Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Dampak Bahaya Melakukan Olahraga Tanpa Pemanasan

Uncategorized

7 Dampak Bahaya Melakukan Olahraga Tanpa Pemanasan

Olahraga merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan oleh banyak orang untuk memperoleh tubuh yang sehat. Namun apa jadinya jika anda melakukan olehraga tanpa pemanasan. Tentu, hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan akan menimbulkan berbagai macam resiko penyakit. Untuk itu, pemanasan merupakan salah satu hal penting yang dilakukan sebelum anda melakukan olahraga. Dengan melakukan pemanasan terlebih dulu maka otot akan menjadi regang dan lentur.

Untuk itu, pemanasan adalah hal utama yang tidak boleh ditinggalkan dan memiliki peran yang penting untuk mengotimalkan kesehatan tubuh. Selain otot tubuh tidak akan mengalami peregangan, tubuh juga akan menjadi lebih rileks. Namun, jika anda melakukan pemanasan yang berlebihan, hal ini juga akan menimbulkan ancaman bagi kesehatan tubuh anda. Ada beberapa bahaya olahraga tanpa pemanasan yang harus anda perhatikan. Berikut inilah bahaya olahraga tanpa pemanasan.

Bahaya Olahraga Tanpa Pemanasan, Bahaya Melakukan Olahraga Tanpa Pemanasan, Bahaya Olahraga Tanpa Pemanasan Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan resiko kram otot

Bahaya olahraga tanpa pemanasan yang pertama bisa mengakibatkan resiko kram otot. Penyakit ini bisa terjadi karena otot tubuh terasa kaku tanpa melakukan peregangan atau pemanasan terlebih dahulu. Jika hal ini sudah terjadi maka anda juga bisa mengalami otot yang tertarik, terjepit, atau pun penyakit otot lainnya yang beresiko pada kesehatan tubuh anda. Oleh karena itu, mulailah untuk melakukan pemanasan dulu sebelum olahraga.

2. Cepat lelah dan kehabisan nafas

Jika anda berolahraga tanpa melakukan pemanasan juga akan mengakibatkan tubuh cepat lelah. Hal ini disebabkan tubuh yang tidak dipakai bergerak lebih dulu kemudian digunakan untuk olahraga yang berat sehingga energi akan cepat terkuras. Tentu, hal ini akan mempengaruhi tubuh menjadi lelah dan bagian dada juga akan terasa sesak atau kehabiasan nafas. Jika anda memiliki fisik yang lemah anda bisa melakukan pemanasan sesuai dengan kondisi tubuh anda.

3. Meningkatkan resiko cedera

Cedera juga bisa disebabkan karena tubuh dipaksa untuk melakukan olahraga tanpa melakukan pemanasan. Dengan kondisi tubuh yang masih dingin maka tubuh akan lebih mudah mengalami berbagai macam gangguan, seperti cedera ringan bahkan sampai pada cedera berat sekalipun. Jika anda tidak ingin hal itu terjadi maka sebaiknya anda melakukan pemanasan paling tidak dalam waktu 15-30 menit sebelum melakukan olahraga berat.

4. Menimbulkan pusing dan sakit kepala

Selanjutnya, tanpa adanya pemanasan anda juga akan sering merasa pusing dan sakit kepala. Hal ini disebabkan kondisi tubuh yang masih belum panas kemudian diforsir untuk melakukan olahraga tanpa adanya pemanasan sehingga tubuh kekurangan oksigen dan otak pun tidak mendapat oksigen dengan maksimal. Hal itulah yang menyebabkan anda mudah merasa pusing dan sakit dibagian kepala.

Loading...

5. Pegal di sekujur tubuh

Pegal di sekujur tubuh juga akan anda rasakan jika tidak melakukan pemanasan. Hal ini dikarenakan tubuh tidak mendapat gerakan atau getaran sehingga tubuh tidak cukup kuat untuk menahan aktifitas berat yang mengelurkan banyak tenaga. Oleh karena itu, anda akan merasa pegal di sekujur tubuh setelah melakukan olahraga. Jangan pernah sekali pun melakukan aktivitas fisik tanpa pemanasan bila tak ingin menerima risikonya.

6. Kram pada bagian tangan dan kaki

Hal ini juga bisa terjadi karena tidak melakukan pemanasan terlebih dulu. Pada bagian tangan dan kaki biasanya paling aktif digunakan untuk bergerak. Namun, jika anda tidak melakukan pemanasan maka tangan dan kaki anda tidak akan bergerak dan akan menjadi kaku sehingga pada saat melakukan olahraga bagian tangan dan kaki akan mudah terasa kram atau pegal.

7. Tendinitis 

Tendinitis merupakan gangguan dan juga rasa sakit pada bagian otot-otot. Jika anda tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga maka anda akan mudah terserang penyakit tendinitis. Oleh karena itu, mulailah untuk melakukan pemanasan terlebih dulu sehingga tubuh akan memperoleh kesehatan yang optimal dan terhindar dari resiko tendinitis.

Baca Juga 12 Cara Mudah Mengurangi Nafsu Makan Secara Alami dan Ampuh

Demikian informasi tentang bahaya olahraga tanpa pemanasan. Jadi, untuk anda yang sering melakukan olahraga ataupun fitness tanpa pemanasan, mulailah untuk melakukan pemanasan terlebih dulu karena dengan pemanasan tubuh akan lebih rileks dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top