Connect with us
close

Virtual.co.id

62 Bahaya Penyedap Rasa Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

62 Bahaya Penyedap Rasa Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Para ibu rumah tangga sebaiknya lebih waspada akan adanya bahaya penyedap rasa makanan untuk kesehatan tubuh jika digunakan terlalu banyak. Penyedap rasa atau MSG merupakan jenis bumbu dapur yang rasanya gurih. Bumbu dapur yang satu ini sering digunakan dalam membuat berbagai masakan. Tujuannya yaitu agar masakan yang dibuat terasa lebih sedap dan juga lezat. Penggunaan penyedap rasa ini sebaiknya tidak terlalu berlebihan.

Kandungan senyawa dalam MSG atau penyedap rasa makanan bukanlah jenis kandungan yang dapat dikonsumsi tubuh manusia dalam jumlah yang banyak. Jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung penyedap rasa terlalu banyak, maka Anda akan terkena efek samping jangka pendek serta jangka panjang. Efek jangka panjang inilah yang perlu Anda perhatikan karena dapat membahayakan kesehatan tubuh.

62 Bahaya Penyedap Rasa Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya penyedap rasa makanan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Sakit kepala

Bahaya MSG atau penyedap rasa untuk kesehatan tubuh akan mengakibatkan rasa sakit yang berlebihan pada bagian kepala. Anda akan merasa pusing dan juga sakit di bagian kepala yang tidak tertahankan.

2. Keringat berlebih

Kandungan MSG dalam makanan juga dapat membuat keringat Anda keluar dengan berlebihan. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan kekurangan banyak cairan di tubuh. Sebaiknya Anda mengonsumsi air minum terlebih dahulu sebelum makan.

3. Wajah kaku

Efek bahaya dari kandungan penyedap makanan yang terlalu banyak yaitu juga dapat membuat wajah Anda terasa kaku. Penyebabnya yaitu zat dalam MSG mempengaruhi kesehatan otot dan syaraf pada wajah.

Loading...

4. Kesemutan

Konsumsi makanan dengan penyedap rasa yang terlalu banyak akan mengakibatkan Anda mengalami kesemutan yang cukup hebat. Kesemutan muncul akibat pembuluh darah serta aliran darahnya yang terganggu.

5. Jantung berdetak lebih kencang

MSG mengandung zat yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Jika Anda mengonsumsi makanan mengandung MSG dalam jumlah yang banyak, maka jantung Anda akan berdetak lebih cepat dari biasanya.

6. Sakit pada bagian dada

Efek lanjutan dari jantung yang berdetak dengan cepat yaitu rasa sakit pada bagian dada. Hal ini merupakan salah satu bahaya yang tidak boleh Anda sepelekan. Segeralah menghentikan konsumsi makanan dengan kandungan MSG yang berlebihan.

7. Mual

Pencernaan Anda juga tidak bisa menerima zat dalam MSG yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, tubuh Anda akan terasa sakit pada bagian perut, muncul rasa mual, dan rasa ingin memuntahkan semua makanan yang masuk ke dalam tubuh.

8. Sulit bernapas

Efek lainnya dari konsumsi makanan dengan penyedap rasa adalah kesulitan untuk bernapas. Saluran pernapasan Anda akan mengalami gangguan kesehatan sehingga membuat keluar masuknya udara menjadi terhambat.

9. Mudah mengantuk

Jika Anda sering merasakan mudah mengantuk, mungkin penyebabnya berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Makanan dengan kandungan MSG yang banyak akan membuat rasa ingin tidur
menjadi berlebihan.

10. Detak jantung tidak normal

Kesehatan jantung Anda akan banyak terganggu ketika mengonsumsi makanan dengan MSG yang ada di dalamnya. Detak jantung Anda akan menjadi tidak normal dan cenderung lebih cepat dari biasanya.

Baca Juga: 17 Bahaya Pengawet Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya penyedap rasa makanan untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 52 bahaya lainnya:

52 Bahaya Penyedap Rasa Makanan untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Gangguan aliran darah
12. Detak jantung lebih kencang
13. Gagal ginjal
14. Rasa was was
15. Suplai darah ke jantung berkurang
16. Hipertensi
17. Diare
18. Mual
19. Muntah
20. Keram perut
21. Pendarahan pada anus
22. Perut kembung
23. Sakit persendian
24. Otot kaku
25. Depresi
26. Mood berubah
27. Marah marah
28. Migrain
29. Pusing
30. Keseimbangan tubuh hilang
31. Cemas berlebihan
32. Disorientasi
33. Serangan panik
34. Hiperaktif pada anak
35. Merasa tidak diperhatikan
36. Lesu
37. Mudah mengantuk
38. Insomnia
39. Penglihatan tidak jelas
40. Sulit fokus
41. Sakit pada bagian mata
42. Sakit kandung kemih
43. Pembengkakan pada prostat
44. Pembengkakan di vagina
45. Bercak pada vagina
46. Sering buang air kecil
47. Gatal-gatal
48. Ruam pada kulit
49. Sariawan
50. Kulit mati rasa
51. Kaku pada kulit
52. Mulut atau bibir terasa kering
53. Muka membengkak
54. Lidah membengkak
55. Kantung mata membesar
56. Asma
57. Nafas pendek
58. Sakit di dada
59. Kaku di dada
60. Hidung ingusan
61. Bersin-bersin
62. Gangguan pernapasan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya penyedap rasa makanan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top