Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Dampak Bahaya Minuman Kemasan untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

16 Dampak Bahaya Minuman Kemasan untuk Kesehatan Tubuh

Rasa nikmat dan praktis yang di merupakan kelebihan minuman kemasan sehingga banyak di gemari oleh masyarakat hingga saat ini. Namun dibalik kelebihan itu banyak sekali bahaya minuman kemasan yang ditimbulkan baik untuk kesehatan tubuh maupun lingkungan. Berikut ini merupakan bahaya bahaya yang ditimbulkan oleh minuman kemasan.
Bahaya yang di timbulkan oleh minuman kemasan tidak lain karena kadar gula yang dikandungnya. Padahal anak berusia 1-3 tahun hanya boleh mengonsumsi 80 kalori gula per hari. Sementara anak usia 4-6 tahun hanya boleh mengonsumsi paling banyak 128 kalori gula perhari. Berikut ini merupakan bahaya minuman kemasan bagi kesehatan tubuh.
Bahaya Minuman Kemasan, Dampak Bahaya Minuman Kemasan, Bahaya Minuman Kemasan untuk Kesehatan
Loading...

1. Mengganggu diet

Selain kandungan gula yang sangat tinggi, minuman kemasan selalu hadir dengan kalori yang sangat tinggi sehingga dapat mengacaukan program diet yang sedang kamu jalankan. Sedikit saja kamu mencicipi minuman kemasan, maka kalori akan bertambah secara signifikan. Oleh sebab itu untuk menjaga program diet yang sedang kamu jalankan, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman kemasan.

2. Obesitas

Tak dapat dihindari, salah satu bahaya minuman kemasan yang dapat dirasakan yaitu bertambahnya berat badan dengan cepat. Hal ini berkaitan erat dengan rasa manis dari pemanis buatan yang selalu disuguhkan oleh minuman kemasan untuk menggugah selera rasa para penikmatnya. Selain kelebihan berat badan atau obesitas, berlebihan mengonsumsi pemanis buatan juga menyebabkan banyak penyakit berbahaya lainnya.

3. Dehidrasi

Dehidrasi dapat ditimbulkan oleh minuman kemasan terutama yang mengandung kafein tinggi. Saat meminumnya, bukan akan menghilangkan haus, namun akan semakin merasakan kekeringan pada tubuh. Hal ini dikarenakan sifat kafein yang dapat memicu diuretik yang erat kaitannya dengan dehidrasi. Diuretik merupakan suatu keadaan dimana Anda akan mengalami rangsangan untuk mengeluarkan urin dan keringat dalam jumlah besar. 

4. Diabetes

Kadar gula yang sangat tinggi pada minuman kemasan telah menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap orang yang mengonsumsi. Pasalnya gula minuman kemasan bukan di peroleh dari gula asli, melainkan gula buatan yang sangat berbahaya dan memberikan risiko diabetes lebih tinggi. 

5. Risiko kanker

Berbagai jenis zat buatan yang ditambahkan dalam minuman kemasan baik pemanis, pewarna, pengawer dan sebagainya sangatlah berdampak negatif bagi kesehatan tubuh seorang yang gemar mengonsumsi minuman kemasan. Hal utama yang perlu diperhatikan yaitu dapat menjadi zat karsiogenik atau zat yang dapat memicu penyakit kanker bagi organ pencernaan, kerongkongan, dan hati.

6. Tekanan Darah tinggi

Minuman kemasan berkafein juga membantu meningkatkan hormon adrenalisn sehingga membuat kita bersemangat untuk beraktivitas. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama berakibat buruk terhadap kesehatan sistem kardiovaskular utamanya dalam kestabilan tekanan darah. Kandungan kafein yang tinggi tentu akan memicu tekanan darah tinggi bagi penikmatnya.

7. Gangguan liver

Hati sangat berperan penting dalam menyaring racun yang ada dalam tubuh manusia. Jika kamu sering mengonsumsi minuman kemasan, tentu kamu akan membebani kerja hati. Dalam jangka panjang akan menyebabkan beragam penyakit serius bahkan dapat memicu berkembangnya sel abnormal atau zat karsiogenik yang dapat menyebabkan kanker.

8. Kerusakan gigi

Rasa manis yang berlebihan dari pemanis buatan dan zat kimia pada bahan utama minuman kemasan akan menimbulkan kerusakan ringan pada daerah mulut. Misalnya warna gigi yang semakin kusam serta gigi keropos lantaran efek yang di timbulkan oleh zat kimia. 

9. Gangguan Ginjal

Ginjal merupakan organ penting yang berperan sebagai penyaring darah yang mengalir dalam tubuh. Jika mengonsumsi minuman kemasan secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama ginjal akan terus menerus dipaksa bekerja untuk membuang zat limbah akibat minuman kemasan. Dalam jangka waktu lama, kinerja ginjal akan semakin melemah dan mengganggu proses penyaringan darah pada tubuh manusia serta akan menimbulkan banyak penyakit berbahaya.


10. Radang Saluran Nafas

Terlalu sering mengonsumsi minuman kemasan juga akan berdampak tidak baik bagi saluran pencernaan tak terkecuali pada daerah sekitar area nafas. Hal ini dikarenakan zat tambahan seperti pemanis, pewarna dan pengawet buatan yang sengaja di tambahkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Radang yang terjadi pada saluran pernapasan akan menyebabkan gatal pada tenggorokan hingga memicu timbulnya batuk parah.

6 Bahaya Minuman Kemasan Lainnya untuk Kesehatan:

1. Osteoporosis atau pengeroposan tulang dan pelemahan tulang
2. Sakit Jantung
3. Sakit kepala
4. Leukimia gangguan reporoduksi
5. Mual
6. Menyebabkan Kemandulan
Diatas itulah dampak bahaya mengkonsumsi minuman kemasa bagi kesehatan anda. Mulai sekarang konsumsilah minuman yang sehat dan hindari minuman berbahaya seperti minuman kemasan yang tidak sehat bagi tubuh.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top