Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Dampak Bahaya Mengkonsumsi Minuman Cepat Saji Bagi Kesehatan

Uncategorized

14 Dampak Bahaya Mengkonsumsi Minuman Cepat Saji Bagi Kesehatan

Minuman cepat saji merupakan jenis minuman ringan yang mudah di temui di warung atau restoran. Praktis dalam penyajiannya dan siap dinikmati dalam beberapa menit menjadi kelebihan dari minuman ini sehingga sangat digemari oleh berbagai kalangan orang di dunia. Bahaya minuman cepat saji merupakan akibat dari kebiasaan dalam mengonsumsi minuman ini secara berlebihan.
Minuman cepat saji memang memiliki aroma dan rasa yang beraneka ragam serta mampu membuat pikiran menjadi tenang. Selain itu minuman cepat saji juga bisa menyembuhkan kepenatan tubuh akibat melakukan aktivitas sehari – hari. Namun disisi lain selalu ada bahaya dari makanan atau minuman cepat saji yang dikonsumsi. Berikut ini merupakan beberapa dampak bahaya minuman cepat saji untuk kesehatan.
Bahaya Minuman Cepat Saji, Dampak Bahaya Minuman Cepat Saji, Bahaya Minuman Cepat Saji untuk Kesehatan
Loading...

1. Penyakit jantung

Bahaya minuman cepat saji lebih dominan disebabkan oleh kandungan gula dan soda didalamnya. Minuman cepat saji dapat memperlambat darah yang mengalir menuju jantung sehingga tugas utama jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh menjadi terhambat. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan seseorang yang seseorang yang sering mengonsumsinya bisa terserang gagal jantung secara mendadak.

2. Sariawan

Bahaya lain yang mungkin terjadi yaitu munculnya luka atau iritasi disekitar dinding gusi dan lidah yang disebut dengan penyakit sariawan. Hal ini disebabkan oleh zat yang terkandung dalam minuman cepat saji yang dapat mengiritasi mukosa rongga mulut sehingga dengan mudah terjadi iritasi dan peradangan dalam mulut. Meskipun sariawan bukan merupakan penyakit yang berbahaya, namun penderitanya akan sangat terganggu. 

3. Kerusakan tulang dan gigi

Kandungan gula yang sangat tinggi dapat menyebabkan kepadatan tulang berkurang bagi orang dewasa dan menghambat pertumbuhan gigi bagi anak anak. Selain dapat melekat pada email gigi, glukosa juga dapat mengendap pada persendian lalu menghancurkan kalsium yang terdapat pada tulang, sehingga seseorang akan mudah mengalami kerapuhan tulang atau osteoporosis.

4. Sakit perut dan kembung

Kandungan zat kimia berbahaya lain seperti bahan pengawet, gula buatan, dan pewarna dapat menekan saraf dan aliran darah di jaringan perut sehingga seseorang yang mengonsumsi minuman cepat saji akan merasa sakit perut dan kembung, terlebih lagi jika minumannya terkontaminasi oleh radikal bebas.

5. Radang tenggorokan

Minuman cepat saji seperti kopi , susu,, minuman bersoda, serta minuman dengan cita rasa buah lainnya memang bersifat menyegarkan dan sangat nikmat diteguk terutama saat siang hari. Namun dibalik kenikmatannya, zat zat yang dikandungnya dapat menyebabkan peradangan pada tenggorokan dan batuk.

6. Kanker prostat

Pada minuman cepat saji seperti kopi yang mengandung kafein sangat tinggi akan menyebabkan kerusakan sel sel tubuh menjadi sel abnormal dan dapat memicu munculnya kanker prostat pada pria. Kafein yang dicampur dengan gula dan pengawet buatan mampu berakumulasi dengan sel tubuh dan bersifat karsiogenik atau zat penyebab kanker.

7. Dehidrasi

Minuman cepat saji memang sering dimanfaatkan untuk menghilangkan haus dan dehidrasi akibat beraktivitas sehari – hari maupun karena terik matahari. Namun jika terlalu sering mengonsumsinya justru akan mengikat cairan di dalam tubuh sehingga tubuh akan merasa cepat kekurangan cairan. Kondisi ini biasa disebut dengan dehidrasi.

8. Mudah Lelah

Minuman cepat saji biasanya juga mengandung zat yang dapat meningkatkan stamina tubuh, hal ini membuat beberapa organ vital seperti ginjal, hati, dan usus bekerja secara terus menerus agar mudah dikeluarkan melalui urin dan keringat agar tidak menjadi racun di dalam tubuh. Akibat dari proses ini tubuh menjadi mudah lelah dan mengantuk.

9. Tekanan darah tinggi

Sodium dan pewarna buatan dalam minuman cepat saji dapat menyumbat pembuluh arteri jaringan otak dan kepala. Akibatnya jika melakukan aktivitas yang terlalu berat akan menimbulkan tekanan darah tinggi dan berpotensi stroke jika dibiarkan.

10. Obesitas

Lemak tak jenuh dan kandungan gula yang sangat tinggi yang biasanya di tambahkan dalam minuman cepat saji akan menimbulkan masalah pada berat badan. Tubuh seseorang yang gemar meminum minuman cepat saji akan mudah membesar karena zat kimia yang ada pada minuman tersebut.

4 Bahaya Minuman Cepat Saji Lainnya untuk Kesehatan :

1. Kerusakan Ginjal
2. Meningkatnya asam lambung
3. Diabetes
4. Mudah Stress
Diatas itulah dampak bahaya yang akan anda rasakan jika terlalu sering mengkonsumsi minuman cepat saji. Mulai saat ini silahkan anda jaga pola minum dengan cara mengkonsumsi minuman sehat yang bisa membuat tubuh anda tetap sehat dan bugar.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top