Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Senyawa Metanol untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Bahaya Senyawa Metanol untuk Kesehatan Tubuh

Kita sudah membahas bahaya senyawa etanol dan sekarang saatnya kita mengenal adanya bahaya senyawa metanol untuk kesehatan tubuh Anda. Metanol berbeda dengan senyawa etanol yang telah kita bahas. Senyawa yang satu ini bentuknya bening dan bisa dengan mudah terbakar. Jika etanol bisa Anda konsumsi, metanol hanya bisa digunakan sebagai bahan bakar yang ada pada beberapa zat, seperti spritus, bensin, pembasmi serangga, dan masih banyak lagi.

Namun banyak oknum yang menjadikan metanol sebagai campuran bahan pada minuman, atau yang sering disebut dengan oplosan. Sudah banyak orang yang mengalami kematian akibat mengonsumsi minuman dengan campuran metanol yang sebenarnya bukanlah bahan yang bisa dikonsumsi. Banyak orang yang belum mengetahui bahaya senyawa yang satu ini untuk kesehatan tubuh mereka.

10 Bahaya Senyawa Metanol untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya senyawa metanol untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kerusakan hati

Konsumsi minuman yang telah dicampur dengan kandungan metanol akan membuat organ hati Anda rusak. Hati berfungsi sebagai penawar racun agar bisa dibuang dengan mudah oleh tubuh. Jika kesehatan organ ini rusak, maka tubuh Anda akan memiliki banyak racun.

2. Keracunan

Metanol yang masuk ke dalam tubuh juga akan memicu banyak gejala racun di dalam tubuh. Bagi Anda yang mengalami gejala seperti mual dan juga ingin muntah, segeralah periksa diri ke dokter karena gejala tersebut adalah gejala keracunan.

3. Kejang

Anda juga akan mengalami tubuh yang sering kejang. Hal ini juga merupakan salah satu efek beracun dari konsumsi minuman dengan campuran metanol. Tubuh Anda akan mengalami kejang karena otot tubuh yang cenderung kaku.

Loading...

4. Rusaknya jaringan syaraf

Efek dari masuknya metanol ke dalam tubuh akan mempengaruhi kesehatan syaraf di tubuh. Syaraf Anda bisa tidak berfungsi sama sekali sehingga mengganggu jaringan di dalamnya, terutama jaringan syaraf ke otak.

5. Gangguan fungsi otot

Kesehatan otot Anda bisa terganggu jika Anda mengonsumsi minuman oplosan yang dicampur dengan bahan metanol. Bahan ini akan langsung masuk ke bagian otot dan membuatnya menjadi tidak berfungsi dengan baik.

6. Sesak nafas

Metanol akan membuat tubuh Anda menjadi sulit untuk bernapas. Gejala ini akan dilanjutkan dengan rasa sesak nafas terus menerus. Kandungan senyawa dalam metanol akan masuk ke dalam saluran pernapasan dan mengganggu fungsinya.

7. Mual dan muntah

Bagi pencernaan Anda, metanol yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan pencernaan terganggu. Efeknya, akan terasa mual pada perut dan rasa ingin muntah. Mual dan muntah yang muncul akan berlanjut pada gangguan kesehatan organ pencernaan lainnya.

8. Sakit perut

Metanol merupakan senyawa kimia yang tidak bisa Anda konsumsi karena memang bukan jenis senyawa yang cocok untuk tubuh. Jika Anda memaksa untuk mengonsumsi minuman dengan kandungan metanol, maka tubuh Anda akan mengalami sakit pada perut.

9. Kerusakan kulit

Efek panas yang diakibatkan oleh kandungan metanol akan membuat kulit menjadi rusak. Anda akan
merasakan kulit terbakar, panas, dan juga perih. Kerusakan ini juga akan menjalar ke bagian kulit yang ada di dalam tubuh.

10. Iritasi kulit

Kulit Anda akan mengalami banyak iritasi akibat metanol. Apalagi jika Anda sering mengonsumsinya. Bagian dalam kulit tubuh Anda akan rusak sehingga menyebabkan kerusakan di dalam bagian tubuh, terutama pencernaan.

Baca Juga: 8 Bahaya Senyawa Etanol untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya senyawa metanol untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top