Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Nonton TV Terlalu Dekat dan Lama untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Bahaya Nonton TV Terlalu Dekat dan Lama untuk Kesehatan

Bagi banyak orang, menonton televisi itu sangat menyenangkan. Karena bisa menghibur. Tapi kebiasaan nonton TV terlalu dekat dan lama ternyata sangat buruk untuk kesehatan. Maksudnya, ketika kita nonton TV dengan jarak yang dekat dan dalam waktu yang lama, inilah yang bahaya buat kesehatan. Mengapa demikian? Karena TV sebenarnya adalah benda elektronik yang memancarkan radiasi energi. Yang mana energi ini bisa mempengaruhi listrik dalam tubuh manusia. Organ tubuh seperti mata bisa mengalami gangguan.

Nonton TV terlalu dekat dan lama bisa menyebabkan kita kena gangguan kesehatan yang parah. Untuk itu sebaiknya kita perlu mengatur jarak aman untuk menonton TV dan berapa lama sebaiknya kita nontonnya. Jarak aman nonton TV adalah 2 meter. Sedangkan waktu terlama adalah 1 jam saja. Jika lebih dari itu, maka tinggal tunggu tanggal kehancurannya saja. Mulai dari bola mata mengalami minus dan lainnya.

Bahaya menonton TV untuk kesehatan itu banyak sekali. Kami akan menguraikannya nanti di bawah. Seperti disebutkan di atas, kerusakan mata seperti mata minus ternyata sangat buruk sekali bila dibiarkan saja. Karena mata minus akan semakin minus semakin lama. Jadi kalau bola mata kita sudah kadung rusak karena nonton TV terlalu dekat dan lama, dan sudah ketahuan berapa minusnya, maka sebaiknya kita pakai saja kacamata. Konon kacamata bisa menjaga stabilitas minus kita, sehingga tidak naik dan juga tidak turun.

Berikut di bawah ini adalah bahaya menonton TV terlalu dekat dan lama yang mesti kita waspadai:

1. Kerusakan Mata Menjadi Miopi

Nonton TV terlalu dekat dan lama menyebabkan kita jadi  kena rabun jauh atau yang dikenal dengan nama miopi. Ingat bahwa miopi sangat bahaya sekali buat kehidupan manusia karena sangatlah menganggu kegiatan sehari-hari. Orang yang kena miopi harus pakai kacamata dan ingatlah bahwa ternyata kacamata itu tidak enak sekali dipakai lama-lama karena berat. Dan orang yang sudah pakai kacamata akan semakin ketergantungan kacamata.

2. Rentan Mengalami Tumor

Tumor mata atau tumor otak bisa terjadi bila kita sering menonton TV terlalu dekat. Ini terjadi sebagai efek dari radiasi yang terlalu lama dari layar TV. Maka dari itu, aturlah jarak menonton TV, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh. Supaya kamu terhindar dari aneka macam tumor yang sangat mengerikan.

Loading...

3. Terserang Kanker

Tumor yang ganas biasanya disebut sebagai kanker. Ini mengerikan karena bisa mengancam nyawa. Maka dari itu, kita mesti hati-hati. Jangan sampai kena kanker karena kebiasaan buruk nonton TV terlalu dekat dan lama. Maka segera ubah gaya hidup ini ya!

4. Sakit Kepala

Nonton TV terlalu dekat dan lama juga menyebabkan kita sakit kepala. Kamu tak mau kan kena sakit kepala yang susah disembuhkan walau sudah minum obat? Maka satu-satunya cara untuk sembuh dari sakit kepala macam ini adalah mengubah gaya hidup buruk saat nonton TV. Perubahan dari sekarang akan sangat membantu mengobati sakit kepala.

5. Migrain

Kebiasaan buruk nonton TV terlalu dekat dan lama ternyata bisa menyebabkan kita kena migrain. Kamu tak mau kan kena migrain? Tentunya kamu tak mau. Siapa pula orang yang rela kena sakit kepala sebelah hanya karena kebiasaan buruknya nonton TV. Maka dari itu, kalau nonton TV jangan terlalu dekat dan lama.

6. Vertigo

Vertigo adalah sakit kepala yang disertai dengan sensasi berputar-putar pening. Penyakit ini terjadi karena gangguan keseimbangan di tubuh manusia. Gangguan telinga bisa memicu Vertigo loh!

7. Membuat Wajah Jadi Cepat Menua

Ternyata kalau kita nonton TV terlalu dekat dan lama bisa membuat wajah jadi cepat menua. Maka dari itu, segera saja ubah gaya hidup ini. Janganlah kamu nonton TV dalam jarak dekat dan tempo waktu lama. Ini kalau dibiarkan bisa bahaya buat kesehatan.

8. Mual dan Muntah

Nonton TV terlalu dekat dan lama akan membuatmu mual dan muntah,

9. Kehilangan Keseimbangan

Kamu juga akan kehilangan keseimbangan pada akhirnya sehingga mudah jatuh tersandung.

10. Pingsan

Bahkan jika dibiarkan kamu akan mudah pingsan.

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Seseorang Tidur Membuka Mulut (Mangap)

5 Bahaya Nonton TV yang Lainnya:

11. Membuat Otak Bodoh
12. Menyebabkan Kecanduan
13. Sulit Fokus Pada Hal Lain
14. Konsentrasi Melemah
15. Rentan Mengalami Depresi

Seperti itulah yang akan terjadi bila kita kelamaan nonton TV dengan jarak terlalu dekat. Bahaya sekali, kan? Maka dari itu, buang segera gaya hidup burukini. Semata-mata demi kesehatan tubuhmu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top