Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Dampak Bahaya Minum Teh Setelah Makan yang Harus dihindari

Uncategorized

7 Dampak Bahaya Minum Teh Setelah Makan yang Harus dihindari

Banyak dari kita yang gemar minum teh karena rasanya yang nikmat dan begitu menyegarkan. Saat ini sudah sangat banyak variasi dari teh sehingga memiliki cita rasa yang berbeda beda. Minum teh tidak hanya diminum saat keadaan haus juga, namun sudah menjadi kebiasaan diminum setelah makan. Padahal dapat menyebabkan bahaya minum teh setelah makan yang dapat ditimbulkan oleh kebiasaan ini.
Minum teh memang sudah terkenal sebagai minuman yang bermanfaat karena mengandung antioksidan yang tinggi. Terlepas dari itu bahaya yang di timbulkan minum teh setelah makan telah dibuktikan oleh banyak penelitian.
Bahaya Minum Teh Setelah Makan, Dampak Buruk Minum Teh Setelah Makan, Bahaya Minum Teh Setelah Makan bagi Kesehatan
Loading...

1. Terhambatnya penyerapan zat besi

Perlu berhati – hati untuk memilih teh sebagai minuman penutup setelah makan, pasalnya bahaya minum  teh setelah makan bisa saja terjadi. Banyak orang yang beranggapan bahwa teh merupakan pendamping makanan besar yang pas karena minuman ini sangat cocok dengan segala jenis makanan. Namun meminum teh setelah makan justru akan menghambat penyerapan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Salah satu nutrisi yang akan sulit terserap tubuh adalah zat besi.

2. Pemicu Anemia

Kekurangan zat besi sering dikaitkan dengan penyebab penyakit anemia. Anemia adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah dan sangat berisiko jika sampai diderita oleh ibu yang sedang hamil. Ibu hamil yang menderita anemia tidak hanya sang ibu akan merasa lelah dan sering sakit kepala, tapi juga akan berdampak buruk bagi bayi sehingga kesehatan bayi dalam janin juga ikut terganggu.

3. Penyebab bayi lahir cacat

Orang tua pasti menginginkan kelahiran anak yang normal tanpa cacat sedikitpun. Bagi ibu hamil, meminum teh setelah makan dan menjadi kebiasaan setiap hari akan memberikan dampak buruk saat proses melahirkan. Bayi dalam janin sangat berpotensi untuk mengalami kecacatan. Oleh sebab itu, ibu yang sedang hamil wajib memerhatikan asupan makanan dan minuman yang akan dikonsumsinya. Lebih baik minum air putih yang jauh lebih menyehatkan daripada teh.
Sangat banyak sekali kasus kelainan atau cacat yang bisa dialami oleh bayi, namun cacat dari akibat yang ditimbulkan oleh minum teh setelah makan yang terlalu sering dapat memberikan neural tube defects atau lahir cacat di bagian otak dan tulang belakang. Hal ini juga sangat erat kaitannya dengan sulitnya penyerapan zat besi di dalam tubuh.

4. Turunnya Biovailabilitas Katekin

Minum teh yang dilakukan setelah makan memang sangat menyegarkan dan sangat pas baik di konsumsi secara hangat atau dingin, manis atau tawar. Namun banyak peneliti yang membuktikan dengan minum teh setelah makan akan mengurangi senyawa biovalilabilitas katekin pada tubuh kita. Senyawa ini merupakan senyawa yang terdapat dalam minuman teh dan memiliki fungsi penting untuk masalah fisiologis.

5. Depresi pasca melahirkan

Risiko minum teh setelah makan yang dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama akan dirasakan ibu yang baru melahirkan. Kekurangan zat besi pada tubuh dan penyakit anemia akan merambat pada seluruh tubuh ha ini disebut dengan postpartum depression. Inilah yang disebut dengan depresi pasca melahirkan. Oleh sebab itu agar kesehatan bayi dan janin tetap sehat ibu sangat dianjurkan untuk minum air putih daripada minum teh.

6. Dehidrasi

Rasa segar yang diakibatkan oleh es teh manis hanya bersifat sementara. Tidak meminum air putih hanya akan meningkatkan rasa haus dan hilangnya cairan dalam tubuh. Dehidrasi atau kekurangan cairan disebabkan oleh sifat diuretik yang dapat ditemukan dalam daun teh yang sudah kering.

7. Pusing dan Mual

Anemia yang dimungkin di derita oleh seseorang akan menyerang berbagai bagian tubuh, tidak terkecuali kepala. Orang yang sering meminum teh setelah makan akan menyebabkan anemia yang akan berdampak pada seseorang tersebut mudah merasa pusing dan mual atau muntah.
Diatas itulah bahaya minum teh setelah makan yang harus di hindari. Oleh sebab itu untuk selalu membatasi mengonsumsi teh yaitu tidak lebih dari 5 gelas setiap harinya. Dan yang terpenting yaitu tidak boleh mengonsumsinya setelah makan. Jadi sebaiknya anda konsumsilah minuman yang sehat setelah makan seperti air putih.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top