Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Obat Penenang untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

15 Bahaya Obat Penenang untuk Kesehatan Tubuh

Orang yang mengalami depresi belum mengetahui banyak tentang bahaya obat penenang yang mereka konsumsi. Obat penenang merupakan jenis obat yang akan membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi rileks dan santai. Jenis obat yang satu ini biasanya diberikan pada seseorang yang mengalami banyak kecemasan, gelisah, dan sering memikirkan banyak hal dalam jangka waktu yang cukup lama. Efek obat ini akan menurunkan semua gejala penyakit tersebut.

Penggunaan obat penenang hampir sama dengan obat tidur, harus sesuai resep dan sesuai dengan dosisnya. Namun banyak orang yang akhirnya mengonsumsi obat penenang melebihi batas. Efek obat ini justru akan berbalik menyebabkan banyak gangguan kesehatan di tubuh. Anda tidak akan merasakan ketenangan pikiran dan jiwa, tapi mengalami banyak gejala gangguan medis yang akan menyerang fisik dan juga pikiran.

15 Bahaya Obat Penenang untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya obat penenang untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Pusing

Bahaya dari obat penenang yang pertama yaitu dapat membuat Anda merasa pusing. Obat ini memang baik digunakan untuk menenangkan pikiran, namun jika over dosisi maka syaraf di kepala Anda justru akan terganggu dan menimbulkan pusing.

2. Pandangan kabur

Obat penenang jika dikonsumsi terlalu banyak juga akan membuat pandangan mata Anda menjadi kabur. Kandungan senyawa dalam obat ini akan memicu rusaknya syaraf pada penglihatan dan bagian lain di mata Anda.

3. Mabuk

Konsumsi obat yang berlebihan justru akan membuat penderitanya mabuk, termasuk konsumsi obat penenang. Obat yang satu ini dapat memabukkan Anda dan membuat Anda tidak sadarkan diri jika dikonsumsi dalam waktu yang lama.

Loading...

4. Denyut nadi lemah

Gejala kelebihan obat salah satunya yaitu denyut nadi tubuh semakin melemah. Obat dengan kandungan senyawanya akan mempengaruhi denyut nadi. Hal ini dapat membuat denyut nadi melemah atau bahkan menjadi lebih kencang.

5. Berat badan meningkat

Konsumsi obat penenang akan membuat nafsu makanan Anda bertambah. Penyebabnya yaitu kandungan senyawa dalam obat yang merangsang nafsu makan tubuh agar mengonsumsi makanan lebih banyak. Badan Anda pun akan menjadi gemuk.

6. Insomnia

Kelebihan konsumsi obat penenang justru tidak akan membuat Anda menjadi rileks. Obat ini hanya akan membuat Anda gelisah dan sulit untuk tidur. Efek jangka panjangnya, Anda akan mengalami penyakit insomnia.

7. Nafsu makan meningkat

Banyak obat yang akan memberikan pengaruh lain ke tubuh, termasuk obat penenang. Obat ini dapat mempengaruhi nafsu makan Anda. Nafsu makan Anda cenderung akan meningkat dan ingin mengonsumsi berbagai jenis makanan setiap harinya.

8. Kepikunan

Obat penenang yang terlalu banyak dikonsumsi setiap harinya akan membuat daya ingat otak Anda cenderung menurun. Akibatnya, Anda akan mengalami kelemahan dalam mengingat banyak hal atau mengalami kepikunan.

9. Gangguan seksual

Pengaruh berbahaya yang ditimbulkan oleh obat penenang yang dikonsumsi terlalu banyak juga akan mengganggu kesehatan seksual Anda. Mulai dari gairah yang menurun sampai dengan organ seksual yang terserang gejala penyakit.

10. Depresi

Obat penenang dapat memberikan pengaruh yang justru berbalikan dengan fungsinya. Jika Anda sering mengonsumsi obat ini, Anda dapat terkena depresi. Pikiran Anda akan menjadi tidak tenang dan sering berhalusinasi.

Baca Juga: 30 Efek Buruk Obat Tidur untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya obat penenang untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 5 efek buruk lainnya:

5 Bahaya Obat Penenang untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Selalu merasa haus
12. Halusinasi
13. Agresif
14. Gangguan pernapasan
15. Gangguan jantung

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya obat penenang untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top