkrong bersama kerabat ini tidak hanya diminum oleh pria, namun juga banyak digemari wanita. Namun Anda tahu bahwa kopi sebenarnya memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan wanita terutama saat mengalami haid. Bahaya minum kopi pada saat haid memang tidak banyak menyadari.

Banyaknya bahaya kopi pada wanita yang sedang haid, kopi merupakan minuman terlarang dan sangat dianjurkan untuk dihindari. Dalam artikel ini akan dibahas tentang beberapa bahaya minum kopi saat sedang haid atau menstruasi.

Bahaya Minum Kopi Pada Saat Haid, Dampak Negatif Minum Kopi Pada Saat Haid, Dampak Bahaya Minum Kopi Pada Saat Haid

1. Risiko kanker payudara

Salah satu bahaya minum kopi pada saat haid yaitu wanita akan berpotensi mengalami penyakit kanker payudara. Hal ini tidak lain disebabkan oleh kandungan kafein yang tinggi pada kopi yang akan mengakibatkan kadar estrogen meningkat jumlahnya di dalam tubuh wanita. Gejala awal yang biasa terjadi adalah badan merasa tidak nyaman dan emosi yang tidak stabil. Selain kopi, minuman lain seperti soda dan makanan berpengawet juga dapat menyebabkan risiko yang sama.

2. Risiko kanker endometrium

Minum kopi dalam jumlah yang berlebihan juga akan menyebabkan risiko kanker endometrium selama masa haid. Hal ini juga disebabkan oleh kadar kafein yang tinggi akan menyebabkan peningkatan kadar estrogen dalam tubuh. akibatnya dinding rahim akan mengalami penebalan. Selanjutnya sel telur yang terpecah karena tidak dibuahi dan sudah menempel pada rahim tidak bisa luruh seluruhnya. Sel ini akan terus menempel dan menjadi sel kanker dalam waktu dekat.

3. Gejala PMS yang buruk

Wanita yang masuk kedalam periode haid biasanya akan mengalami pra menstruasi sindrom atau biasa disingkat PMS. Kondisi ini menyebabkan wanita menjadi tidak nyaman karena akan mudah sakit kepala, kecepatan denyut jantung bertambah, kram , sakit perut, dan masih banyak lagi. Dengan mengonsumsi kopi, akan menyebabkan PMS semakin buruk sehingga wanita akan semakin tidak dapat mengendalikan emosi  dan sangat mudah marah.

4. Tekanan darah tinggi

Ketika wanita terlalu sering mengonsumsi kopi saat datangnya haid juga akan menyebabkan risiko tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein yang dapat mengganggu siklus peredaran darah pada pembuluh darah. Kopi juga akan menyebabkan kekebalan tubuh berkurang dan proses detoksifikasi atau penghancuran sel racun menjadi terhambat. Apabila proses detoksifikasi terganggu maka banyak penyakit mudah menyerang seseorang tidak terkecuali tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Loading...

5. Gangguan denyut jantung

Seorang wanita yang mengonsumsi kopi dalam porsi yang berlebihan akan berpotensi mengalami gangguan denyut jantung. Hal ini juga disebabkan oleh kafein yang dapat meningkatkan hormor korisitol, epinefrin, dan norepinefrin. Hormon tersebut merupakan hormon yang dapat mengendalikan stress dan meningkatkan denyut jantung.

6. Kram perut

Rasa sakit pada perut bagian bawah sangat wajar dialami oleh seorang wanita yang sedang datang bulan. Namun apabila wanita sering mengonsumsi kopi, akan membuat rasa sakit perut ini bertambah parah hingga mengakibatkan otot perut menegang. Kondisi ini biasa disebut dengan kram perut.

7. Risiko sindrom fibrokistik payudara

Wanita yang sedang mengalami datang bulan atau haid biasanya memiliki bentuk payudara kenyal dan padat. Hal ini disebabkan oleh adanya benjolan pada payudara yang berisi cairan. Namun efek dari kafein yang dikonsumsi wanita saat haid akan meningkatkan benjolan ini sehingga payudara akan merasakan nyeri yang sangat menyakitkan.

8. Menstruasi sangat pendek

Wanita yang minum kopi dengan sembarangan akan menyebabkan siklus haid menjadi pendek. Kondisi ini akan mempengaruhi pembuluh darah dan mengganggu jalannya darah di dalam tubuh. Efek jangka panjangnya, seorang wanita akan mengurangi kesuburan.

9. Gangguan pencernaan

Tidak hanya bagian rahim, minum kopi juga akan berimbas buruk terhadap organ pencernaan seperti usus dan lambung. Kopi dalam jumlah banyak akan memicu timbulnya penyakit maag dan mual.

Baca Juga 5 Dampak Bahaya Minum Es saat Sedang Haid

Itulah informasi tentang bahaya minum kopi saat haid. Kopi sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh wanita saat sedang mengalami datang bulan karena akan banyak sekali bahaya kesehatan bahkan dampak yang sangat fatal. Jadi pada saat anda haid sebaiknya konsumsilah minuman yang sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top