Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Bahaya Pengawet Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

17 Bahaya Pengawet Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Anda perlu mengetahui adanya bahaya pengawet makanan yang terkandung di beberapa makanan yang sering Anda konsumsi. Penggunaan pengawet bertujuan untuk membuat makanan lebih tahan lama sehingga dapat dikonsumsi di kemudian hari. Ada beberapa jenis pengawet makanan yang sering digunakan, terutama pada makanan kemasan. Jenis pengawet makanan terdiri dari pengawet alami dan juga pengawet buatan.

Pengawet buatan biasanya terbuat dari zat kimia yang seharusnya tidak dijadikan sebagai bahan konsumsi manusia. Jenis pengawet alami memang lebih aman untuk dikonsumsi daripada pengawet buatan, namun tetap pengawet makanan apapun tidaklah bisa dikonsumsi dengan berlebihan. Jika Anda sering mengonsumsi makanan dengan kandungan pengawet yang tinggi, maka tubuh Anda akan terjangkit banyak penyakit dan efek samping yang berbahaya.

17 Bahaya Pengawet Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya boraks pada bahaya pengawet makanan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Sulit bernafas

Kandungan pengawet dalam makanan dapat mempengaruhi kesehatan pernapasan Anda. Gejalanya yaitu sulit untuk bernafas. Hal ini akan membuat Anda tidak bisa bernafas dengan baik atau bahkan terserang sesak nafas.

2. Iritasi kulit

Bahan pengawet makanan juga dapat membuat kulit Anda mengalami iritasi. Efek yang satu ini sangat mungkin menjangkiti seseorang yang mempunyai jenis kulit sensitive dan tidak bisa menerima zat asing masuk ke dalam tubuh.

3. Infeksi pernapasan

Bahaya lainnya dari konsumsi makanan dengan kandungan pengawet yang berlebihan yaitu munculnya infeksi pada pernapasan. Infeksi ini akan menyerang bagian saluran pernapasan yang mengarah ke paru-paru.

Loading...

4. Diare

Makanan yang mengandung pengawet juga dapat membuat pencernaan Anda terjangkit gejala diare. Penyakit ini akan menyerang pencernaan dan membuat Anda kehilangan banyak cairan di dalam tubuh.

5. Tenggorokan terbakar

Kandungan bahan pengawet yang ada dalam makanan cenderung mempunyai sifat panas. Hal ini akan membuat tenggorokan Anda terasa terbakar. Anda juga akan kesulitan dalam menelan makanan karena saluran tenggorokan yang sakit.

6. Muntah

Gejala dari bahaya makanan dengan kandungan pengawet yang tinggi dilihat dari perut Anda yang terasa mual. Lanjutan dari gejala ini yaitu rasa ingin muntah dan rasa sakit pada perut. Segeralah hentikan konsumsi makanan dengan pengawet ketika Anda mengalami gejala ini.

7. Sakit kepala

Efek yang paling sering dirasakan banyak orang setelah mengonsumsi makanan berpengawet yaitu rasa sakit pada bagian kepala. Sakit ini bisa berupa sakit di bagian seluruh kepala atau hanya sebagian saja seperti migraine.

8. Kurangnya vitamin B1

Pengawet pada makanan akan membuat tubuh Anda kehilang beberapa nutrisi, salah satunya adalah vitamin B1. Jika tubuh Anda kekurangan nutrisi, maka Anda tidak akan memiliki asupan yang cukup dan menyehatkan untuk beraktivitas.

9. Penyakit jantung

Cegahlah efek atau bahaya dari konsumsi makanan dengan pengawet yang berlebihan. Bahaya jangka panjang dari makanan ini yaitu penyakit jantung. Jantung Anda akan cenderung tidak berfungsi dan terserang banyak penyakit.

10. Rusaknya ginjal

Ginjal juga merupakan salah satu organ yang akan mengalami banyak kerusakan ketika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan pengawet yang tinggi. Anda dapat mengalami gejala penyakit gagal ginjal.

Baca Juga: 10 Bahaya Obat Nyamuk Bakar untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya pengawet makanan untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 7 bahaya lainnya:

7 Bahaya Pengawet Makanan untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Penyakit leukimia
12. Diabetes
13. Gagal ginjal
14. Kanker otak
15. Tumor liver
16. Tumor perut
17. Perubahan perilaku

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya pengawet makanan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top