Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Dampak Bahaya Susu Bubuk untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

13 Dampak Bahaya Susu Bubuk untuk Kesehatan Tubuh

Susu bubuk adalah olahan susu yang biasanya dibuat dari susu sapi murni dimana biasanya mengandung kurang lebih 80% protein yang dapat menggumpal ketika berada didalam lambung. Oleh sebab itu nutrisi dari susu bubuk sangat lambat terserap oleh tubuh, sehingga dapat menimbulkan beberapa bahaya susu bubuk dan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Berbeda dengan susu murni yang menyehatkan dan baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, susu bubuk memiliki beberapa kekurangan yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. berikut ini merupakan beberapa bahaya susu bubuk untuk kesehatan.

Bahaya Susu Bubuk, Efek Samping Susu Bubuk, Dampak Bahaya Susu Bubuk, Bahaya Susu Bubuk untuk Kesehatan

1. Usus Luka dan Keracunan

Salah satu bahaya susu bubuk untuk kesehatan yaitu dapat menyebabkan usus terluka dan keracunan. Hal ini dikarenakan susu bubuk dibuat dari susu sapi yang mengandung lemak tak jenuh yang mudah mengalami oksidasi atau bereaksi dengan oksigen dan udara bebas. Gejala awal dari usul luka dan keracunan pada anak yaitu mual, muntah, kejang – kejang, dan nyeri pada bagian kepala.

2. Radang Selaput Otak

Susu bubuk mengandung zat hidrogen sulfida dan amoniak yang mudah tercemari radikal bebas jika susu terlalu lama disimpan atau di biarkan. Oleh sebab itu bakteri enterobacter sakazaki akan mudah masuk kedalam susu yang akan memicu sepsis atau luka yang melebar pada tubuh dan menjalar kearah otak dengan sangat cepat sehingga otak akan mengalami peradangan serius.

3. Menyebabkan Alergi

Bahan yang digunakan untuk membuat susu bubuk seringkali tidak cocok bagi sistem keseimbangan tubuh anak yang masih sangat sensitif terhadap benda asing yang masuk kedalam tubuhnya. Hal ini akan membuat susu bubuk sangat sulit di serap oleh tubuh dan bisa menimbulkan alergi misalnya gatal – gatal.

4. Menyebabkan Kanker

Cara penyajian susu bubuk yaitu dengan menggunakan air panas untuk mengencerkan susu. Namun proses ini sangat berbahaya jika penyajiannya menggunakan botol plastik dimana akan terjadi pelepasan bahan kimia yang ada pada botol saat ditambahkan air panas sehingga dapat merusak sel DNA secara bertahap. Tentu hal ini akan menyebabkan kanker jika dilakukan selama bertahun – tahun.

Loading...

5. Memicu Leukimia

Susu bubuk mengandung zat folat yang lebih rendah dibandingkan susu asli. Disamping itu dengan mencampurkan susu bubuk dengan air panas akan memicu timbulnya kanker leukimia yang dapat menyerang sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang manusia akan mudah rusak jika kekurangan zat folat.

6. Menyebabkan Diabetes

Rasa manis pada susu bubuk dihasilkan oleh bahan gula tebu yang memiliki kandungan gula sangat tinggi sehingga akan memicu peningkatan kadar gula darah dalam tubuh baik anak – anak maupun orang dewasa yang megonsumsinya. Jika susu bubuk dikonsumsi secara terus menerus maka akan menyebabkan munculnya penyakit diabetes yang sangat berbahaya.

7. Kehilangan Nafsu Makan

Kandungan dalam susu bubuk seperti lemak tak jenuh, kalsium, protein hewani, serta penembahan gula tebu yang berlebihan akan menyebabkan anak kehilangan selera makannya. Anak yang kehilangan selera makan menyebabkan anak tidak mau makan makanan selain susu sehingga dapat menyebabkan ketidakseimbangan gizi atau tidak memenuhi 4 sehat 5 sempurna.

8. Radang Paru – Paru / Pneumonia

Susu bubuk yang tidak disimpan secara aman dan tidak tertutup rapat akan mudah di susupi virus bakteri berbahaya. Salah satu akibat yang di timbulkan oleh masuknya bakteri dan virus berbahaya ke dalam susu bubuk yaitu Penumonia atau radang paru – paru yang dapat mengganggu aktvitas anak dalam bermain dan belajar.

9. Diare

Bakteri jahat akibat susu mengalami kadaluarsa akan menyebabkan luka pada dinding lambung dan menggagalkan proses pengerasan feses dan meningkatkan asam lambung yang dapat menimbulkan diare.

10. Obesitas

Pengolahan susu bubuk yang terlalu kental bisa membuat anak menjadi gemuk yang tentu akan mengganggu kelincahannya. Jika terus menerus mengonsumsi susu yang terlalu kental maka akan menyebabkan kerusakan metabolisme sehingga anak mudah mengalami obesitas atau kegemukan.

Baca Juga 23 Dampak Bahaya Akibat Kebanyakan Kopi bagi kesehatan

3 Bahaya Susu Bubuk Lainnya untuk Kesehatan:

11. Retak Tulang Panggul
12. Kualitas Otak Tidak Meningkat
13. Mudah Mengalami Pegal – Pegal

Itulah Informasi tentang 13 dampak bahaya susu bubuk untuk kesehatan. Jadi para orang tua harus berhati – hati dalam memberikan minuman susu formula untuk anak agar kesehatannya tetap terjaga. Untuk mendapatkan Gizi yang seimbang dan mengurangi risiko penyakit, hendaknya anak diberikan susu murni.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top