Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Bahaya Minum Tuak untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

12 Bahaya Minum Tuak untuk Kesehatan Tubuh

Pada dasarnya tuak sangat bermanfaat bagi tubuh dan menghangatkan tubuh pada cuaca yang dingin. Selain itu tuak dapat menyegarkan tubuh yang kelelahan dan kekurangan cairan tubuh akibat melakukan aktivitas setiap hari. Bahaya minum tuak seringkali muncul jika tuak diminum pada saat yang tidak tepat dan dikonsumsi secara berlebihan.
Tuak merupakan minuman khas Indonesia yang memiliki rasa manis. Manis pada tuak diperoleh dari proses fermentasi getah nira kelapa atau getah mayang enau. Biasanya proses pembuatan tuak akan mengandung alkohol sebesar 4 persen dan apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan seseorang mabuk. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa bahaya minum tuak untuk kesehatan yang akan ditimbulkan jika berlebihan mengonsumsi tuak.
Bahaya Minum Tuak, Efek Samping Minum Tuak, Dampak Buruk Minum Tuak, Bahaya Minum Tuak untuk Kesehatan
Loading...

1. Memicu munculnya maag

Bahaya minum tuak secara berlebihan dapat menyebabkan menderita penyakit maag. Seseorang yang kecanduan dengan minuman tuak akan mengurangi nafsu makan. Hal ini disebabkan oleh efek mengenyangkan pada perut sehingga seseorang sulit untuk merasa lapar. Kebiasaan minum tuak dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan asam lambung dan memicu timbulnya penyakit maag.

2. Gangguan Hati

Meminum tuak secara berlebihan dapat terjadi penimbunan lemak di sekitar liver. Hal ini dapat terjadi karena tuak memiliki sifat yang panas dan tajam sehingga mampu merusak sel – sel hati dan pada akhirnya fungsi hati akan menurun untuk menyaring racun pada tubuh. Kondisi seperti ini akan merusak hati jika terus dibiarkan dalam jangka waktu yang lama.

3. Gangguan Fungsi Otak

Selain maag dan gangguan hati, mengonsumsi tuak secara berlebihan dan secara terus menerus akan menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada jaringan otak lalu serta akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan koordinasi didalam otak. Efek dari terganggunya fungsi otak yaitu akan menurunkan daya ingat seseorang.

4. Perubahan perilaku

Saraf saraf otak akan mengalami penegangan dan menghambat aliran darah menuju otak apabila terlalu sering minum tuak. Perubahan saraf otak ini akan membuat seseorang menjadi mudah marah dan tidak mampu untuk mengendalikan emosi. Tidak heran seseorang pecandu tuak akan sering melakukan pertikaian atau perkelahian dengan sesama.

5. Luka pada lambung (peptic ulcer)

Tidak hanya menyebabkan maag, tuak yang dikonsumsi dengan takaran yang berlebihan akan menyebabkan dinding dan dasar lambung akan teriritasi serta peradangan. Oleh sebab itu jika kamu pernah memiliki riwayat masalah pada lambung sangat tidak dianjurkan untuk megonsumsi tuak.

6. Bobot tubuh terus menurun

Minum tuak akan menyebabkan seseorang tidak selera makan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, kue, roti, dan lain sebagainya. Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang lama akan menyebabkan berat badan akan terus menyusut.

7. Permasalahan jantung

Bahaya yang ditimbulkan oleh tuak ini memang sangat banyak tidak terkecuali pada kesehatan jantung. Air tuak dapat membuat aliran darah menegang dan mengkerut sehingga menghambat kelancaran pembuluh darah arteri. Inilah yang menyebabkan jantung akan kehilangan kemampuannya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

8. Keracunan

Seringnya mengonsumsi tuak akan berakibat terhadap penolakan tubuh terhadap zat zat yang terkandung dalam tuak. Tubuh akan merespon zat yang masuk kedalam tubuh dengan kondisi yang tidak nyaman. Rasa tidak nyaman ini merupakan bentuk gejala awal dari keracunan misalnya muntah, mual, dan pusing.

9. Keguguran

Sifat panas pada tuak akan berbahaya untuk kesehatan dan sangat tidak di sarankan diminum oleh ibu yang sedang hamil muda. Sebab dengan minum tuak akan menyebabkan efek terbakar pada janin yang baru saja dibentuk. Air tuak ini kemudian akan menggagalkan pembentukan tubuh janin dan akibatnya anak menjadi cacat atau bahkan mengalami keguguran.

10. Berhalusinasi

Minuman ini memang mengandung kadar alkohol yang rendah, namun jika dikonsumsi dengan jumlah yang banyak akan menyebabkan seseorang mabuk dan mengalami halusinasi. Seseorang yang sering berhalusinasi akan mudah emosi.

2 Bahaya Minum Tuak Lainnya untuk Kesehatan:

11. Kehilangan Kesadaran
12. Depresi dan stress
Itulah 12 informasi tentang bahaya minum tuak secara berlebihan. Minuman tuak ini memiliki banyak sekali manfaat dan kerugian yang diakibatkan. Oleh sebab itu, tuak hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa sebab ia dapat bertanggung jawab terhadap kesehatan dengan apa yang dikonsumsinya. Tetapi perlu anda ketahui sebaiknya anda mengkonsumsi minuman yang sehat agar tubuh anda bugar.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top