Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Bahaya Siomay Ikan Sapu-Sapu untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

12 Bahaya Siomay Ikan Sapu-Sapu untuk Kesehatan Tubuh

Banyaknya bahaya siomay ikan sapu-sapu untuk kesehatan tubuh Anda perlu Anda perhatikan agar tubuh Anda tidak terkena efek samping yang tidak sehat. Siapa yang tidak mengenal ikan sapu-sapu. Ikan ini merupakan jenis ikan yang mempunyai corak pada punggung kulitnya dan sirip ikan yang cukup tajam. Berbeda dengan habitat ikan lainnya yang membutuhkan air bersih, ikan sapu-sapu cenderung hidup di air keruh yang terdapat lumut.

Ikan sapu-sapu bukanlah jenis ikan yang layak untuk Anda konsumsi mengingat habitatnya yang tidak terlalu bersih. Namun faktanya saat ini banyak oknum penjual siomay yang menambahkan daging ikan sapu-sapu sebagai pengganti daging ayam yang mahal. Ikan sapu-sapu jelas lebih murah dibandingkan dengan daging ayam. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan untung yang lebih banyak namun dengan biaya produksi yang lebih murah.

12 Bahaya Siomay Ikan Sapu-Sapu untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya siomay ikan sapu-sapu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kulit gatal

Ikan sapu-sapu yang sudah tercemar dengan limbah atau kotoran lainnya dapat memicu timbulnya alergi berupa kulit yang gatal. Kulit Anda akan menjadi merah dan terasa perih serta mengelupas jika terasa gatal.

2. Radang pada lambung

Kandungan senyawa cadmium pada ikan sapu-sapu akan membuat lambung Anda meradang. Kesehatan lambung pun terganggu dan Anda akan mengalami banyak gangguan pencernaan lainnya pada lambung.

3. Gangguan kesehatan otak

Ikan sapu-sapu yang sudah tercemar limbah industri jika dikonsumsi akan membuat tubuh Anda mengalami kerusakan pada bagian otak. Oknum penjual siomay biasanya tidak memperdulikan kesehatan ikan ini untuk dikonsumsi.

Loading...

4. Anemia

Kandungan logam berat dan tembaga yang ada pada ikan sapu-sapu yang sudah tercemar juga akan membuat Anda terjangkit penyakit anemia. Penyakit ini akan membuat tubuh menjadi lemas dan kurang bertenaga.

5. Tulang rapuh

Tercemarnya ikan sapu-sapu yang digunakan untuk membuat siomay jika dikonsumsi terlalu banyak akan membuat tulang Anda menjadi rapuh. Jadi jika Anda mengidap penyakit yang menyerang tulang, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi ikan ini.

6. Gangguan kesehatan hati

Organ tubuh lainnya yang juga akan diserang oleh ikan sapu-sapu yang tercemar yaitu hati. Fungsi hati adalah mengubah racun menjadi zat yang dapat diserap oleh tubuh padahal racun dalam ikan sapu-sapu cukup besar dan bisa mengganggu kesehatan hati.

7. Rusaknya kesehatan gigi

Kesehatan gigi di mulut Anda dapat terganggu akibat konsumsi siomay yang dicampur dengan ikan sapu-sapu. Hal ini membuat gigi mudah sakit, terasa ngilu, bahkan keropos. Penderita gigi sensitive tidak disarankan untuk mengonsumsi siomay dengan campuran ikan ini.

8. Kerusakan ginjal

Tidak hanya organ hati Anda saja, namun juga ginjal. Ginjal Anda akan terjangkit sejumlah penyakit akibat konsumsi siomay ikan sapu-sapu yang sudah terkontaminasi limbah. Mulai dari penurunan fungi ginjal sampai dengan penyakit batu ginjal.

9. Kanker

Logam berat dan limbah yang sering terdapat pada ikan sapu-sapu jika dikonsumsi dalam olahan makanan berupa siomay akan memicu kanker. Sel kanker akan muncul di tubuh Anda dan menyebar dengan cepat.

10. Keracunan

Jangan remehkan gejala keracunan seperti mual dan muntah setelah mengonsumsi siomay dengan kandungan daging ikan sapu-sapu di dalamnya. Efek racunnya akan menyebar ke seluruh tubuh dengan cepat.

Baca Juga: 12 Bahaya Konsumsi Telur Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya siomay ikan sapu-sapu untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 2 bahaya lainnya:

2 Bahaya Siomay Ikan Sapu-Sapu untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Sakit perut
12. Radang usus

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya siomay ikan sapu-sapu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top