Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Bahaya Minyak Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

20 Bahaya Minyak Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Sebaiknya Anda tidak menggunakan minyak goreng terlalu banyak karena ada bahaya minyak goreng untuk kesehatan tubuh yang perlu diwaspadai. Minyak goreng merupakan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan memasak dalam rangka mengolah makanan. Bahan pembuatan minyak goreng berbeda tergantung dari jenisnya. Beberapa jenis minyak goreng yang sering digunakan yaitu minyak kelapa, zaitun, minyak hewan, dan minyak sayur.

Hampir semua olahan makanan membutuhkan minyak goreng dalam prosesnya. Kebanyakan jenis minyak goreng yang kita gunakan adalah minyak goreng dari kelapa sawit. Penggunaan minyak goreng tidak disarankan terlalu banyak, apalagi dalam aktivitas memasak. Jika Anda terlalu sering menggunakan minyak goreng dan mengonsumsi makanan yang digoreng, maka tubuh Anda akan mudah terkena gangguan penyakit.

20 Bahaya Minyak Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya minyak goreng untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Penyumbatan pembuluh darah

Kandungan lemak jenuh yang banyak dalam minyak goreng merupakan sumber utama dari munculnya banyak penyakit, salah satunya adalah penyumbatan pembuluh darah. Aliran darah Anda pun menjadi tidak lancar.

2. Penyakit jantung

Penyakit yang dapat menjangkiti tubuh Anda jika mengonsumsi minyak goreng terlalu banyak yaitu penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh banyaknya lemak jenuh yang masuk ke tubuh Anda dan merusak jantung.

3. Stroke

Lemak jenuh juga dapat menyebabkan stroke jika mengendap di dalam tubuh terlalu banyak. Persendian dan tulang akan terasa ngilu dan sakit. Itulah mengapa Anda disarankan untuk menggunakan minyak goreng secukupnya.

Loading...

4. Hipertensi

Efek buruk yang ditimbulkan oleh lemak jenuh dalam minyak goreng yaitu penyakit hipertensi. Lemak jenuh akan membuat tekanan darah Anda menjadi lebih tinggi sehingga gejala hipertensi akan menyerang dengan mudah.

5. Aliran darah tidak lancar

Konsumsi makanan dengan kandungan minyak yang banyak akan membuat aliran darah Anda menjadi tidak lancar. Lemak jenuh dalam minyak goreng akan mengganggu kelancaran aliran darah dengan membuat pembuluh darah Anda tersumbat.

6. Berkurangnya lemak baik

Lemak jenuh merupakan jenis lemak jahat yang terkandung dalam minyak goreng. Jika jenis lemak ini masuk ke tubuh Anda terus-menerus, maka lemak baik akan berkurang dan memicu lebih banyak gejala penyakit di dalam tubuh.

7. Obesitas

Penyebab munculnya obesitas tidak hanya berasal dari jenis makanan yang Anda konsumsi, namun juga bagaiamana makanan tersebut dibuat. Penggunaan minyak goreng dengan lemak jenuhnya akan membuat Anda terjangkit obesitas.

8. Radang tenggorokan

Minyak goreng dalam makanan bukan merupakan senyawa yang dapat dicerna oleh pencernaan Anda dengan mudah. Kandungan lemak jenuh dalam minyak ini akan membuat tenggorokan Anda mengalami radang.

9. Gangguan pernapasan

Konsumsi minyak goreng yang terdapat dalam beberapa jenis makanan juga dapat mengganggu kesehatan pernapasan Anda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh gejala obesitas atau kegemukan yang menekan organ pernapasan Anda.

10. Gangguan kesehatan lambung

Lambung Anda juga akan mengalami beberapa gejala gangguan kesehatan jika Anda sering mengonsumsi makanan yang diolah dengan minyak goreng setiap harinya. Mulai dari penurunan fungsi lambung sampai dengan iritasi lambung.

Baca Juga: 15 Bahaya Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya minyak goreng untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 10 bahaya lainnya:

10 Bahaya Minyak Goreng untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Iritasi usus
12. Diabetes
13. Rematik
14. Batuk
15. Tenggorokan gatal
16. Gejala asma
17. Sakit perut
18. Kolesterol yang tinggi
19. Mudah lelah karena efek kolesterol yang tinggi
20. Mudah mengantuk

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya minyak goreng untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top