Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Bahaya Narkoba untuk Fisik dan Psikologis

Uncategorized

25 Bahaya Narkoba untuk Fisik dan Psikologis

Tiada habisnya membahas persoalan narkoba. Ini sudah menjadi gaya hidup yang melekat pada remaja. Maka dari itu, narkoba sebaiknya memang dihindari, karena sangat bahaya sekali buat kesehatan. Orang yang sudah terlanjur kecanduan narkoba, maka dirinya haruslah menjalani program rehabilitasi.

Meskipun ini gratis oleh pemerintah negara, namun tetap saja membawa beban tersendiri. Karena rehabilitasi sesungguhnya adalah prosedur medis dan psikis untuk secara perlahan mengubah gaya hidup seorang pecandu narkoba. Agar dia sembuh, maka dikurangi dosis narkobanya.
Beberapa kisah tentang bagaimana kehidupan panti rehabilitasi pengidap narkoba, ini sangat menyeramkan. Karena tak sedikit para pecandu yang sudah ada dip anti rehab, biasanya mereka telah menderita sakaw.

Tahukah kamu apa itu sakaw? Sakaw adalah respon psikologis dan fisik seorang pecandu narkoba. Di mana karena kecanduannya yang sudah sangat parah, maka organ tubuhnya menjadi ketergantungan terhadap narkoba. Ketika ia lepas dari narkoba, yang ada tubuhnya malah jadi melemah dan kejang-kejang. Seringkali orang yang sakaw malah melukai diri mereka, menyilet tangan dan kaki mereka agar keluar darah. Lalu darahnya bakal dihisap. Karena darah pecandu narkoba pun telah terkontaminasi obat-obatan terlarang itu.

Di bawah ini akan kami jelaskan tentang bagaimana sebenarnya bahaya narkoba untuk kesehatan tubuh manusia. Narkoba memang benar-benar bahaya, tidak main. Maka kita harus mewaspadai hal-hal berikut:

1. Mengalami Kecanduan

Bahaya narkoba tentu saja menyebabkan kecanduan. Kalau sudah kena candu, bakal susah sembuhnya. Makanya sebelum kecanduan, maka hindarilah narkoba. Jangan keterusan terjerumus dalam konsumsi barang haram ini. Baik hukum agama maupun hukum positif negara menolak narkoba karena memang bahaya sekali buat kesehatan.

2. Menurunkan Tingkat Konsentrasi

Bahaya Narkoba juga akan menurunkan tingkat konsentrasi. Orang yang terbiasa konsumsi narkoba punya konsentrasi yang selalu buyar. Ia susah sekali fokus pada satu hal. Bahkan untuk hal sepele seperti jalan kaki saja seringkali sempoyongan.

Loading...

3. Membuat Jadi Anti Sosial

Bahaya narkoba bisa menyebabkan seseorang jadi kena anti sosial. Tentu kamu tahu kan apa itu anti sosial. Ini adalah sebuah gangguan psikis, di mana seseorang enggan melakukan interaksi sosial. Hidupnya terisolasi. Tentu saja yang begini bahaya sekali.

4. Menyebabkan Kebangkrutan

Narkoba itu mahal. Meski ukurannya milligram harganya sudah pasti jutaan rupiah. Ini menyebabkan para pecandu narkoba jadi mengalami kebangkrutan. Dia benar-benar jadi bangkrut dan susah buat bangkit lagi.

5. Pemicu Bullying

Para pengidap narkoba akan mendapatkan bullying dari keluarga maupun masyarakat. Hinaan, hujatan, celaan selalu terlontar. Banyak pecandu memang cuek terhadap tanggapan lingkungan tentang dirinya, namun tetap saja yang namanya dibully itu tidak enak karena bikin sakit hati.

6. Penyebab Gangguan Psikologis

Bahaya narkoba tentu saja menyebabkan seseorang terkena gangguan psikologis. Orang yang mengidap narkoba, dirinya akan mengalami berbagai macam gangguan psikis. Yang mana pada mulanya adalah emosi yang tidak stabil, murah marah, dan mengurung diri, kecuali hanya pada temannya yang sesama terjerumus ke dalam narkoba.

7. Mengalami Halusinasi

Bahaya narkoba ternyata bisa membuat kita jadi berhalusinasi. Ini karena semua jenis narkoba memang dapat mempengaruhi sistem sayaraf pusat sehingga alam bawah sadar menjadi kacau. Halusinasi inilah yang kerap dianggap sebagai moment menyenangkan dari aktivitas konsumsi narkoba.

8. Keracunan

Bahaya narkoba pada dasarnya adalah racun. Kalau kita memakannya tentu saja kita sama saja memasukkan racun ke dalam tubuh. Alhasil, tubuh kita pun keracunan. Lama-lama bisa menyebabkan kematian loh kalau dibiarkan saja.

9. Overdosis

Banyak sekali pemakai narkoba yang mengalami overdosis hingga meninggal. Mengapa bisa sampai overdosis ya? Tentu ini dikaitkan dengan gaya hidupnya yang tidak pernah puas mencoba narkoba. Ingin terus mencoba memakainya, padahal tubuh sudah tidak kuat lagi.

10. Mengalami Sakaw

Ya, kalau kita kecanduan narkobanya sudah sangat parah. Maka lama-lama bisa sakaw. Inilah bahaya narkoba yang klimaks. Titik ketegangan antara hidup dan mati. Banyak orang tidak sanggup melewati masa sakaw, pada akhirnya harus menghembuskan napas terakhirnya. Alias mati.

Baca Juga: 15 Cara Cepat Mengatasi Kecanduan Miras

15 Bahaya Narkoba yang Lainnya:

11. Menjadi Bodoh
12. Susah Berpikir
13. Kesehatan Menurun
14. Kerusakan Saluran Pencernaan
15. Serangan Jantung
16. Diabetes
17. Sakit Paru-Paru
18. Lambung Bocor
19. Gangguan Penglihatan
20. Kematian
21. Skizofrenia
22. Depresi
23. Anti Sosial
24. Mood Swing
25. Kejang Otot

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top